4 Hal yang dulu dilarang di Arab Saudi, kini dibolehkan

Wanita Arab menonton di bioskop (kurier.at)

Terkini.id, Makassar – Negara kerajaan Arab Saudi, selama ini dikenal konservatif, dan tertutup dalam menerapkan berbagai kebijakan di negerinya itu.

Negeri Arab Saudi yang menerapkan paham Wahabi dalam berbagai aturan dan kebijakan di negerinya, perlahan mulai melakukan banyak reformasi sejak kendali pemerintahan dipegang Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Dengan alasan memacu pertumbuhan ekonomi, banyak reformasi yang digalakkan Mohammed bin Salman, yang membuat negeri itu berubah dari konservatif menjadi lebih moderat.

Apa saja yang dulu dilarang saat ini sudah mulai dibolehkan oleh pemerintah yang dijuluki “Khadimul Haramain Assyarifain (pelayan dua kota suci)” itu? Berikut ulasannya:

1. Menonton di bioskop

Wanita Arab menonton di bioskop (kurier.at)

Menonton di bioskop dahulu dilarang di negeri tersebut pada awal 1980-an, saat Arab itu di bawah tekanan kaum beraliran keras. Larangan itu dilakukan atas nama agama.

Saat ini, setelah negeri itu mulai dilanda tekanan ekonomi yang cukup keras, pemerintah pun mulai membolehkan bioskop berdiri dengan dalih untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan keragaman.

Hingga tahun 2030 mendatang, pemerintah diperkirakan akan membuka lebih dari 300 bioskop dengan lebih dari 2.000 layar. Begitu pernyataan pemerintah Arab Saudi yang mulai membuka bioskop mulai 2018.

2.Wanita boleh menyetir

Wanita di Arab mulai belajar mengemudi mobil.(dreamstime.com)

Dahulu, Pemerintah Arab Saudi melarang kaum perempuan untuk menyetir mobil. Mulai tahun 2018, Raja Salman memerintahkan pencabutan larangan bagi kaum perempuan untuk mengemudikan kendaraan.

Dekrit kerajaan negeri tersebut, memerintahkan penerapan peraturan lalu lintas, termasuk dikeluarkannya surat izin mengemudi bagi kaum laki-laki dan perempuan.

Adapun aturan bolehnya wanita mengemudi mobil, itu akan berlaku pada Juni 2018. Arab Saudi merupakan satu-satunya negara di dunia yang dikenal melarang kaum wanita menyetir mobil.

3. Wanita boleh nonton di stadion

Perempuan menyaksikan pertandingan di stadion.(majalaholahraga.com)

Jadi selama ini dilarang? Ya, stadion-stadion di Arab Saudi memang cuma untuk kaum lelaki. Kini, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, juga akan membolehkan wanita menonton di stadion.

Ada tiga stadion yang sedang disiapkan oleh pemerintah Arab Saudi, agar tempat penontonnya juga bisa digunakan kaum perempuan.

Mohammed bin Salman, sebelumnya memang mengatakan dirinya sedang melakukan gerakan untuk mengembalikan “Islam moderat” Modernisasi negara tersebut sedang dilakukan.

4. Boleh video call

Sudah bisa video call.(depositphotos.com)

Dahulu, Arab Saudi juga melarang warganya menggunakan fasilitas telepon melalui jaringan internet, khususnya video call seperti Skype dan Whatsapp.

Baru-baru ini, Arab Saudi sudah menghapus larangan penggunaan layanan telepon berbasis internet di negaranya. Kabar ini disampaikan oleh juru bicara pemerintahan Arab Saudi yang menyatakan penghapusan larangan ini berupaya untuk merangsang bisnis internet di negara tersebut.

Berita Terkait