5 Makhluk Aneh Ini Konon Kabarnya Ada di Indonesia

Makhluk Aneh
Makhluk aneh, Edu Gogo, konon kabarnya ada di Indonesia. (foto: gadgette.com)

Terkini.id – Negara kita adalah negara yang kaya akan budaya. Mulai dari Sabang sampai Merauke, kamu akan menemukan cerita-cerita soal makhluk mitologi yang melegenda di tiap daerahnya.

Dengan lebih dari 17.000 pulau yang tersebar di Indonesia, masih ada ribuan di antaranya yang bahkan belum punya nama. Maka tak heran kalau beberapa orang percaya bahwa negara kita punya makhluk-makhluk aneh yang hingga sekarang belum dikenal.

Apa saja makhluk-makhluk aneh yang dipercaya ada di Indonesia? Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makhluk tersebut.

1. Nabau

Makhluk Aneh
Nabau. (foto: twicsy.com)

Berdasarkan legenda Suku Dayak Iban di Kalimantan, ada hewan mirip ular berukuran super besar yang hidup di dalam hutan. Nabu sering disebut punya lebar tubuh sebesar bedug masjid dengan panjang sekitar 30 meter.

Hewan ini katanya bukan makhluk biasa karena punya kekuatan supernatural. Kalau gak sengaja ketemu, berarti katanya kamu akan dilimpahi keberuntungan. Sisiknya bisa digunakan untuk ngedapetin kekuatan super kayak Hulk.

Bahkan di daerah Sarawak, Malaysia yang juga berada di Pulau Kalimantan, kamu bisa ketemu sama Batu Nabau. Hingga sekarang masih banyak orang yang datang ke Batu Nabau untuk minta kemakmuran dan lain-lain.

2. Orang Bati

Makhluk Aneh
Orang Bati. (foto: cryptidz.wikia.com)

Kamu yang tinggal di pulau Seram pasti familiar dengan makhluk mitologi yang satu ini. Orang Bati dikatakan memiliki bentuk tubuh seperti kera, namun bersayap seperti kelelawar.

Makhluk ini juga digambarkan memiliki tinggi 1,6 meter dengan warna tubuh merah menyala.

Menurut penuturan masyarakat pulau Seram, Orang Bati tinggal di wilayah Gunung Kairatu. Ia hanya keluar pada malam hari guna mencari anak kecil untuk makanannya.

3. Orang Gadang

Makhluk Aneh
Orang gadang. (foto: pinterest.com)

Orang Gadang adalah makhluk mitos yang berasal dari Sumatra. Dengan tinggi hingga 12 meteran, makhluk ini sering disebut juga sebagai Bigfoot atau Yeti-nya Indonesia.

Dari ratusan tahun yang lalu sudah banyak laporan dari orang-orang yang ketemu sama Orang Gadang. Walaupun serem bentuknya, ternyata makhluk ini berhati baik. Makannya tumbuh-tumbuhan dan malu kalau ketemu manusia. Konon, dia lebih sering keluar sarang di malam hari.

4. Leak

Makhluk Aneh
Leak. (foto: balimediainfo.com)

Bagi masyarakat Bali, nama Leak pasti sudah akrab di telinga. Makhluk mitologi yang satu ini kerap muncul dalam kisah-kisah di masyarakat Bali dan digambarkan sebagai penguasa roh-roh jahat.

Menurut masyarakat Bali, Leak adalah seorang manusia yang mempraktekkan ilmu hitam. Di saat matahari masih nampak, ia hanya seorang manusia biasa. Namun ketika malam telah tiba, kepala dan isi tubuhnya memisahkan diri dari tubuhnya guna mencari bayi untuk dimangsa.

5. Ebu Gogo

Makhluk Aneh
Ebu Gogo. (foto: historiadelatierra.es)

Di Flores ada makhluk menyerupai manusia purba yang disebut-sebut masyarakat setempat mirip peri. Tingginya gak lebih dari 1 meter dan seluruh tubuhnya tertutup bulu, mirip sama Orang Gadang. Mulutnya besar, hidungnya lebar, telinganya sedikit menjulur, dan jalannya kikuk kayak kucing abis melahirkan.

Sekitar abad ke-17 ketika orang-orang Portugis dateng ke Flores, Ebu Gogo katanya masih banyak berkeliaran di mana-mana. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berkembangnya perdesaan, makhluk ini perlahan-lahan punah.

Berita Terkait
Komentar
Terkini