5 hal yang perlu kamu lakukan sebelum melahirkan

5 hal yang perlu kamu lakukan sebelum melahirkan

Terkini.id, Makassar – Beredarnya sebuah video yang menunjukkan seorang ibu yang terlihat santai bermain game mobile legend sambil melahirkan memantik banyak komentar netizen.

Sebagian menyebut sang ibu mungkin maniak game moba (mobile legend), atau cuek dan tidak punya rasa peduli terhadap bayi yang dia kandung. Karena sebagian menilai, seorang ibu yang melahirkan itu harus fokus, berkonsentrasi, dan banyak berdoa.

Benarkah demikian? Daripada berprasangka buruk, kita ambil positinya saja. Mungkin sang ibu itu sedang menjalankan salah satu terapi dan tips penting sebelum melahirkan: harus rileks, dan menjaga diri tetap tenang.

Dihimpun dari berbagai sumber, terkini.id mencatat setidaknya ada 5 hal yang perlu dilakukan para ibu hamil (bumil) sebelum melakukan persalinan. Apa saja itu?

5 hal yang perlu kamu lakukan sebelum melahirkan (gettyimages)

1. Bangun optimisme

Kamu harus yakin dan percaya persalinanmu sukses. Hilangkan segala kekhawatiran, dan keyakinan bahwa melahirkan itu proses yang menyakitkan. Rasa takut, khawatir, sangat mempengaruhi proses melahirkan. Maka, para bumil harus membangun optimisme. Tanamkanlah di dalam benak dan pikiran kamu, bahwa melahirkan itu asyik.

2. Jalan-jalan kecil

Saat mulai kontraksi, seorang ibu tentu harus langsung ke rumah sakit. Nah, sebelum kontraksi memuncak, seorang bumil masih memiliki waktu cukup panjang sebelum melahirkan. Itu bisa dimanfaatkan dengan berjalan-jalan kecil dan santai di sekitar ruangan persalinan. Hal ini dapat membantu ibu mempercepat dan memperlancar proses persalinan.

3. Rileks

5 hal yang perlu kamu lakukan sebelum melahirkan (cosmopolitan)

Jangan tegang. Santai saja. Lakukan apa yang bisa membuatmu santai dan lebih terhibur. Jika bermain game bisa membuatmu lebih rileks, itu bisa dilakukan. Jangan sampai kamu tegang menjelang proses melahirkan, itu malah akan membuat otot kaku. Jika kondisi ini terjadi, maka proses melahirkan akan terasa menyakitkan. Proses melahirkan membutuhkan otot-otot yang luwes terutama di sekitar pinggul, paha, perut.

Hal itu karena akan terjadi peregangan otot yang hebat pada saat proses melahirkan. Oleh karena itu rileks menjelang melahirkan akan membuat otot-otot anda luwes, selain itu pikiran ibu pun akan terasa tenang.

4. Dengarkan musik

Ini sebenarnya salah satu cara yang lebih baik untuk rileks. Cara lain untuk mengelola sakit menjelang persalinan adalah mendengarkan musik. Jika kamu suka musik, yakinlah musik akan membantu.

Saat mendengarkan musik yang disukai maka ibu bisa mencoba untuk melakukan tehnik pernafasan, meditasi, bersantai dan tetap bergerak. Jangan terus diatas tempat tidur karena berdiam saja hanya akan membuat tubuh menjadi lebih sakit.

5. Minta didampingi suami atau keluarga

Seorang Ibu hamil harus mendapat dukungan dari bidan, dokter atau suami beserta keluarga. Bidan biasanya menjadi tenaga yang bisa mendampingi ibu selama masa kontraksi, saat melahirkan dan setelah melahirkan. Sementara suami bisa mengelus punggung, memijat punggung dan menggosok bagian bahu. Semua bantuan ini bisa membantu ibu mengatasi rasa sakit dan siap untuk melahirkan secara normal.

Berita Terkait