5 Jenis Gangguan Jiwa Paling Berbahaya di Dunia, No 3 Sangat Aneh

gangguan jiwa
Ilustrasi gangguan kejiwaan. (foto/tempo.co.id)

Terkini.id – Penyakit kejiwaan atau yang juga sering disebut gangguan mental merupakan masalah psikologis dan perilaku yang sangat erat kaitannya dengan kondisi stress akibat pengaruh alam bawah sadar maupun pengaruh lingkungan.

Gangguan jiwa ini biasanya didefinisikan sebagai kombinasi perilaku, kinerja kognitif, dan juga persepsi-persepsi yang sangat berhubungan dengan fungsi pada organ otak dan juga sistem saraf penderitanya.

Gangguan kejiwaan tersebut ternyata juga memiliki jenis yang sangat beragam, bahkan beberapa di antaranya tergolong sangat aneh dan sangat susah diterima oleh akal sehat.

gangguan jiwa
Gangguan jiwa. (foto/Patinews.com)

Dilansir dari Anehtapinyata, berikut ini 5 jenis gangguan kejiawaan yang masuk dalam golongan gangguan jiwa yang aneh dan unik.

1. Erotomania

Erotomania merupakan jenis gangguan psikis yang bisa menyebabkan adanya delusi, dimana si penderitanya akan selalu merasa bahwa ada seseorang yang secara diam-diam naksir kepadanya.

Biasanya atau kebanyakan penderita gangguan erotomania ini adalah kaum perempuan, dan biasanya objek khayalannya adalah seseorang publik figur yang terkenal.

Contoh kasusnya adalah : si penderita akan selalu menganggap seorang aktor terkenal yang dia gemari itu naksir berat sama dirinya, padahal pada kenyataannya dia belum pernah bertemu dengan sang aktor terkenal tersebut.

2. Sindrom Alice in Wonderland

Sindrom yang disebut dengan “Alice di Negeri Ajaib” ini adalah sebuah jenis kelainan persepsi pada psikis manusia. Jadi, para penderita kelainan jiwa ini akan sering merasa bahwa dirinya adalah sosok makhluk yang sangat mungil, sehingga benda-benda yang ada di sekitarnya sering dia anggap sebagai benda-benda yang berukuran raksasa.

Ilustrasi gangguan jiwa. (foto/mediamuda.com)

3. Sindrom Boanthropy 

Sindrom Boanthropy ini merupakan salah satu jenis kelainan jiwa yang sangat aneh, di mana kelaianan jiwa ini akan membuat para penderitanya bisa merasa bahwa diri mereka adalah seekor sapi atau bahkan seekor kerbau.

Awalnya, penderitanya akan mengalami perasaan semacam itu hanya di dalam mimpi saja, namun lama-kelamaan bentuk delusi itu akan terbawa pada saat si penderita dalam keadaan sudah bangun dan sadar.

4. Sindrom Stockholm

Sindrom Stockholm ini mrupakan sebuah kelainan yang banyak terjadi pada para tawanan ataupun korban penyanderaan dan korban penculikan.

Si korban bukannya akan takut atau menjadi panik karena telah diculik, si penderita stockholm yang diculik itu malah akan betah berlama-lama tinggal dan diperlakukan sesukanya oleh penyanderanya, bahkan ada kemungkinan akan merasakan suka pada si penculiknya.

gangguan jiwa
Gangguan jiwa. (foto/hellosehat.com)

5. Sindrom Landau-Kleffner 

Sindrom Landau-Kleffner merupakan sebuah gejala kelainan yang membuat para penderitanya menjadi kehilangan kemampuan dalam memahami kata-kata dari lawan bicaranya.

Biasanya, orang yang sedang mengalami kelainan kejiwaan ini adalah anak-anak yang berusia 5 hingga 7 tahun. Sejumlah penderita biasanya juga akan sering mengalami gejala kejang-kejang yang mendadak.

Berita Terkait
Komentar
Terkini