5 cara petir menyambar dan membuat mahluk hidup tewas

Petir menyambar dengan mudah di daerah terbuka dan menyambar obyek apa saja yang menonjol tinggi

TERKINI.ID, – Belum lama ini, kejadian tersambar petir menimpa tiga orang petani yang sedang berteduh di rumah sawah, dua orang meninggal dunia dan satunya lagi luka-luka. Kejadian ini terjadi dua hari lalu di kabupaten Gowa.

Kasus manusia meninggal karena sambaran petir ini, salah satu dari sekian kejadian yang terjadi di seluruh dunia. Hal ini sudah menjadi pengetahuan umum bagi manusia bahwa petir bisa membunuh mahluk hidup di bumi.

Menjadi pertanyaan sekian orang bagaimana caranya petir bisa membunuh mahluk hidup?

Dikutip dari Kompas, menurut peneliti asal Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika di Institut Teknologi Bandung, Syarif Hidayat, mengungkapkan petir sifatnya berbeda dengan listrik meskipun sama-sama arus listrik. Jika listrik yang mengalir dalam kabel-kabel di rumah yang butuh waktu mengantre dalam kabel untuk mengantar listrik, petir tidak sabaran dan tidak peduli sifatnya ingin cepat sampai ke bumi.

Petir cenderung memilih tempat terbuka untuk mengantarkan arus ke bumi, selain itu obyek yang tinggi dan tonjolan di permukaan bumi, berupa tiang dan pohon.

Baca :Tiga Warga Bali tewas diduga disambar PetirĀ 

Tonjolan bisa berupa bukit atau gunung maupun manusia, hewan dan bangunan yang berada di tempat terbuka.

Tidak heran orang yang berada di tengah sawah, bermain bola di lapangan, berlayar di atas kapal di lautan terbuka bisa menjadi tonjolan yang siap disambar petir.

Tegangan yang dihasilkan petir sangat besar berbeda dengan tegangan listrik yang bisa ditoleransi manusia 20 mili Ampere sedangkan petir mencapai 26.000 Ampere.

Menurut situs Badan Atmosfer dan Kelautan Amerika Serikat, petir bisa menyambar manusia dengan lima cara :

1. Secara langsung
Cara ini bisa terjadi di tempat terbuka dengan obyek manusia lebih tinggi dibandingkan obyek lainnya.

2. Side Flash

Sambaran petir ini terjadi jika manusia berada terlalu dekat dengan obyek tinggi lainnya.

3. Konduksi
Petir bisa menyambar manusia jika manusia kontak dengan logam saat petir menyambar.

4. Penghantaran melalui permukaan
Petir bisa menyambar obyek tinggi hingga ke pangkalnya lalu menghantarkan arus ke sekitarnya melewati permukaan tanah.

5. Streamer
Petir menyambar dengan sistim penghantaran lewat jalur khusus yang terbentuk di atmosfer.

Baca :Seorang kakek ditemukan tewas terlilit tali

Memahami sifat dan cara kerja petir, maka untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya ketika hujan petir, jangan pernah berada di tempat terbuka dan jangan berada pada jarak kurang dari 2 meter dari obyek yang tinggi agar tidak tersambar petir.

Sumber arus petir sifat arusnya tetap tetapi tegangan berubah-ubah. Oleh karena itu untuk bisa sampai ke bumi bisa menghantarkan petir bukan saja lewat logam tetapi lewat kayu, bambu juga bisa dilakukan meskipun kayu dan bambu bukan penghantar listrik yang baik.

Beberapa wilayah di Indonesia sangat rawan petir, seperti di daerah Depok, Bogor, Riau, Jambi, Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat. Indonesia bisa mengalami 24 petir perkilometer perhari.

Bahkan kota Depok di Jawa Barat disinyalir memiliki arus listrik terbesar di dunia, temuan ini hasil penelitian tahun 2002 lalu yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing Reynaldo Zoro.

Dalam penelitiannya yang menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS), kekuatan arus petir negatif di wilayah depok bisa mencapai 379,2 KA dan mencapai 441,1 KA untuk arus petir positif. Wow!