10 Jenis Makanan Ini Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Makanan berserat sangat disarankan untuk dikonsumsi saat sahur Sumber : macam penyakit.com

Terkini.id, – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan komplikasi yang bisa berujung kematian. Penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak sehat sehingga menyebabkan meningkatnya kadar gula dan memicu kenaikan tekanan darah.

Meningkatnya kadar gula dan tekanan darah akibat pola makan yang tidak sehat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar penderitapun mengalami penyakit darah tinggi.

Kebiasaan hidup dengan pola makan tidak sehat, tidak berolah raga menyebabkan penumpukan gula berlebih yang bisa membuat dinding pembuluh darah melemah akibat tekanan darah berlebih sehingga bisa mengalami penyumbatan. Darah yang banyak mengandung zat gula berlebih mempersulit penyebaran darah ke seluruh tubuh dan intensitas insulin yang diproduksi oleh pankreas untuk mengubah glukosa menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh menjadi tidak stabil.

Mereka yang mengidap penyakit diabetes dan darah tinggi umumnya adalah orang-orang yang menderita obesitas dan gemar mengonsumsi makanan tinggi lemak, gula dan garam, jenis fastfood, junkfood dan makanan siap saji dalam jangka waktu berkepanjangan.

Jika penyakit diabetes ini menimpa Anda, 10 jenis makanan di bawah ini direkomendasikan wajib Anda konsumsi untuk menjaga kadar gula darah tetap bisa stabil, dilansir dari Hellosehat dan beberapa sumber lainnya :

1. Banyak mengandung serat

Makanan berserat tinggi. Sumber : macampenyakit.com

Makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti oats (whole grains) sangat baik dikonsumsi karena kaya akan serat dan melindungi pencernaan sehingga menjaga kadar gula darah tetap bisa berada dalam kondisi stabil.

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang kaya serat dan sangat baik dikonsumsi. Untuk buah-buahan yang baik dikonsumsi : belimbing, melon, jeruk, pisang, alpukat, apel, kiwi dan lain-lain.

Sayur yang baik untuk dikonsumsi seperti : brokoli, selada, seledri, kangkung, terung, buncis, bayam dan lain lain.

2. Banyak mengandung kalium

Makanan yang banyak mengandung kalium. Sumber : ilmupengetahuanumum.com

Jenis makanan ini banyak terdapat di dalam buah-buahan dan menurut para ahli gizi sangat baik menjaga tekanan darah tetap stabil. Buah-buahan yang banyak mengandung kalium seperti : pisang, jambu biji, kiwi, melon, jeruk dan lain-lain.

3. Mengandung lemak omega 3 dan rendah lemak

Makanan mengandung omega 3. Sumber : cnidc715.com

Makanan yang kaya akan omega 3 dan rendah lemak seperti telur, ikan sarden, daging unggas, lemak susu rendah kalori, daging tanpa lemak. Makanan jenis ini sangat baik buat menjaga tekanan darah dan kadar gula darah dalam kondisi tetap baik.

4. Makanan dari Kacang-kacangan

Makanan dari kacang-kacangan. Sumber : media.muskuli.com

Jenis kacang-kacangan adalah makanan yang rendah kalori dan cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes dan darah tinggi. Seperti : kacang kedelai, kacang polong, kacang almond, kacang ijo , kacang paprika dan lain-lain.

5. Makanan dari jenis biji-bijian
Makanan yang dibutuhkan tubuh bagi penderita diabetes sangat baik mengonsumsi jenis biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji buah semangka, falxseed atau biji rami salah satu makanan yang kaya serat larut, asam lemak omega 3.

6. Bawang putih

Lasuna Kebo (bahasa Makassar) sebutan untuk bawang putih memiliki seribu manfaat untuk kesehatan.

Bumbu makanan ini mengandung zat anti inflamasi tinggi sebagai antioksidan kuat yang membantu menetralkan kadar gula dalam darah tetap stabil dan menurunkan tekanan darah.

7. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
Penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi beras merah yang merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Beras merah melindungi lambung dari rasa lapar dan tidak mengganggu asam lambung sehingga sangat baik untuk menjaga kadar gula darah.

8. Ikan
Ikan mengandung protein tinggi dan kandungan omega 3 serta tidak mengandung kolesterol sehingga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes dan darah tinggi. Sangat baik untuk kesehatan jaringan lunak termasuk otot yang berkaitan erat dengan tekanan darah.

9. Kombinasi jus buah dan sayuran
Buah dan sayur yang digabungkan dan dibuat jus, bisa menjadi menu sehat untuk menurunkan kadar gula darah. Seperti bayam, tomat, wortel yang dicampur dengan brokoli kukus. Jus ini sangat kaya akan mineral, serat dan vitamin.

10. Daging tanpa lemak
Disarankan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak seperti daging sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit, daging unggas, daging burung.

Makanan yang menjadi pantangan penderita diabetes
Untuk menjaga kadar gula darah, penderita diabetes disarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin seperti :
– Jeroan, seperti hati, ginjal, otak, dan organ dalam lainnya yang biasanya ditemukan pada berbagai masakan.
– Daging berlemak, termasuk sapi, domba, dan babi serta konsumsi daging lain dalam jumlah yang besar
– Ikan teri, sarden, makarel (ikan kembung), haring, dan kerang.

Hindari mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi seperti : otak sapi, kuning telur, telur iklan, minyak ikan, daging kijang, telur ayam. Ginjal domba, hati babi, mentega cair, kerang tiram, lobster, kepiting, udang, keju kuning dan lain-lain.

Hindari mengonsumsi makanan instan dan makanan yang diawetkan seperti : mie instan, seperti mie instant, bakon, ayran, balut, basundi, bebek asap, custard, daging asap, daging kaleng, ikan kaleng, daging beku, mentega, ikan asin, jamon, kaymak, keju, sardine, sosis, telur asin, yoghurt dan sebagainya.

Makanan yang diawetkan. Sumber : m.dreamers.id
Berita Terkait
Komentar
Terkini