5 penemuan yang dirahasiakan agar umat manusia tidak panik

Pipa Baigong di China

Terkini.id – Para ilmuwan memang terus bekerja dan bereksperimen mengungkap misteri tentang dunia ini, dan solusi atas berbagai masalah di bumi ini. Penemuan demi penemuan terungkap, bahkan ada yang rahasia.

Dihimpun dari berbagai sumber, Terkini.id mencatat beberapa penemuan di dunia ini yang tidak diungkap oleh para ilmuwan.

1. Mutasi Virus Flu

Tidak diragukan lagi, antibiotik dan vaksin yang diciptakan manusia, selama ini sudah banyak menyelamatkan jutaan jiwa di bumi ini.

Akan tetapi, salah satu persoalan yang tidak banyak dibicarakan adalah fakta bahwa beberapa mikroba khususnya virus influenza, selalu “lolos” dari vaksinasi dari tahun ke tahun, dan terus bermutasi!

Makanya, jangan memandang remeh virus influenza. Perlu dicatat, virus flu telah membunuh ratusan juta orang. Sejak pandemi Flu Spanyol 100 tahun silam.

Ilmuwan menemukan, virus flu yang menyebar, selalu dan terus melakukan mutasi genetika secara terus menerus. Jika mutasinya sudah berubah total, sistem kekebalan tubuh yang terbentuk sebelumnya, tidak mampu lagi mengenali strain virus baru tersebut. Ini yang disebut “antigenic drift”.

Karena itulah, vaksin anti influenza juga terus menerus diperbarui tiap tahun. Tahu kan, virus H1N1 yang melanda Spanyol pada tahun 1918 dan memicu pandemi yang menewaskan hingga 100 juta orang di seluruh dunia? Atau virus flu Hongkong H3N2 yang menyerang tahun 1968 hingga 1969 yang menewaskan satu juta orang di seluruh dunia. Atau flu burung, dst?

2. Kepunahan Massal

Mass Extinctions atau kepunahan massal, pernah terjadi di bumi. Namun jika Anda bertanya berapa kali makhluk hidup di bumi mengalami kepunahan massal? Sebagian besar mengatakan itu terjadi hanya sekali.

Tahu tidak? Menurut saintis, setidaknya ada 5 kepunahan massal yang sudah terjadi di planet kita. Lima kepunahan itu terjadi karena berbagai macam: iklim di bumi yang tidak stabil, zaman es, hingga perubahan cuaca yang cepat hingga makhluk hidup tidak bisa beradaptasi hingga punah.

Ilmuwan yakin, kita saat ini sedang menuju kepunahan massal keenam? Tanda-tandanya adalah polusi yang disebabkan manusia, es di kutub utara mencair, berkurangnya luas hutan, hingga gelombang panas yang menghantam Pakistan, dst.

3. Climate Change

Perubahan iklim, atau lebih detilnya pemanasan global, adalah nyata. Penyebabnya banyak. Manusia membakar bahan bakar fosil di mobil, pabrik-pabrik, dan banyak lagi, dan melepaskan karbon dioksida. Saat memasuki atmosfer, kemudian terperangkap dalam panas, dan panas yang ditambahkan itulah yang memanaskan permukaan planet.

Bagian yang gila adalah bahwa ini membutuhkan waktu ratusan tahun untuk proses itu terjadi. Jadi apa yang kita lihat -dalam hal pemanasan global secara harfiah hanyalah puncak gunung es, pun yang dimaksudkan.

Sementara beberapa ilmuwan percaya bahwa efek perubahan iklim yang disebabkan manusia dan terus kita rasakan, bisa menjadi semakin kecil, namun yang lain percaya ini menjadi bencana.

4. Pipa Baigong di China

Pipa Baigong yang diketahui berusia 150.000 tahun ditemukan di sebuah daerah tak berpenghuni di Cina, dengan tiga bukaan segitiga misterius di puncak gunung.

Selain pipa besi misterius, para peneliti juga mengklaim telah menemukan struktur aneh yang lebih mirip bentuk piramida tak jauh dari lokasi ditemukannya pipa besi tersebut di dekat tepi danau asin Toson.

Beberapa arkeolog yang pernah mengunjungi Gunung Baigong, berspekulasi bahwa pipa rahasia tersebut kemungkinan pipa untuk menyuplai air menuju ke piramida. Teori ini diperkuat oleh fakta ditemukannya beberapa pipa-pipa besi di dekat tepi danau Toson.

5. Tidak ada yang tahu apa yang ada dunia luar

Dilansir dari Kumparan, alam semesta ini begitu luas, besar, bahkan misterius. Segala sesuatu di bumi dan segala yang pernah kita amati: planet, bintang, galaksi, atau semua materi normal ternyata cuma mengisi kurang dari 5 persen massa alam semesta.

Ya, bintang, planet dan segala yang pernah kita pelajari itu massanya sangat kecil. Nah, jika semuanya kurang dari 5 persen, berarti sisanya 95 persen?

Nah, sisa alam semesta nampak terbuat dari zat misterius yang tak terlihat, yang disebut materi gelap, sebanyak 23 persen. Dan sebagian besarnya, sekitar 73 persen, adalah kekuatan yang menolak gravitasi, dikenal sebagai energi gelap.

Energi gelap ini jauh mendominasi tatanan alam semesta ini, dan belum ada satupun ilmuwan yang bisa menjelaskan ada apa di luar sana. Masih menjadi rahasia yang belum terungkap.

Berita Terkait
Komentar
Terkini