5 Cemilan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan, No 4 Sering Anda Konsumsi

cemilan
Cemilan kol goreng. (foto: inovasee.com)

Terkini.id – Jajanan ringan atau yang sering diistilahkan dengan nama “cemilan”, menjadi pilihan alternatif bagi orang-orang yang lagi malas mengkonsumsi kuliner berat. Hal itu dilakukan agar perut tidak dalam kondisi lapar dan tetap mendapatkan asupan makanan maupun minuman.

Saat ini, Indonesia dikenal sebagai gudangnya berbagai macam cemilan yang menggugah selera, termasuk cemilan yang banyak dijual di pinggir jalan. Hampir semua orang menyukai cemilan, karena selain mudah ditemukan, harganya juga tergolong murah.

Belakangan ini, kita menemukan ada banyak cemilan atau kuliner dengan gaya kekinian yang selalu booming dan ramai dicoba banyak orang. Cemilan itu biasanya praktis disantap, tampilannya menarik, serta rasanya enak.

Meski rasanya enak, namun tahukah Anda jika ada beberapa cemilan yang ternyata berbahaya dan tidak baik untuk kesehatan. Apa saja cemilan tersebut? Dilansir dari inovasee, berikut 5 cemilan yang berbahaya bagi kesehatan.

1. Cheese Tart

cemilan
Cheese Tart. (foto: theurbanlist.com)

Cheese Tart saat ini jadi salah satu cemilan di Indoensia yang cukup banyak peminatnya. Namun karena memiliki kandungan gula dan lemak yang sangat tinggi, Anda tidak dianjurkan untuk menyantap cemilan ini terlalu sering. Tiap porsi cheese tart mengandung sekitar 225 kalori dan 15,6 gram lemak.

Baca :Jangan langsung percaya, ini ciri warung yang menyewa jin penglaris

2. Pisang Nugget

cemilan
Pisang Nugget. (foto: berrykitchen.com)

Pisang selalu menarik untuk diolah menjadi beragam cemilan kreasi baru, termasuk pisang nugget. Namun sayangnya, kandungan dalam pisang ternyata beresiko menjadi buruk jika diolah dengan cara digoreng karena bisa menghilangkan kandungan nutrisi dan meningkatkan kadar lemak trans.

3. Es Kepal

cemilan
Es Kepal. (foto: travelingyuk.com)

Kuliner yang satu ini tengah jadi perbincangan di mana-mana. Sejak awal kemunculannya di Indonesia pada bulan April lalu, kian banyak gerai-gerai yang menjajakan es kepal sebagai menu utamanya. Meski lezat, sayangnya kuliner yang satu ini tidak sehat bagi tubuh.

Penyebabnya, di dalam es kepal banyak sekali kandungan gula dan kalori yang berlebih. Mengonsumsi gula, garam dan lemak berlebih dapat memicu penyakit degeneratif macam obesitas dan diabetes.

4. Teh Tarik

cemilan
Teh Tarik. (foto: resepdanmakanan.com)

Memang menyegarkan jika kita mengonsumsi es teh tarik seperti Thai Tea pada siang hari yang terik, namun ternyata minuman yang prinsip dasarnya memadukan teh dengan susu ini justru tidak baik karena akan mengganggu aktivitas antioksidan catechin yang terkandung pada teh.

Meski susu dan teh sama-sama punya manfaat baik, mencampurkannya justru menghilangkan khasiat utama yang ada padanya.

Baca :Agus minta Pallumara, Mie Titi, dan Bakso Ati Raja dijual di Madinah

5. Kol Goreng

cemilan
Kol Goreng. (foto: belanga.id)

Makanan yang satu ini banyak disajikan oleh warung makan dan biasanya dijadikan sebagai pendamping lauk utama. Kol goreng digemari karena kerenyahannya, sehingga orang lebih menyukainya ketimbang dijadikan lalapan.

Namun penggunaan suhu yang tinggi saat meggoreng kol bisa merusak kandungan sehatnya. Akibatnya, kol yang tadinya menjadi penangkal kanker saat disantap segar justru berubah jadi penyebab kanker akibat digoreng dengan suhu tinggi dan minyak yang kadang tak layak dipakai lagi.