5 hal tentang Aymeric Laporte, bek anyar milik Manchester City

Aymeric Laporte resmi berseragam Manchester City. Foto: Sky Sports.

Terkini.id, Manchester – Manchester City resmi mendatangkan Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao. Dengan mahar 58 juta pounds, pemain 23 tahun itu jadi salah satu bek termahal di dunia.

Sebelum datang ke Manchester City, Laporte memang belum banyak tersorot media. Biar begitu, kehebatannya mulai jadi rebutan terlebih usai penampilan apiknya bersama Athletic Bilbao musim lalu.

Situs resmi Manchester City pun telah merangkum beberapa fakta menarik tentang pemain barunya itu. Berikut ulasannya:

1. Asah Bakat di Basque

Laporte memulai karier profesional di salah satu klub asal Basque, CD Basconia. Dia kemudian bergabung dengan Athletic Bilbao pada 2012 silam dan menjalani debut saat usianya menginjak 18 tahun. Bermain 222 kali untuk Athletic Bilbao dan mencetak 10 gol.

2. Kapten Timnas Prancis U-19

Laporte bersama 22 pemain lainnya mewakili Prancis U-19 untuk tampil di Piala Eropa 2013. Kala itu dia ditunjuk sebagai kapten tim. Berhasil melangkah ke final namun kalah dari Serbia. Pemain bertinggi badan 191 cm ini 41 caps bersama Prancis pada level U-17, 18, 19, dan U-21.

Baca :Lihat gol dahsyat Aguero yang selamatkan City dari kekalahan

3. Pilih Nomor Punggung 14

Di Manchester City, Laporte memilih menggunakan nomor punggung 14. Dia sebenarnya identik dengan nomor punggung 4 seperti kala masih membela Athletic Bilbao. Namun, nomor 4 saat ini sudah menjadi milik Vincent Kompany.

Sebelum Laporte, pemain bernomor 14 milik Manchester City di antaranya Wilfried Bony, Javi Garcia, dan Roque Santa Cruz.

4. Piala Super Spanyol

Laporte mencetak kesuksesan ketika membawa Athletic Bilbao meraih trofi pertama dalam 31 tahun terakhir. Kala itu Athletic Bilbao mengalahkan Barcelona di final Piala Super Spanyol pada 2015 lalu.

5. Bisa Bermain Banyak Posisi

Mengandalkan kaki kiri, posisi Laporte adalah bek tengah. Namun, dia juga bisa ditempatkan sebagai bek sayap. Saat baru mengawali karier, dia sempat menjajal posisi striker.