4 Pesona Kota Konstantinopel, Pantas Saja Direbuti

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar-Akhir-akhir ini nama Konstantinopel mencuat ke permukaan, peringatan penaklukkannya menggema di bumi Pertiwi. Hastag #conquestofconstantinopel juga sempat tranding topik.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Konstantinopel, kota yang kini lebih dikenal dengan nama Istanbul dan telah menjadi bagian negara Turki.

Bak seorang perempuan cantik, kota Konstantinopel membuat siapa saja terpesona. Keistimewaan, kemewahan dan kekokohan berpadu menjadi satu, maka tak heran banyak yang menginginkannya. Napoleon Bonaparte saja mengatakan bahwa kalaulah dunia ini sebuah negara, maka Konstantinopel inilah yang paling layak menjadi ibu kota negara.”

Nah, apa saja sih pesona kota Konstantinopel sehingga ia banyak direbuti, simak uraian singkat ini:

1. Kota Kaya

Kota Konstantinopel dikenal sebagai kota memiliki kekayaan berlimpah. Orang-orang hidup makmur, bangunannya tak tertandingi dan megah dengan fasilitas memadai, Konstantinopel menjadi nomor 1 di masanya. Dikatakan oleh Siur de Villehadrion seperti dikutip dari Liputan 6, “kekayaan di kota Konstantinopel tak akan ditemukan di seluruh dunia.

Betapa banyak orang kagum dengan keindahannya. Mosaik-mosaik dan emas menghiasi setiap gereja dan istana, bahkan Hangia Shopia menjadi gereja terindah.

2. Kota Terkuat

Bukan hanya sebagai kota kaya Konstantinopel juga dikenal kota terkuat di dunia. Benteng dan temboknya kokoh, 192 menara mengelilinginya ditambah lagi dikeliling Selat Bosphorus, Laut Marmara dan Golden Horn. Tiga sisi ini masing-masing dipasang rantai besar sehingga kapal-kapal musuh sulit menembusnya. Itulah sebabnya tak ada yang mudah memasukinya karena pertahanan yang dimiliki benar-benar kuat di masanya.

3. Dikabarkan oleh Rasulullah

Kabar takluknya kota Konstantinopel telah lama dikabarkan oleh Rasulullah, seperti dalam HR. Ahmad. Seorang sahabat bertanya kepada Rasul, “Ya Rasul, mana yang lebih dahulu jatuh ke tangan kaum muslimin, Konstantinopel atau Roma?” Rasulullah menjawab, “Kotanya Heraklius (Konstantinopel).”

Juga diriwayatkan oleh HR Ahmad, “Sesungguhnya akan dibuka kota Konstantinopel, sebaik-baik pemimpin adalah yang memimpin saat itu, dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan perang saat itu.”

4. Penaklukannya diperjuangkan oleh 3 Khalifah

Setelah Rasulullah mengabarkan penaklukan Konstantinopel para para pemimpin dunia Islam berlomba-lomba untuk mewujudkan bisyarahnya. Yang menempati posisi pertama yaitu, Muawiyah bin Abi Sufyan, dialah yang pertama ingin mewujudkan pembebasan konstantinopel dengan mengutus Yazid bin Muawiyah, membekalinya sebanyak 300 ribu tentara dan 300 kapal.

Lalu, Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik, dia mengutus Maslamah bin Abdul Malik dengan 200 ribu tentara dan 5000 kapal.

Ada Khalifah Muhammad Al Mahdi, ia menyiapkan 95 ribu pasukan untuk Harun Ar Rasyid demi ekspedisi penaklukan.

Terakhir, ada Sultan Murad II, ayah Sultan Muhammad Al Fatih ini punya ambisi besar ia bahkan menyiapkan anak-anaknya menjadi generasi penakluk. Dan ambisi itu terwujud di tangan putra kebanggaannya, Al Fatih pada 29 Mei 1453 dengan jumlah pasukan 250 ribu.

Inilah 4 pesona kota Konstantinopel yang berhasil dirangkum, pantas saja banyak yang ingin menaklukkannya.

Komentar

Rekomendasi

KPPN Makassar I Apresiasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran P3E Sulawesi Maluku

Kapal Latih SMKN 3 Kemaritiman Selayar Kembali Berlabu Normal Di Darmaga Pattumbukang, Kabupaten Selayar

H Ali Yafid Puji Adaptasi Para Kasi di Kementerian Agama Kab. Bulukumba

Dirjen PHU Kemenag RI : Masuk Gedung Ini, Keluar Sudah Punya Nomor Porsi

Kakanwil Kemenag Sulsel Harap Gedung Layanan Haji dan Umrah Wajo Dimanfaatkan Maksimal Layani Umat

Bangga Jadi Yang Pertama di Sulsel, Ini Kata Bupati Wajo Ke Dirjen PHU Kemenag

Heboh, ‘Buaya Berkalung Ban Motor Bekas’ Tak Ketemu, Kini Hadir ‘Roti Buaya Berkalung Ban’ di Palu

Sulawesi Education dan Techno Expo 2020, Stand Pameran UIN Alauddin Ramai Dikunjungi Siswa

Tanamkan Rasa Peduli Pada Siswa, SIT Al-Hikmah Maros Hadirkan Da’i Cilik Palestina

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar