4 Mitos Paling Dipercaya Orang Indonesia, No 3 Mengundang Setan Datang

Hantu
Ilustrasi. (foto: adhiarts.com)

Terkini.id – Mitos sangatlah menarik untuk ditelusuri kebenarannya oleh sebagian orang. Jelasnya, mitos bukanlah fakta. Mitos adalah sebuah kisah turun-temurun dari generasi terdahulu.

Anehnya, mitos seringkali dianggap sebuah fakta. Mungkin karena kecenderungan sebagian manusia yang tertarik pada dunia kisah dan cerita.

Cerita dan kisah juga sering kali diperdengarkan orang tua kepada anak-anaknya. Bahkan anak-anak muda berbondong-berbondong ke toko buku untuk membeli novel yang menceritakan sebuah cerita dan kisah.

Mitos yang belum teruji kebenarannya tentulah hanya fiktif belaka. Jika menggunakan pendekatan ilmiah atau kalau dipikir-pikir, mitos tersebut tentulah sangat konyol.

Dikatakan konyol karena tidak memiliki penjelasan yang akurat dan masuk akal. Dilansir dari segiempat, berikut beberapa mitos terkenal yang berasal dari Indonesia.

1. Pakai Payung dalam Rumah.

Mitos
Pakai payung dalam rumah. (foto/ayobandung.com)

Sebutan lain dari mitos adalah pamali. Pamali merupakan pantangan-pantangan yang sudah mengakar pada budaya lokal tertentu. Misalnya saja memakai paying di dalam rumah akan mengakibatkan meninggalnya saudara Anda.

Sikap yang paling bijak dalam menanggapi mitos atau pamali adalah dengan menangkap maknanya, sekonyol apapun kalimat yang mereka pakai untuk melarang Anda melakukan sesuatu.

Sungguh sangat konyol jika Anda memakai payung di dalam rumah. Terlebih jika payungnya basah dan lebar. Melakukan hal tersebut bahkan lebih konyol lagi ketimbang memercayai mitos ini.

2. Potong Kuku Malam Hari.

Mitos
Memotong kuku. (foto/biangrumpi.com)

Katanya jika Anda memotong kuku pada malam hari akan mengundang kematian pada anggota keluarga Anda. Yang mereka ingin sampaikan mungkin jangan memotong kuku pada malam hari karena penerangan yang kurang. Tidak ada listrik, hanya pelita. Bisa-bisa, kulit pada jari Anda ikut terpotong.

3. Bersiul Malam Hari.

Mitos
Bersiul. (foto.malangpers.com)

Maknanya sederhana saja, bersiul pada malam hari akan mengganggu waktu istirahat dan tidur saja. Mungkin, dikarenakan sulitnya melarang anak-anak untuk bersiul pada malam hari, maka diciptakanlah sebuah mitos yang membuat mereka takut jika bersiul pada malam hari. Karena kalau mereka melakukannya, maka setan-setan akan berdatangan.

4. Dijatuhi Cicak.

Mitos
Cicak. (foto/maxnyoos.com)

Anda tentu merasa geli atau bahkan jijik dengan binatang melata yang satu ini, kecuali jika Anda pecinta atau pemburu cicak. Melihatnya saja enggan, apalagi dijatuhi dan hinggap di tubuh Anda.

Kalau kesialan yang dimaksud adalah karena tidak nyaman saja dijatuhi cicak mungkin masih dapat diterima. Tapi kalau kesialan tersebut diartikan sebagai sialnya nasib dan takdir, sungguh itu adalah mitos. Bagaimana mungkin Anda menggantungkan hidup Anda pada seekor binatang yang tidak punya akal itu.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Saat Jabatan Menteri Tak Lagi Berkilau

PERNAH ada masa, presiden di Indonesia tak pernah berganti. Saat itu, mimpi tertinggi manusia di negeri ini hanya jadi menteri. Kalau tidak ya jadi
Opini

JK Sang Juru Damai

Tanggal 20 Oktober 2019 ini berakhirlah sudah tugas Bapak Jusuf Kalla atau yang lebih dikenal dengan sebutan JK sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.Sebuah posisi
Opini

Ada Putra Wajo di Garuda Select

DUA hari lalu, seorang teman yang secara sukarela ikut mendukung saya di Pemilu 2019 di Kabupaten Wajo, mengirimkan gambar ke kontak WhatsApp (WA). Ia
Opini

Lobby Lobby

DI luar negeri kini beredar berita tentang Indonesia: elit politik lagi berusaha mengubah konstitusi.Tujuannya: agar tidak ada lagi pilpres secara langsung. Di pemilu yang
Opini

Nyinyir Istri Tentara Itu

SEPEKAN telah berlalu, tapi kisah ironis tentang istri tentara itu - juga tentang tentara itu sendiri - masih juga ramai terhampar di media cetak
Opini

Blue Girl

KINI jadi kenyataan: wanita Iran benar-benar boleh nonton sepak bola. Hadir langsung di stadion.Itu terjadi Selasa minggu lalu. Saat tim nasional Iran menjadi tuan
Opini

Menghargai Bangsa Sendiri

BEBERAPA waktu lalu saya pernah menulis sebuah artikel dengan judul imagining Indonesia. Hal demikian saya tuliskan karena sebagai anak bangsa yang sudah sangat lama
Opini

Wiranto Diserang, Ninoy Diculik, Kita Diteror

DI Menes, Pandenglang, Banten, Menkopolhukam Wiranto di serang seorang tidak dikenal. Begitu turun dari mobil, Wiranto disambut Kapolsek disana. Tetiba, seorang lelaki membawa gunting