10 destinasi favorit Selayar, nomor 7 mirip di Inggris

10 destinasi favorit Selayar, nomor 5 mirip di Inggris

Terkini.id,Selayar – Sulawesi Selatan punya banyak destinasi wisata mulai dari wisata belanja, kuliner, alam, religi, budaya, hingga bahari dan berbagai jenis destinasi wisata lainnya. Dari beberapa destinasi wisata itu bisa bikin Anda kebingungan untuk memilih daerah mana yang akan diexplore terlebih dahulu. Saking banyaknya, liburan tak jarang mentok di daerah yang itu-itu saja.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Selayar, Andi Abdurrahman mengatakan keindahan dan pesona wisata Kabupaten Kepulauan Selayar sudah diakui dunia.

“Selayar tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata baharinya tetapi sejumlah destinasi lain pun dimiliki daerah yang berada di tengah lautan ini. memiliki potensi pariwisata yang favourit dan menakjubkan”, ujar Abdurrahman.

Lanjut Abdurrahman menjelaskan Kepulauan Selayar sebagai salah satu objek wisata yang siap menjadi surga bagi para pemburu keindahan alam. Sejumlah lokasi favorit wisatawan bisa Anda kunjungi di Selayar.

“Beberapa destinasi favorit itu dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk menghabiskan waktu senggang”,jelasnya.

Berikut ini 10 destinasi wisata favorite Kepulauan Selayar yang berhasil dirangkum redaksi Makassar Terkini adalah sebagai berikut.

1. Pa’baddilang

Pa’baddilang Kepulauan Selayar / @ayambetinakering

Pa’baddilang adalah salah satu destinasi wisata Kepulauan Selayar. Lokasinya berada di Dusun Je’ne Kikki, Desa Bungaiyya Kecamatan Bontomatene, jaraknya sekitar 5 km dari arah Pelabuhan Pamatata dan 35 km dari Kota Benteng. Bagi Anda yang hendak melancong ke pantai berpasir putih yang dilengkapi dengan tebing karang yang ditumbuhi pepohonan asri di sisi timur ini bisa diakses dengan menggunakan transportasi roda dua maupun roda empat.

2. Pasi Gusung

Pasi Gusung Selayar /@diana_surya

Dinamakan Pasi Gusung karena wilayahnhya satu kesatuan dan hanya dipisahkan oleh hutan bakau yang membentang di wilayah tersebut. Pasi Gusung adalah salah satu destinasi favorit juga yang ada di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Letak Pulaunya berada di sebelah barat Kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Pelancong tiba ke destinasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu nelayan jenis jolloro. Di sini Anda bisa melakukan snorkeling, berjemur (sunbathing). Selain itu pelancong juga bisa menikmati panorama sunset di sore hari.

3. Baloiya

Baloiya Selayar / @widho_anty

Baloiya adalah destinasi wisata pantai di Kepulauan Selayar. Lokasinya berada di Desa Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar‎. Akses ke Baloiya ini ditempuh dengan jarak sekitar 10 km dengan menggunakan roda dua maupun roda empat dari kota Benteng ibukota Kepulauan Selayar.

Jika di Bali ada Tanah Lot, di Baloiya pun demikian. Maka jangan salah jika berada di destinasi ini Anda akan merasakan nuansa bak di pulau Dewata Bali, dimana terdapat barisan batu karang yang menyembul di perairan dangkal bak Tanah Lot.

Berbagai kegiatan bisa dilakukan di Baloiya ini seperti memancing, diving, snorkeling, prawedding, maupun hanya sekedar menikmati panorama sunset di sore hari. Soal fasilitas di lokasi tersebut tidak perlu khawatir sebab di sana tersedia restoran, bungalow, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

4. Bahuluang

Bahuluang Kepulauan Selayar/@dierdirhamsyah

Bahuluang adalah salah satu destinasi wisata Kepulauan Selayar yang terletak di Kecamatan Bontosikuyu. Untuk tiba ke Bahuluang pengunjung bisa menggunakan transportasi darat berupa roda dua atau roda empat dari kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar.

Pulau Bahuluang ini terkenal dengan keindahan pantai dengan pasir putihnya dan pesona makam karang serta keindahan bawah laut yang masih terjaga. Selain itu, pulau ini semakin elok dengan adanya gugusan batu karang serta beningnya air laut selalu menggoda pengunjung untuk berenang dan berjemur. Di sini juga pengunjung bisa snorkeling, jika ingin menginap sebaiknya membawa peralatan camping  sebab di sana belum ada fasilitas penginapan.

Mengunjungi Bahuluang anda harus mempersiapkan perlengkapan, semisal alat snorkeling dan jika ingin menginap maka anda harus menyiapkan tenda camping. Bekal yang cukup harus pula Anda sediakan. Karena saat ini belum ada fasilitas warung makan di lokasi tersebut dan tidak ada fasilitas penginapan.

5. Bitombang

Bitombang Kepulauan Selayar /@neotraveler

Bitombang adalah masuk salah satu destinasi favourit yang wajib Anda kunjungi jika berkunjung ke Selayar. Pasalnya tempat ini sangat unik. Di sini pelancong bisa menikmati keindahan kampung tua Bitombang. Rumah-rumah penduduk di sini rata-rata berusia lebih dari 400 tahun. Bahkan dikenal sebagai desa adat tertua di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Letak kampong tua di Kepulauan Selayar ini berada di Kelurahan Bontobangun, Kecamatan Bontoharu. Akses menuju ke destinasi unik ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jarak dari kota Benteng ibukota Kepulauan Selayar ke Bitombang berjarak sekitar tujuh kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja.

