Ini 5 Pemain Belakang Tersubur Sepanjang Sejarah Liga Champions

Bek Tersubur
Bek Real Madrid, Ivan Helguera

Terkini.id – Dalm sebuah tim sepak bola, posisi yang sangat vital dalam strategi pertahanan yakni posisi pemain bertahan atau lebih dikenal dengan istilah bek.

Tugas utama seorang bek tentunya menjaga daerah pertahanan dari serangan lawan. Mereka berperan besar dalam membantu kiper agar gawangnya tidak kebobolan.

Akan tetapi, pemain belakang juga terkadang ikut mencetak gol dalam pertandingan. Beberapa pemain belakang bahkan bisa dibilang ada yang cukup rajin mencetak gol.

Dalam ajang Liga Champions sering kita lihat bek yang ikut mencetak gol penting untuk timnya. Bahkan salah satunya bisa melakukannya di partai final.

Nah dilansir dari sportskeeda, berikut ini lima bek yang menjadi top scorer sepanjang sejarah Liga Champions.

1. Roberto Carlos (16 gol)

Roberto Carlos sangat terkenal karena permainan menyerangnya. Bek asal Brasil itu menjadi inspirasi bagi pemain seperti Dani Alves dan ia membuat lebih dari 100 penampilan di Liga Champions untuk Real Madrid.

Tembakan jarak jauh dan tendangan bebasnya yang luar biasa membantunya menjadi pemain belakang paling subur di Liga Champions dengan 16 gol. Rekor Carlos tersebut sampai sejauh ini sudah bertahan selama lebih dari 10 tahun.

2. Ivan Helguera (15 gol)

Helguera pensiun dari sepakbola pada 2008 di usia 33 tahun. Sebelum pensiun, pemain Spanyol itu menikmati kesuksesan selama 10 tahun di Real Madrid sebelum mengakhiri karirnya di Valencia.

Catatan gol Helguera di kompetisi elit Eropa sangat mengesankan meski ia bermain di daerah pertahanan. Secara keseluruhan, Helguera mencetak 15 gol di Liga Champions.

Bek Tersubur
Roberto Carlos

3. Gerard Pique (12 gol)

Pique punya catatan gol yang lebih baik ketimbang rekan senegaranya Sergio Ramos. Pique dikenal tidak hanya karena kemampuan bertahannya, tetapi dia juga bisa mencetak gol dari open play.

Pique masih punya kesempatan untuk menambah koleksi golnya dan ia bisa menjadi bek yang paling rajin mencetak gol dalam sejarah Liga Champions. Baru berusia 31 tahun, Pique bisa bermain di kompetisi tersebut selama beberapa tahun lagi.

4. Dani Alves (12 gol)

Dani Alves adalah seorang bek kanan tetapi sering ikut membantu serangan. Pemain berusia 35 tahun itu sedang mendekati akhir karirnya, tetapi masih menjadi ancaman yang nyata di kotak penalti lawan.

Pemain asal Brasil itu mencetak dua gol di kompetisi Liga Champions musim lalu. Dia tentu ingin menambah koleksi golnya pada tahun ini karena PSG masih penasaran dengan Si Kuping Besar.

Bek Tersubur
Gerard Pique

5. Sergio Ramos (11 gol)

Sergio Ramos rata-rata mencetak satu gol dari setiap 10 pertandingan. Ramos bahkan mencetak gol penyeimbang di menit akhir pada final 2014 melawan rival sekota Atletico Madrid. Itu adalah gol yang sangat penting karena Real Madrid bisa memenangkan pertandingan di babak extra time.

Ramos sekarang punya banyak kesempatan untuk menambah koleksi golnya karena dia mengambil tanggung jawab sebagai eksekutor penalti dan Madrid selalu melangkah jauh di kompetisi setiap tahunnya.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Sadio Mane Rajin Baca Alquran untuk Almarhum Ayahnya

UEFA Beberkan Skenario Liverpool Juara Liga Inggris

Corona di Italia: Paolo Maldini dan Dybala Juventus Positif Terinfeksi

Pelatih Bola Termuda Spanyol Meninggal di Usia 21 Tahun karena Corona

Penyerang Chelsea Hudson-Odoi Positif Corona, Seluruh Pemain Utama Diisolasi

Banyak Pemain Dikarantina karena Corona, Liga Champions Disetop Sementara

Rugani Positif Corona, Ronaldo dan Semua Pemain Juventus Dikarantina

Demi Bebaskan Ronaldinho dari Penjara, Messi Sewa Pengacara dan Siap Bayar Rp 64,7 M

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar