5 kelainan medis paling aneh di dunia, salah satunya sangat menakutkan

Kelainan Medis
Neurofibromatosis. (foto: sumber.com)

Terkini.id – Tidak semua manusia terlahir ke dunia dengan memiliki organ fisik yang normal. Ada beberapa orang yang kurang beruntung menderita kelainan medis yang menyebabkan dirinya kurang sempurna.

Manusia di dunia yang menderita kelainan medis tidak hanya terjadi pada zaman sekarang saja, melainkan sudah ada sejak dari dahulu kala.

Tak hanya aneh, kelainan medis tersebut juga terlihat sangat menakutkan. Penasaran bagaimana saja ulasannya teman? Dilansir dari anehtapinyata, berikut ulasannya.

1. Bayi bermata satu

kelainan medis aneh
Bayi bermata satu. (foto/hidayatullah.com)

Cacat lahir pada bayi yang menyebabkan kedua bola mata menyatu ini disebut cyclopia atau cyclocephaly. Bagi bayi penderita penyakit aneh ini tidak akan bisa bertahan hidup lebih dari beberapa jam.

Tercatat dalam sejarah paling lama bayi bisa bertahan hidup dari penyakit ini hanya dua jam saja. Pada semua kasus, hal ini terjadi selain pada mata, anggota tubuh bayi lainnya juga tidak bisa berkembang secara sempurna.

Peristiwa langka dan aneh ini terakhir tercatat terjadi di India pada tahun 2006. Saat itu sang bayi meninggal dunia sesaat setelah dilahirkan.

2. Wanita berorgan tubuh ganda

kelainan medis aneh
Blanche Dumas. (foto/youtube.com)

Karena kelainan aneh yang dideritanya seorang wanita bernama Blanche Dumas juga menjadi primadona sirkus. Wanita yang juga bekerja sebagai pekerja seks komersial ini mempunyai tiga kaki, empat payudara, dan dua alat kelamin yang kesemuanya berfungsi secara normal.

3. Sindrom Proteus

kelainan medis aneh
Sindrom Proteus. (foto/blogspot.com)

Penyakit ini merupakan kelainan aneh yang menyerang pertumbuhan manusia. Penderitanya mengalami abnormalitas dalam pertumbuhan tulang, kulit, kepala dan berbagai gejala lain jika dibandingkan dengan pertumbuhan manusia biasa.

Kelainan tersebut pertama kali diindentifikasi oleh seorang ahli Michael Cohen pada tahun 1979. Pada tahun 1983 kelainan tersebut kemudian diberi nama sindrom Proteus oleh dokter bedah Jerman, Hans-Rudolf Wiedemann.

Priteus memiliki gejala yang berawal dari pertumbuhan bagian tubuh yang tidak biasa dan tidak beraturan. Pertumbuhan bagian tubuh secara abnormal tersebut biasanya tidak terjadi di semua bagian tubuh.

4. Neurofibromatosis

kelainan medis aneh
Neurofibromatosis. (foto/youtube.com)

Penyakit aneh seperti gambar di atas adalah penyakit yang disebut dengan neurofibromatosis atau biasa juga disebut Von Recklinhausen’s Disease, sebuah kelainan genetik yang menyebabkan simpul syaraf di badan tumbuh menjadi tumor.

Dan menakutkannya lagi, penyakit aneh ini berpotensi besar dapat diturunkan kepada anak. Jika dihitung persentasenya mungkin bisa mencapai angka 50%. neurofibromatosis ini sendiri terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe 1, tipe 2, dan schwannomatosis.

Bagi penderita kelainan neurofibromatosis tipe 1 dan 2 hanya mengalami gejala rasa sakit yang tergolong ringan, namun bagi penderita dengan tipe 3 rasa sakit yang dialaminya sangat luar biasa. Satu-satunya pengobatan yang disarankan untuk kelainan ini adalah dengan cara kemoterapi.

5. Manusia Raksasa

kelainan medis aneh
John Aasen. (foto/blogspot.com)

Gambar di atas adalah John Aasen yang hidup sekitar tahun 1890 sampai 1938. Dengan tinggi badan 214 cm, John terlihat seperti manusia raksasa.

Berkat badannya tersebut, John yang bekerja di sirkus menjadi primadona di dunia pertunjukan orang aneh. John juga pernah membintangi beberapa film Hollywood karena kelainannya tersebut.

Hingga kini John Aasen tercatat sebagai aktor film tertinggi dalam sejarah. Terlahir dari ibu yang juga bertubuh raksasa, John Aasen menghabiskan masa kecilnya dengan berpindah-pindah tempat tinggal sebelum akhirnya meninggal dunia pada tahun 1938 karena pneumonia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Nasional

Presiden Jokowi Salat Minta Hujan di Riau

Terkini.id, Riau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau dua lokasi kebakaran hutan dan lahan, di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, dan Kecamatan Tambang, Kabupaten