12 Alasan Ini Ingatkan Kita Harus Rutin Minum Air Putih

Ilustrasi Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih

3. Kram Otot

Kram otot bisa terjadi saat tubuh kekurangan cairan, terutama ketika kita melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga. Dengan berkeringat tanpa diisi kembali cairan maka dapat menyebabkan penurunan volume plasma dan kadar elektrolit, kondisi inilah yang menyebabkan seseorang rentan mengalami kram otot.

4. Sakit Kepala dan Tidak Bisa Fokus

Air sangat diperlukan otak karena dengan air otak dapat bekerja maksimal, ketika kekurangan cairan maka otak melemah. Akibatnya kita mudah sekali mengalami sakit kepala dan sulit untuk berpikir, tidak bisa fokus, tidak mampu mengingat sesuatu dan mudah mengantuk.

5. Lemah, Lelah, Letih, Lesu (4L)

Menarik untuk Anda:

Kurang minum air putih mengakibatkan tubuh tidak memperoleh sumber energi dari cairan sehingga tubuh akan melemah yang berakibat tubuh lelah, letih dan lesu, tidak bertenaga.

Kondisi ini terjadi karena keseimbangan cairan di dalam tubuh terganggu.

6. Gangguan Pencernaan atau Sembelit

Air membantu tubuh untuk metabolisme termasuk memperlancar sistem pencernaan, kekurangan cairan dapat berimbas pada gangguan pencernaan yang berisiko pada sembelit atau susah buang air besar.

7. Infeksi Saluran Kencing sampai Penyakit Ginjal

Kurang minum air putih dapat mempengaruhi kondisi saluran kencing, kurangnya cairan akan kesulitan menghilangkan bakteri penyebab infeksi sehingga dapat mengakibatkan infeksi saluran kencing.

Keseringan kekurangan cairan juga berefek pada kinerja ginjal untuk proses sekresi. Mineral yang menumpuk akan membatu dan mengendap di ginjal akibatnya dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal.

8. Kulit Tubuh Alami Kekeringan

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Sirkulasi Darah Tidak Lancar dalam Tubuh, Ini yang Akan Terjadi

Rahasia Bersih-bersih Rumah Tanpa Harus Capek

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar