3 Spot Wisata di Bantaeng Ini Punya Pesona Alam yang Menakjubkan

3 Spot Wisata di Bantaeng Ini Punya Pesona Alam yang Menakjubkan

Terkini.id, Bantaeng – Hampir di setiap sudut desa dan kota kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, memiliki tempat wisata yang unik dan beragam.

Seperti di kelurahan Campaga, kecamatan Tompobulu, meskipun masih terdengar asing, beberapa tempat wisata di daerah ini menyimpan pesona alam yang sangat indah, Seperti Air Terjun Simoko, Permandian Alam Erbol dan Ertob dan Hutan Lindung.

1. Air Terjun Simoko

Indonesia dengan bentang alam pegunungannya yang luas mempunyai banyak air terjun yang bisa dijadikan tujuan wisata. Banyak dari air terjun tersebut yang masih alami dan belum banyak diketahui oleh wisatawan. Tapi banyak juga kawasan air terjun yang sudah dikelola dan menjadi tujuan wisata alam yang favorit.

Salah satu destinasi wisata air terjun yang patut dikunjungi di Kabupaten Bantaeng yakni Air Terjun Simoko. Air Terjun Simoko terasa berbeda dengan air terjun lain sebab kondisi alamnya yang masih begitu asri dan airnya yang begitu segar.

Air Terjun Simoko

Air terjun setinggi 30 meter tersebut dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun membuat pengunjung serasa sedang berada di tengah hutan dan ditambah kicauan burung yang terdengar begitu merdu, membuat pengunjung berbaur dengan alam sekitar.

Air Terjun Simoko

Jalur ke lokasi masih jalan tanah dan bebatuan, jadi bagi wisatawan yang menyukai tantangan sangat direkomendasikan ke tempat ini.

2. Permandian Alam Erbol dan Ertob Campaga

Berenang merupakan salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran saat liburan. Selain mengunjungi kolam renang buatan, tak ada salahnya kalau Anda juga mampir ke destinasi yang menawarkan keindahan kolam renang alami.

Selain bisa puas bermain air di kolam yang terbentuk dari proses yang alami bukan buatan manusia, Anda juga bisa menikmati keindahan panorama sekitar ada di sana. Lokasi kolam tersebut biasanya berada di alam bebas.

Untuk Anda yang jenuh dengan hingar bingar perkotaan pasti akan menyukai destinasi ini dan beberapa diantaranya yaitu destinasi wisata kolam renang Erbol dan Ertob yang berada di kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Kolam renang Erbol

Kolam Renang Erbol dan Ertob ini memiliki lokasi yang strategis dan kedua kolam renang ini bersampingan, hanya berjarak sekitar 10 meter dan masing-masing memberikan sarana dan prasarana yang sama-sama menarik.

Kolam renang Erbol dan Ertob adalah tempat pemandian alam yang terkenal di Bantaeng.  Bagi yang mendambakan suasana liburan yang menenangkan tentu akan senang jika datang ke tempat ini.

Selain karena lokasinya yang jauh dari perkotaan, suasana alam yang masih terjaga keasliannya membuat pikiran dan tubuh terasa rileks kembali.

Kolam renang Ertob

Selain berenang atau berendam, Anda bisa bersantai seharian menikmati segar dan sejuknya udara di sana karena kolam renang ini menawarkan segarnya sensasi berenang di kolam yang berasal dari mata air pegunungan yang sangat jernih dan segar.

3. Hutan Lindung Kelurahan Campaga

Masih berlokasi di Kelurahan Campaga, Kecamatan Tompobulu, Hutan lindung di daerah ini  merupakan salah satu yang destinasi wisata yang menarik dan perlu dikelola dengan baik oleh pemerintah  maupun masyarakat setempat.

Hutan Lindung Kelurahan Campaga

Di dalam Hutan  lindung Campaga ini juga terdapat berbagai jenis pepohonan dan satwa. Hutan lindung ini berfungsi sebagai penyedia cadangan air bersih, penahan erosi di campaga, karena di dalamnya terdapat sumber mata air yang tidak pernah kering dan memiliki kualitas air yang sangat jernih.

 

Artikel ini ditulis oleh Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 99 di Kabupaten Bantaeng, Zulkifli Yusuf dan Meitha Putri. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait