4 taktik cerdik menghadapi orang yang suka terlambat

4 taktik cerdik menghadapi orang yang suka terlambat (eharmony.ca)
4 taktik cerdik menghadapi orang yang suka terlambat (eharmony.ca)

Terkini.id – Anda pasti mempunyai banyak teman. Jika tidak, maka kemungkinan besar Anda tidak akan bermasalah dengan keterlambatan seseorang dalam acara yang Anda sudah siapkan baik-baik.

Inilah masalah yang sering membuat banyak orang jengkel sehingga berakhir dengan kerusakan hubungan Anda dengan orang yang bersangkutan.

Jadi, apa yang sebaiknya Anda lakukan jika hal seperti ini terjadi? Haruskah kita marah? Tidak usah mengucapkan apa-apa? Atau menggunakan taktik yang lain? Berikut adalah beberapa cara menghadapi orang-orang seperti mereka menurut versi situs The Spruce:

1. Menerima Permintaan Maaf

4 taktik cerdik menghadapi orang yang suka terlambat (shutterstock. com)
4 taktik cerdik menghadapi orang yang suka terlambat (shutterstock. com)

Di dalam perencanaan acara penyambutan tamu atau pun makan malam, sebaiknya Anda menyediakan waktu toleransi selama 10-15 menit, jika sudah melewati durasi tersebut, lanjutkanlah acara Anda.

Jika pada akhirnya orang tersebut datang sangat terlambat, pastikan Anda menerima permohonan maafnya dan jangan diungkit-ungkit lagi agar tidak menuai adanya masalah.

Pendekatan lain dilakukan andaikata dia tidak meminta maaf, beritahu kepadanya bahwa Anda mengharapkan ia datang lebih cepat, dengan begitu, akan ada kesempatan baginya untuk meminta maaf dan menjelaskan alasannya.

Baca :Ini cara aman mengendarai kendaraan saat musim hujan

Dengarkan mendengarkan ceritanya, buatlah diri Anda bersimpati kepadanya guna mencegah konflik.

2. Taktik menyampaikan teguran

Terkadang orang yang sempat terlambat merupakan orang yang memang tidak bisa mengatur waktunya atau bisa disebut juga “jam karet”.

Dalam menghadapi orang macam ini, perkataan yang harus Anda hindari adalah kata-kata yang menuduhnya secara langsung.

Sebagai alternatif, gunakan beberapa kata “halus” untuk menegur mereka, seperti: “Makan malam akan dimulai pada pukul 7, jika kamu berhalangan nanti, kami akan makan duluan.”

“Sepertinya kamu suka terlambat belakangan ini. Apakah kau memang kurang suka acara seperti ini? Jika ya, tak apa-apa untuk memberitahuku.”

“Mau ke jemput supaya kita bisa mulai tepat waktu?”

“Yang terlambat akan dihukum dengan […]” (hukumannya bisa disesuaikan dengan keadaan)

3. Menghindari Amarah

4 taktik cerdik menghadapi orang yang suka terlambat (huffingtonpost. com)
4 taktik cerdik menghadapi orang yang suka terlambat (huffingtonpost. com)

Jangan membuat drama dengan menyampaikan kekesalan, dampaknya bisa fatal bagi hubungan sosial Anda. Berikut kata-kata yang harus dihindari:

– “Kalau kau tidak peduli, tidak usah datang!”

– “Kalau ada acara dengan si [nama orang lain], kau selalu tepat waktu!”

Baca :Delapan tips sederhana untuk dapur anda

– “Kau tidak menghargai pertemanan kita!”

Selain itu, dilarang keras melakukan hal-hal di bawah ini:

– Memberi waktu toleransi selama satu menit saja. Setidaknya berilah ia waktu 10-15 menit, kemungkinan orang tersebut punya alasan yang bisa dimaklumi.

– Tidak mau membukakan pintu.

– Membalas dendam dengan terlambat mendatangi acaranya. Jika Anda berkeinganan membalas, Anda bisa jadi membuat sebuah lingkaran setan yang akan menghantui hidup Anda selamanya.

4. Menyesuaikan Diri

Jika beberapa orang memang tidak bisa dipengaruhi untuk datang tepat waktu namun Anda masih mau bertemu dengannya, maka satu-satunya cara menghindari masalah dan kejengkelan adalah dengan beradaptasi dengan orang tersebut.

Beberapa cara di bawah ini mungkin bisa Anda praktikkan:

– Menurunkan ekspektasi bahwa orang tersebut akan datang tepat waktu.

– Memainkan game selagi menunggu, hal ini berguna untuk mengalihkan pikiran Anda dari kekesalan karena terlalu lama menunggu.

– Menyesuaikan diri dengan budaya yang ada, jika tidak apa-apa untuk datang lewat beberapa menit dari waktu yang ditentukan, maka tak perlu ada omelan di sini.

Baca :Trik tingkat dewa menyembunyikan barang-barang penting

– Membicarakan masalah ini dengan baik-baik, buat orang tersebut mengerti keadaanmu dan perasaanmu, menuduhnya dengan keras akan berpotensi memperbesar masalah.

Itulah beberapa cara versi situs The Spruce yang bisa Anda lakukan untuk menanggulangi rasa jengkel di saat menunggu orang lain, semoga bisa bermanfaat dan dipraktikkan untuk membuat kondisi pertemanan yang lebih baik!