4 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Memikat di Kediri

Air Terjun Dolo (Sumber : ihappytour.com)

Terkini.id, – Dilihat dari jumlah penduduknya, Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur. Lokasinya yang dilalui Sungai Brantas dan berada di lembah Gunung Wilis membuat kota ini memiliki kontur alam memikat. Tak ayal, banyak objek wisata alam menarik yang selalu dipadati wisatawan setiap harinya. Jika Anda berencana melakukan wisata alam, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Kediri yang wajib dikunjungi.

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud. Sumber : ct-tourtravel.com

Gunung Kelud merupakan sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Kediri, Blitar, dan Malang. Meskipun sempat mengalami erupsi besar di tahun 2014, gunung setinggi 1.731 meter ini tetap menjadi tujuan favorit bagi pencinta alam atau pendaki. Untuk sampai ke sini, Anda bisa mendaki jalur terjal atau naik kendaraan melewati jalan beraspal.

Di puncak Gunung Kelud, Anda dapat menikmati pemandangan alam memesona. Lembah dan perbukitan hijau, danau kawah, serta air panas alami merupakan paket wisata alam sempurna yang bisa Anda nikmati. Anda pun dapat menantang adrenalin dengan melakukan flying fox.

2. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo (Sumber : ihappytour.com)

Menarik untuk Anda:

Nikmati keindahan air terjun yang memukau di Besuki, Jugo, Mojo. Terletak di lereng timur Gunung Wilis dengan ketinggian 1.800 mdpl, air terjun setinggi 125 meter ini jatuh dan terbagi menjadi tiga tingkatan. Airnya begitu dingin dan sejuk, meski debit air terjun ini tidak terlalu deras. Dengan pemandangan hutan hijau dan udara segar, liburan Anda pun akan semakin berkesan.

Di sini, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas seperti joging, berkemah, mendaki, atau sekadar menangkap keindahan alam dengan kamera. Selain itu, ada juga taman bermain dan kebun stoberi serta sayuran untuk mengisi waktu.

3. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo. Sumber : dokjalannyok.wordpress.com

Letak Air Terjun Irenggolo tidak terlalu jauh dari Air Terjun Dolo—terpaut sekitar 4 km—, hanya dibatasi oleh hutan dan pepohonan hijau yang masih asri. Jika Air Terjun Dolo memiliki tiga bagian bertingkat, maka air terjun setinggi 80 meter ini jatuh melalui lereng batu berundak-undak yang menyerupai anak tangga. Kemiringan lerengnya hanya sekitar 40-45 derajat sehingga air terjun ini tidak terlihat begitu tinggi.

Keindahan Air Terjun Irenggolo disempurnakan dengan pemandangan hijau di sekitarnya, udara segar, serta air dingin dan jernih yang sayang untuk dilewatkan. Fasilitas di objek wisata ini pun cukup memadai; terdapat musala, toilet umum, warung makanan, kolam renang, area berkemah, dan taman bermain anak. Terlebih, harga tiketnya terjangkau dengan akses jalan yang tidak begitu sulit.

4. Gunung Maskumambang

Gunung Maskumbang, Sumber : teluklove.com

Di Sukorame, Mojoroto, terdapat sebuah gunung yang wajib Anda kunjungi. Gunung Maskumambang namanya. Gunung ini berada di ketinggian 300 mdpl dan dikelilingi perbukitan bagian timur Gunung Wilis. Perjalanan ke puncak dapat dilakukan dengan meniti anak tangga atau mendaki.

Panorama alam di Gunung Maskumambang begitu elok. Bukit-bukit dengan pepohonan hijau yang padat serta pemandangan Kota Kediri dari ketinggian tampak begitu memukau. Di sini, terdapat juga sebuah makam seorang sosok ‘Robin Hood’ yang berpengaruh di zaman penjajahan bernama Astana Boncolono yang biasa jadi tempat ziarah.

Bagaimana? Sudah siap menjelajah dan menghabiskan liburan di tempat wisata tadi? Atau Anda sudah punya rencana mengunjungi tempat wisata lain di Kota Kediri yang tak kalah menarik?

Jika Anda sedang mencari hotel di Kediri, percayakan urusan tersebut pada Airy Rooms. Cukup lakukan reservasi lewat website maupun aplikasi Airy di smartphone, lalu tuntaskan pembayaran lewat kartu kredit atau transfer rekening. Anda pun akan memperoleh kamar nyaman ber-AC dengan fasilitas yang tidak akan mengecewakan.

Akses WiFi gratis, air minum cuma-cuma, televisi layar datar, dan tempat tidur empuk bisa Anda nikmati selama beristirahat. Belum lagi, Anda berkesempatan membersihkan diri dengan pancuran air hangat dan perlengkapan mandi.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Keindahan Pantai Singku Lowu-Lowu di Buton Tengah Sulawesi Tenggara

Wisata Air Terjun Madakaripura, Destinasi Favorit Warga Jawa Timur

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar