4 kasus umrah yang hebohkan Sulsel di awal tahun 2018

Bos NKM, Nugrahyanti Khairil Anwar Mappeasse

Terkini.id, Makassar – Masalah-masalah terkait travel umrah yang berujung pada gagal berangkatnya para jemaah masih terus berlanjut hingga tahun 2018.

Hingga awal tahun 2018, tetap saja ada kasus umrah yang “meledak”. Pengusutan kasusnya beragam. Ada masih dalam proses penyidikan di kepolisian, ada pula yang sudah berada di meja hijau.

Umumnya, travel yang jemaahnya gagal berangkat selalu identik dengan harga paket umrah murah di bawah standar Rp 20 juta, dan diduga menjalankan bisnis yang menyimpang. Mereka dijerat dengan pasar penipuan hingga pencucian uang.

Penegak hukum, khususnya Satgas Waspada Investasi di Sulawesi Selatan, melihat, travel umrah yang bermasalah umumnya menggunakan skema ponzy.

Dengan kata lain, travel tersebut menerapkan paket dengan harga di bawah standar biaya umrah sekitar Rp18 juta (total biaya pesawat, hotel, visa dst). Untuk menutupi selisih biaya itu, pengelola travel menggunakan uang jemaah yang berangkat belakangan.

Terkini.id menghimpun setidaknya ada 4 kasus gagal umrah jemaah yang membuat heboh di Sulawesi Selatan, selama awal 2018. Berikut ulasannya:

Baca :Harga perjalanan umrah Rp12 juta, dinilai tidak rasional

1. Abu Tours

Abu Tours

Perusahaan travel umrah Abu Tours, yang berpusat di Makassar, mulai diselidiki oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan setelah banyaknya laporan jemaah dan pengakuan travel tersebut yang kesulitan finansial untuk memberangkatkan jemaahnya.

Apalagi, setelah bos Abu Tours, Hamzah Mamba, mengumumkan maklumat kepada jemaah untuk menambah biaya hingga Rp15 juta jika ingin diberangkatkan, pada awal 2018. Padahal, jemaah rata-rata sudah menyetor sekitar Rp16 juta.

Abu Tours diketahui memiliki sekitar 70 ribu jemaah di seluruh Indonesia. Sementara, jumlah orang yang melapor di Kantor Polda Sulawesi Selatan sudah mencapai seribuan lebih.

2. Shafa Marwah Mulia Utama

Kasus gagal berangkat travel Shafa Marwah sebenarnya sudah meledak beberapa tahun sebelummnya. Direktur Utamanya, yakni Dr Lukman Jamaluddin yang dikenal sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi, dikabarkan sudah ditahan beberapa tahun lalu.

Kasus ini kembali mencuat setelah perwakilan jemaah asal Pangkep, yakni H Pattola Husain, membeberkan upaya penyegelan terhadap kantor yang berupa aset PT Shafamarwah Mulia Utama itu di Pekkae, Pangkep, Senin 12 Maret 2018.

Baca :Abu Tours digugat di PN Makassar tuntut kembalikan uang jemaah

Setidaknya ada 400 jemaah yang gagal berangkat jemaah Shafa Marwah dari berbagai Kabupaten di Sulsel dan Sulawesi Barat. Dia membeberkan, pada 10 Maret 2018, diketahui ada 40 jemaahnya yang kembali gagal berangkat. Padahal, dijanji berangkat pada subuh 10 Maret 2018 tersebut. Total kerugian jemaah diperkirakan Rp 7 miliar.

3. NKM Travel

Bos NKM, Nugrahyanti Khairil Anwar Mappeasse

Kasus dugaan penipuan jemaah umrah oleh bos NKM Travel, yakni Nugrahyanti Khairil Anwar Mappeasse, terungkap pada akhir tahun 2017 lalu. Ada 83 jemaahnya yang gagal berangkat dengan kerugian hampir Rp 1 miliar.

Berbeda dengan travel lain, Nugrahyanti menjual paket umrah cuma Rp 10 juta karena mengaku kepada jemaah sedang menunaikan nazar untuk memberangkatkan seribu jemaaah. Kepada agen penjual, Nugrah mengaku mensubsidi sendiri biaya umrah itu demi menunaikan nazarnya.

Nugrahyanti sendiri sudah ditahan sekira dua bulan di Polres Maros sejak awal tahun 2018, atas penipuan terhadap 83 jemaahnya. Saat ini, Maret 2018, berita acara pemeriksaan (BAP) tersangka sudah di meja kejaksaan untuk segera disidang.

Baca :Gandeng Citilink, ASITA berangkatkan jamaah umrah Konsorsium menuju Baitullah

4. Global Tour

Pada September tahun 2017 lalu, jemaah Global Tour dan Organizer Makassar, dilaporkan oleh jemaahnya ke Polda Sulsel, karena merasa tertipu dan bosan dijanji-janji oleh perusahaan travel tersebut.

Saat ini, perusahaan yang dimiliki oleh Edwin Abdul Jabar itu sedang diproses oleh Pengadilan Niaga Negeri Makassar. Pada Januari 2018 lalu, Pengadilan menyetujui perpanjangan masa Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Global Tour.