5 Kuliner Khas Solo yang Dijamin Membuat Ketagihan dan Harus Dicoba!

Selat Mbak Lies. Sumber : Tribun

Terkini.id, – Bila Anda sedang mengunjungi tempat wisata di Solo, rugi bila tidak sekalian menjajal makanan khasnya. Soal rasa jangan diragukan, perpaduan bumbu racikan khas yang sudah mendarah daging di masyarakatnya membuat kuliner Solo begitu mudah dirindukan. Nah supaya tidak kebingungan, simak dahulu beberapa uraian tentang kuliner Solo yang paling sering dicari berikut.

1. Nasi liwet

Nasi Liwet. Sumber : id.tastemade.com

Nasi liwet dimasak bersama santan dan bumbu seperti daun pandan yang membuatnya memiliki rasa gurih dan aroma menggiurkan. Dipadukan dengan sayur labu siam dan lauk suwiran ayam ungkep atau telur pindang, seporsi nasi liwet dijamin akan memuaskan nafsu makan Anda. Hampir di setiap sudut kota Solo banyak yang menjajakan kuliner satu ini. Misalnya saja nasi liwet Yu Sani yang berada di Jl. Veteran atau nasi liwet legendaris Wongso Lemu yang sudah berdiri sejak tahun 1950 di Jl. Keprabon Kulon.

2. Timlo “Sastro”

Timlo Sastro. Sumber : goodindonesianfood.com

Timlo adalah salah satu masakan berkuah khas Solo yang mirip sop namun dengan rasa bumbu rempah yang lebih kaya. Selain kuah kaldunya yang menyegarkan, isi seporsi timlo yang biasanya berupa mi soun, potongan wortel, ayam, telur kecap dan irisan sosis Solo pun makin menambah kelezatan.

Salah satu warung timlo terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang telah berdiri sejak tahun 1962. Terletak di Pasar Gede Timur No.1, rasa dari timlo ini tidak berubah sejak awal didirikan. Ada pula cabangnya di Jl Wahidin daerah Penumping yang buka hingga pukul 22.00.

3. Tengkleng “Bu Edi”

Tengkleng Ibu Edi. Sumber : travelingyuk.com

Siapa yang tak akan tergoda dengan kelezatan tulang kambing beserta lemak-lemaknya itu? Tengkleng khas Solo memiliki sajian yang mirip gulai namun dengan kuah lebih encer. Penjual tengkleng paling terkenal di Kota Solo terletak di dalam pasar Klewer yaitu tengkleng Bu Edi. Buka pukul sejak pukul 12.00, tengkleng Bu Edi biasanya ludes dalam 3-4 jam saja. Disajikan dengan wadah daun pisang yang dibentuk ‘pincuk’, Anda dijamin akan ketagihan dengan kelezatan rasanya.

4. Jenang Laweyan OMI

Jenang Laweyan OMI. SUmber : keplekilatsolo

Di daerah Solo dan sekitarnya, dikenal berbagai jenis jenang yang memadukan cita rasa gurih dan manis dalam sekali suap. Jenang Laweyan OMI yang terletak di Jl. dr. Radjiman No. 456, Laweyan menjual banyak macam jenang seperti jenang sumsum, jenang grendul, jenang ketan hitam, jenang mutiara, kolak dan kudapan tradisional lainnya. Selain rasa jenang yang akan selalu terkenang, bahan-bahan yang digunakan pun selalu segar dan alami sehingga baik untuk kesehatan.

5. Warung Selat “Mbak Lies”

Selat Mbak Lies. Sumber : Sumber: tribunnews.com

Tak lengkap berkunjung ke Solo bila belum mencicipi selat Solo. Satu porsi selat berisi wortel, buncis, tomat ditambah telur dan terkadang potongan daging atau galantin, serta bumbu pelengkap yaitu acar dan saus mayones. Sering disebut sebagai steak versi Jawa, masakan ini memiliki sensasi tersendiri dari siraman kuah kecoklatan yang menghadirkan rasa manis dan segar sekaligus.

Penjual selat terkenal di Kota Solo salah satunya Warung Selat “Mbak Lies” yang terletak di Jl. Veteran, Gang No II, Serengan. Meski tempatnya di gang kecil, keunikan interior dan kelezatan masakannya pasti membuat Anda ingin kembali lagi.

Nah itulah beberapa kuliner khas Kota Solo yang tidak boleh Anda lewatkan. Pastikan Anda menyicipinya saat berkunjung ke sana. Dan apabila Anda membutuhkan hotel di Solo, Anda bisa memanfaatkan kemudahan dari Airy dengan memesan hotel melalui website atau aplikasinya.

Meski menawarkan hotel murah, Anda dijamin tidak akan kecewa karena jaringan hotel Airy Rooms yang tersebar di banyak kota di Indonesia menyediakan layanan yang berkualitas dengan fasilitas standar seperti kamar dan tempat tidur bersih, televisi layar datar di setiap kamarnya, pendingin ruangan, kamar mandi dengan air hangat dan perlengkapan madi, hingga hingga wifi gratis.

Jadi segera realisasikan jelajah kuliner Anda di Kota Solo dan pesan hotelnya sekarang juga. Selamat berwisata.

Komentar

Rekomendasi

Taman Wisata Puncak Bila Tutup Sementara, Ini Alasannya

Wabah Covid-19, Sektor Pariwisata Kota Makassar Anjlok

Nikmati Panorama Alam Samarinda di 5 Destinasi Berikut Ini!

Yuk Berburu Foto Cantik di 5 Destinasi Instagrammable Semarang Ini

5 Kelebihan Airy Syariah ini Cocok untuk Wisata Halal di Padang

4 Tempat Wisata Kuliner Halal di Yogyakarta

Seru-Seruan Bareng Keluarga di Malang? Nih, Rekomendasi Tempatnya

Keren, Inilah Pammase Dewata, Obyek Wisata Baru di Sidrap

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar