Piala Dunia 2018

5 Fakta Mengejutkan Jelang Laga Inggris Menghadapi Kroasia Menuju Partai Puncak

Inggris vs Kroasia
Inggris vs Kroasia. (foto/sportskeeda)

Terkini.id – Timnas Inggris akan menghadapi Timnas Kroasia dalam laga semifinal memperebutkan tiket menuju partai puncak Piala Dunia 2018. Laga kedua tim akan digelar di Stadion Luzhniki, Kamis, 12 Juli 2018.

Pemenang dalam laga ini telah ditunggu oleh Prancis yang sebelumnya mampu menyegel tempat di partai final setelah menumbangkan Belgia dengan skor tipis 1-0, melalui gol yang dicetak oleh Umtiti.

Jika melihat dari komposisi skuad yang dimiliki, Inggris dengan para pasukan mudanya sedikit diunggulkan untuk mampu menggagalkan laju Modric dkk, namun jika melihat bagaimana Kroasia tampil sejauh ini, bukan tidak mungkin Inggris yang akan bersua Belgia pada perebutan tempat ketiga.

5 Fakta mengejutkan dari kedua tim

Sebelum laga keduanya, terdapat 5 fakta mengejutkan yang patut untuk disimak dari kedua tim, berikut ulasannya.

1. Pertemuan ini merupakan yang kedelapan antara Inggris dan Kroasia. Pada 7 laga sebelumnya, Inggris mampu memenangi 4 pertandingan dan Kroasia memenangi 2 pertandingan, sementara satu laga lainnya berakhir dengan skor imbang.

2. EURO 2004 merupakan satu-satunya turnamen besar yang mempertemukan kedua tim. Dalam laga tersebut, Inggris mampu keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2 di babak penyisihan grup.

Baca :Meksiko Bungkam Sang Juara Bertahan Jerman di Laga Perdana

3. Semifinal kali ini merupakan yang ketiga kali bagi Inggris sepanjang sejarah pagelaran turnamen akbar sepakbola ini. Pertama ketika Inggris keluar sebagai juara pada edisi 1966, tim tiga singa menumbangkan Portugal dengan skor 2-1 di semifinal. Kedua, ketika mereka tumbang oleh Jerman melalui adu penalti pada Piala Dunia edisi 1990.

4. Kroasia sejauh ini menjadi tim dengan jumlah pemain paling banyak kedua yang mencetak gol di Piala Dunia 2018 yakni 8 pemain, mereka hanya kalah dari Belgia dengan 9 pemain.

5. Sejak Piala Dunia edisi 1982, Inggris belum pernah mengalahkan 2 tim Eropa dalam satu edisi Piala Dunia. Terakhir kali Inggris melakukannya saat mengalahkan Ceko dan Prancis tahun 1982.

Secara head to head, Inggris memang unggul atas Kroasia, namun jika melihat bagaimana Luka Modric dan Ivan Perisic yang sedang dalam puncak performa tentu akan menjadi catatan tersendiri. Selain itu, bomber andalan Inggris, Harry Kane tampaknya sedang kehilangan momentum.

Menarik dinantikan siapa yang akan menjadi lawan Prancis pada laga puncak nanti. Apakah skuad muda akan kembali saling bentrok di final jika Inggris mampu mengalahkan Kroasia, ataukah sebaliknya?

PenulisSulpikar