5 mobil dengan harga jual kembali paling buruk

Terkini.id, Makassar – Bisnis jual beli mobil selalu tidak lepas dari faktor-faktor harga, khususnya bagaimana nilai atau harga mobil tersebut setelah bertahun-tahun digunakan.

Umumnya, pembeli mobil baru yang tidak mau memiliki mobil tersebut hingga uzur, selalu melihat tingkat penyusutan harga tersebut.

Nah, pada akhir 2017 silam, OLX Otojurnal Award 2017 baru saja merilis mobil dengan harga jual kembali yang terbaik. Honda Jazz terpilih sebagai pemenang lantaran harga jual kembalinya tidak jauh berbeda dengan harga baru.

Nah, dihimpun dari berbagai sumber, terkini.id mencatat beberapa mobil dengan penyusutan harga yang cukup tinggi:

1. Nissan Maxima

Dikutip dari Forbes.com, Nissan Maxima tercatat rata-rata mengalami penurunan harga hingga -34,0 pesen cuma dalam jangka setahun sejak dibeli. Nissan Maxima bukan mobil dengan penjualan yang kuat. Tampilan yang lemah di sini kemungkinan diperburuk oleh diskon besar dan insentif yang diberikan.

2. Datsun Go+

Dilansir dari Detik, Divisi Penelitian dan Pengembangan Carmudi menyebutkan, mobil low cost green car atau mobil murah ramah lingkungan  dengan kategori MPV kursi tiga baris ini harga jualnya paling anjlok. Angka penurunan harga mobil yang diproduksi oleh Datsun ini berkisar 17 hingga 26 persen dari harga barunya.

Baca :Tampilkan All New Honda CR-V di GIIAS Makassar Auto Show 2017, Honda semakin berkelas

Datsun Go+ merupakan mobil dengan harga berkisar Rp 104 juta. Kapasitas mesinnya adalah 1.198 cc.

3. Mitsubishi Mirage

Sebelumnya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), merilis, penjualan city car buatan Mitsubishi ini mengalami penurunan. Dilansir dari detik.com, cuma 142 unit yang terjual di bulan itu.

Dilansir dari DuitPintar, tercatat tidak sedikit orang yang menjual Mitsubishi Mirage GLX bekas buatan 2016 dengan harga berkisar Rp 113 juta hingga Rp 120 juta. harga baru mobil ini untuk tipe GLX mencapai Rp 173 juta.

Menariknya, pada awal 2018, Mirage menggelar “obral” Mirage GLX baru produksi tahun 2016 yang sudah didiskon hingga Rp 40 jutaan.

4. Nissan Juke

Mobil crossover dengan kapasitas mesin 1,5 liter ini juga mengalami penurunan harga jual kembali yang cukup tinggi pada tahun 2017. Menurut DuitPintar, sepanjang Januari hingga September 2017 Nissan Juke hanya terjual 171 unit.

Harga baru Nissan Juke per Januari 2018 mulai dari Rp 300 jutaan. Namun harga bekas untuk Nissan Juke produksi 2016 di showroom berkisar antara Rp 240 jutaan.

Baca :Dua produk truk terbaru Mercedes Benz sapa pengunjung GIIAS Makassar 2017

5. Nissan Grand Livina

Pada bulan November 2017 lalu, Carmudi melaporkan bahwa mobil bekas, khususnya dari Nissan dibanderol murah di pasaran. Disebutkan pula, Nissan Grand Livina 1.5L SV M/T buatan 2016 dijual di harga Rp 128 jutaan. Padahal harga baru on the road-nya Rp 208 jutaan.