6. Punagaang

Punagaang Kepulauan Selayar / @aprhi.i

Pantai Punagaang adalah salah satu destinasi yang ada di Kepulauan Selayar. Pantai ini barisan kawasan pantai yang bersih dengan air yang sangat jernih. Pantai ini berada di pesisir timur Selayar. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari Kota Benteng, ibukota Kepulauan Selayar.

Salah satu yang menjadi favorit para wisatawan di destinasi yang satu ini adalah keindahan bawah lautnya. Maka tidak salah jika banyak pelancong memilih untuk mengeksplore keindahan bawa laut pantai ini dengan snorkeling. Di sini Anda akan menyaksikan terumbu karang maupun biota seperti lobster dan ikan kerapu.

Tidak hanya itu, di sekitaran pantai ini juga terdapat tebing yang dipenuhi rimbunan pohon rindang dan hijau. Bahkan lokasinya banyak digunakan para fotografer sebagai lokasi untuk foto prewedding bagi calon pasangan suami-istri yang memang senang akan keindahan alam.

7. Batu Karapu

Batu Karapu Kepulauan Selayar /@putra.as244

Batu Karapu adalah salah satu destinasi yang juga terkenal di Kepulauan Selayar. Lokasinya berada di Dusun Tongke Tongke, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, Kepulauan Selayar sekitar 20 km dari kota Benteng. Untuk menuju ke lokasi ini pengunjung bisa mengendarai motor atau mobil. Uniknya destinasi yang satu ini sebab pelancong akan merasakan sedang berada di Inggris. Hal ini dikarenakan di sana terdapat batu unik yang berlubak menjorok ke laut. Batunya hamper mirip dengan salah satu destinasi wisata di Inggris yaitu Durdle Door di Inggris. Di sini juga pelancong bisa melakukan aktivitas snorkeling, berenang atau sekedar untuk menikmati panorama lautan saja.

8. Pantai Pinang

Pantai Pinang Kepulauan Selayar / @rirink_andriawan

Pantai Pinang adalah salah satu destinasi wisata di Selayar. Pantainya yang berpasir putih sepanjang 2 km sangat cocok untuk berjalan-jalan ataupun jogging di pesisir pantai. Di sini juga bisa snorkeling, menyelam atau voli pantai.

Pulau ini tidak berpenghuni sehingga Anda akan terbebas dari kebisingan dan polusi yang membuat Anda semakin enjoy dan fresh dalam berpetualangan. Masih di area pantai ini, pelancong akan menyaksikan daerah perbukitan dengan pepohonan berukuran sedang.

Pinang Beach /@diditahendra

Tempat ini sangat ideal untuk Anda yang suka berlibur ke tempat yang sedikit privat cocok buat Anda yang hendak honeymoon. Soal fasilitas tidak usah khawatir sebab dilengkapi dengan fasilitas penginapan dengan ketersediaan 6 bungalow, restorant.

9. Pulau Bonetappalang

Bonetappalang Selayar /@murah_kurniadi

Bonetappalang merupakan pantai yang telah menjadi kawasan perlindungan laut tingkat proteksi yang sangat tinggi sehingga memberikan privasi dan suasana nyaman bagi wisatawan yang berkunjung. Lokasinya berada di pesisir timur Selayar. Bonetappalang bisa ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Benteng Selayar. Akses kesana melalalui dermaga Pattumbukang dengan menggunakan perahu tradisional/Jolloro selama kurang lebih 20 menit. Berbagai aktifitas bisa dilakukan pelancong di sini, seperti berenang, snorkeling, berjemur, menikmati sunrise dan sunset serta diving. Di sini juga pelancong bisa menikmati keindahan bawah laut dengan ribuan spesies ikan laut dan ratusan spesies koral. Maka tidak salah jika banyak yang menyebut destinasi ini sebagai surga di alam bawah laut.

Bagi kamu yang hendak menginap tidak usah risau soal fasilitas penginapan. Di kawasan ini sudah ada resort yang dikelola investor dengan fasilitas yang cukup memadai. Pantai ini kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan dari Eropa Barat pada bulan Oktober hingga Maret pada setiap tahunnya.

10. Takabonerate

Takabonerate Kepualauan Selayar /@deevo1973

Destinasi yang satu ini sudah menjadi icon Kepulauan Selayar bahkan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bila Anda melancong ke Sulawesi Selatan. Posisinya berada di Kecamatan Takabonete di Kabupaten Kepulauan Selayar. Tidak diragukan lagi, keindahan bawah laut taman nasional Takabonerate yang memiliki berbagai jenis biota laut dan hamparan terumbu karang yang sangat indah.Berbagai aktivitas bisa dilakukan pelancong di area wisata ini seperti diving, snorkeling, fishing berjemur, jelajah antar pulau dalam kawasan, sunrise dan sunset. Bahkan berbagai atraksi budaya serta turnamen bahari bisa dilakukan di sini.

Takabonerate Beach Kepulauan Selayar /@soogiono

Bahkan Takabonerate merupakan kawasan terumbu karang atol terluas di Asia Tenggara dan terluas ketiga di dunia dengan tingkat biodiversitas yang sangat tinggi, dan habitat bagi berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Dalam kawasan ini terdapat 21 buah pulau, 6 diantaranya berpenghuni yakni Pulau Rajuni kecil, Pulau Rajuni Besar, Pulau Latondu, Pulau Tarupa, Pulau Jinato, Pulau Pasittallu Tengah, dan Pulau Pasitallu Timur.

Berita Terkait
Komentar
Terkini