5 Fakta Tentang Razan, Tim Medis Cantik yang Tewas Ditembak Sniper Israel

Razan al-Najjar
Relawan Medis asal Palestina, Razan al-Najjar. (foto/palestinechronicle.com)

Terkini.id – Perang di Timur Tengah yang melibatkan Palestina dan Israel tak kunjung berakhir. Sudah banyak korban jiwa yang melayang akibat Perang di Jalur Gaza ini. Hingga saat ini kedua belah pihak masih terus berseteru dan tak kunjung menemui titik damai.

Pertempuran kedua negara tersebut yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa dari warga sipil menyebabkan sejumlah pihak, termasuk dari pihak netral, turun terlibat untuk membantu, seperti tim medis dan Palang Merah Internasional.

Kabar menghebohkan baru-baru ini beredar di masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Kabar tersebut menyebutkan seorang relawan medis wanita asal Palestina tertembak oleh tentara Israel.

Wanita tersebut adalah Razan al-Najjar berusia 21 tahun, yang tewas setelah tertembak di bagian dadanya. Razan ditembak di dekat daerah Khan Yunis, Jalur Gaza pada Jumat lalu, 1 Juni 2018.

Razan bergabung dengan relawan medis Palestina sejak akhir bulan Maret 2018 lalu. Medis cantik ini bertugas memberi pengobatan kepada warga Gaza yang terluka akibat pertempuran kedua belah pihak.

Dilansir dari laman aljazeera, pada saat kejadian, Razan yang mengenakan seragam medis putih telah melambaikan tangannya untuk memberi tanda bahwa Ia adalah relawan medis yang ingin menolong korban terluka akibat tertembak.

Namun sayang, tentara Israel lewak penembak jitunya malah menembak Razan di bagian tengah dada. Tidak diketahui pasti, apakah tembakan tersebut memang disengaja ataukah tidak. Militer Israel lewat Juru Bicaranya mengatakan masih menyelidiki peristiwa tersebut.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 5 fakta tentang Razan al-Najjar.

1. Razan bergabung sebagai Tim Medis Palestina sejak akhir Maret 2018.

Razan al-Najjar
Razan al-Najjar. (foto/Instagram @sabed84)

2. Medis cantik ini bertugas menolong warga sipil yang menjadi korban peperangan Israel dan Palestina.

Razan al-Najjar
Razan al-Najjar. (foto/Instagram @sabed84)

3. Saat ingin menolong korban tertembak oleh tentara Israel, Razan malah ditembak di bagian dada.

Razan al-Najjar
Razan al-Najjar. (foto/Instagram @jlfeatherkile)

4. Sebelum ditembak, Razan telah mengangkat tangan untuk memberi tanda bahwa dirinya adalah relawan medis, namun Penembak Jitu Israel tetap menembak dirinya.

Razan al-Najjar
Razan al-Najjar. (foto/Instagram @thedailybullshitt)

5. Militer Israel lewat Jubirnya, mengatakan akan menyelidiki kasus ini apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

Razan al-Najjar
Razan al-Najjar. (foto/Instagram @karachistan)

Selamat jalan Razan al-Najjar. Jasa-jasamu akan selalu dikenang dunia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini