5 Fitur Terbaru Grab Express Ini Dukung Daya Saing UMKM Sulsel

Kadis Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemkot Makassar, Evy Aprialti, SE MM, Head of Grab Express Grab Indonesia, Tyas Widyastuti, dan Wakil Ketua Harian Dekranasda Sulsel Andi Oci Alepuddin SH di sela-sela pelatihan online sellers #TambahSukses dengan GrabExpress mengenai pemasaran digital dan fotografi di Makassar, Selasa 10 Desember 2019.

Terkini.id, Makassar – Layanan aplikasi pemesanan, Grab, punya 5 fitur baru yang pada layanan GrabExpress yang membuat pelaku UMKM makin mudah.

Fitur baru tersebut diluncurkan bersama program #TambahSukses yang digelar di Swiss-Belhotel Makassar, Selasa 10 Desember 2019.

Lewat program itu, Grab memberikan pelatihan pemasaran digital dan fotografi yang diperlukan, agar UMKM bisa berkembang lebih besar dan lebih kuat dalam menghadapi tuntutan era Revolusi Industri 4.0.

Selain itu, layanan kurir instan GrabExpress juga memperkenalkan 5 fitur terbaru yang diharapkan bisa membantu UMKM untuk melayani pelanggan mereka dengan pengiriman yang aman, cepat dan mudah.

Hal ini sejalan dengan salah satu misi 2025 ‘GrabforGood’, untuk memastikan semua orang dapat mendapatkan manfaat penuh dari ekonomi digital, dengan pengetahuan yang memadai untuk menyambut masa depan digital.

Head of GrabExpress, Grab Indonesia Tyas Widyastuti mengungkapkan, dalam data Analisis Hasil Sensus Ekonomi 2016-Lanjutan, Usaha Mikro Kecil (UMK) mulai memperlihatkan peran penting bagi ketahanan dan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan.

Hal itu terindikasi dari jumlah Usaha Mikro Kecil (UMK) yang mendominasi seluruh wilayah, dengan jumlah hampir mencapai 915.000 unit atau mencakup 98,9% dari total usaha non pertanian di tingkat provinsi.

“Serapan tenaga kerja di sektor ini pun sangat besar, yakni mencapai 2,1 juta orang atau 85,29% dari total tenaga kerja non pertanian,” kata dia.

Hal ini pun mendorong pihaknya untuk menghadirkan pelatihan ini, agar dapat terus memperkuat pelaku UMKM di Sulawesi Selatan.

“Mengingat besarnya peran dan potensi UMKM sebagai penggerak perekonomian Sulawesi Selatan, para pelaku usaha, mesti memiliki bekal dan keterampilan yang cukup, sehingga bisa memanen manfaat positif dari era ekonomi digital ini, dan diharapkan mereka juga dapat membagikannya ke banyak orang lain,” ujar Tyas Widyastuti.

Sementara itu, Wakil Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan Andi Oci Alepuddin SH, menyambut gembira workshop yang digelar oleh Grab di Kota Makassar tersebut.

“Program ini sejalan dengan program kami untuk meningkatkan kompetensi UMKM. Dengan tambahan ilmu pemasaran digital dan ilmu fotografi, kami yakin pelaku UMKM bisa memasarkan produk mereka dengan lebih mudah serta dengan jangkauan yang lebih luas dari sebelumnya,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemkot Makassar, Evy Aprialti, SE MM mengatakan, memasuki era Industri 4.0, UMKM dituntut untuk mengembangkan daya saing melalui pemanfaatan platform digital.
“Sudah saatnya para pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi dalam mengelola usahanya, mengingat saat ini belum banyak pelaku UMKM yang sadar akan manfaat teknologi,” katanya.

Fitur Terbaru

Grab express meluncurkan 5 fitur baru yang pada intinya memberikan layanan yang mendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Fitur tersebut antara lain:

– Pemesanan Via Web: pengguna bisa memesan layanan GrabExpress Instan, via portal web booking GrabExpress. Pelanggan dapat membuat pemesanan dalam jumlah banyak sekaligus, mengunduh laporan, hingga memberi akses ke karyawan Anda untuk memesan pengiriman dengan akun yang sama. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini via portal web booking GrabExpress melalui https://express.grab.com/book/login.

– Bukti Pengiriman dan Pelacakan Langsung: Dengan fitur ini pengirim dan pelanggan dapat memantau proses pengiriman dengan masuk ke tautan yang otomatis akan dikirimkan ke aplikasi Grab pada saat proses pengantaran. Selain itu, pengguna juga akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil oleh kurir pada saat pengambilan dan pengiriman barang.

– Nalangin: Fitur terbaru dalam layanan GrabExpress menghadirkan pilihan sistem Cash on Delivery (COD) untuk semua pengguna di Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar. Wirausahawan mikro di Surabaya bisa mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung lebih dulu oleh mitra pengemudi.

– GrabExpress Car: Layanan ini mampu mengirimkan barang dengan kapasitas besar (hingga 150 kg) dalam sekali pemesanan yang didukung dengan armada GrabCar. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang lebih banyak.

– Layanan Paket Hemat: Para pelanggan GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat (Subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

Komentar

Rekomendasi

Diterpa Isu Kebocoran Data Privasi, Zoom Meminta Maaf

Mau Nikmati Konten Hiburan Kapanpun dan Dimanapun? ini Caranya

Video: Begini Penampakan Paru-paru yang Digerogoti Virus Corona

Lawan Covid-19, Gerakan #KitaVSCorona Diusung di Makassar

Obati Pasien Corona, RS Pakai Darah Pasien yang Sudah Sembuh

Apple Bagikan Jutaan Masker N95 ke Tenaga Medis Corona

Kabar Gembira, Transportasi Online “inDriver” Kini Hadir di Makassar, Silahkan Dicoba

Telkomsel Beri Kuota Gratis 30 Gigabyte untuk Siswa yang Belajar Online via Ruangguru

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar