5 Temuan Hebat yang Berasal dari Indonesia, Bikin Gempar Dunia

Terkini.id – Siapa bilang negara kita tercinta Indonesia tidak memiliki penemuan atau inovasi yang hebat dan mendunia? Ternyata sumber daya manusia Indonesia tidak kalah unggul dengan negara lain bahkan sejak dahulu kala. Buktinya, ada penemuan asli Indonesia yang sudah mendunia.

Ilmuwan di Indonesia ternyata adalah orang-orang yang tak kalah hebat dibanding ilmuwan-ilmuwan negara lain. Ratusan penemuan di berbagai bidang lahir dari tangan-tangan jenius anak bangsa. Bahkan berbagai penemuan itu kini sudah digunakan banyak negara di dunia.

Apa saja temuan tersebut? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 5 temuan hebat yang berasal dari Indonesia dan bikin gempar dunia.

1. Celengan Babi

Celengan babi. (foto: pixabay.com)

Piggy bank atau celengan babi yang biasa kamu miliki di rumah untuk menabung, ternyata peninggalan asli Kerjaan Majapahit. Siapa sangka tempat sehari-hari kita menyimpan uang ternyata penemuan asli Indonesia.

Walaupun para ahli mengatakan bahwa celengan babi kemungkinan tersebar di beberapa beradaban lain, namun salah satu celengan babi tertua yang pernah ditemukan berasal dari Kerajaan Majapahit di Indonesia pada abad XIV.

2. Pondasi Cakar Ayam

Pondasi Cakar Ayam. (foto: dekoruma.com)

Pondasi cakar ayam ditemukan oleh Prof Sedyatmo saat menjabat di PLN. Kala itu Sedyatmo diminta untuk mendirikan 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa-rawa Ancol Jakarta.

Ternyata pondasi yang dibuatnya dapat mengurangi tekanan pada permukaan tanah hingga 75% dibanding pondasi biasa. Lalu pondasi cakar ayam ini digunakan di Bandara Soekarno-Hatta dan Juanda Surabaya, sehingga, landasan bandara mampu menahan beban hingga 2000 ton.

Teknologi pondasi yang telah dipatenkan ini telah digunakan di negara lain seperti Jerman, AS, Perancis, Inggris, Italia, Kanada dan Belanda.

3. Teknologi 4G LTE

4G LTE. (foto: smartfren.com)

Untuk penemuan yang satu ini diciptakan oleh Khoirul Anwar, seorang dosen pengajar ITB. Ia memiliki hak paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Hak paten ini yang kemudian menjadi salah satu komponen teknologi 4G yang kamu rasakan sekarang.

Sempat ada polemik apakah Khoirul Anwar adalah penemu 4G atau bukan. Namun Khoirul sudah memberikan penjelasannya bahwa yang ia temukan dan miliki hak patennya adalah salah satu komponenen pembentuk jaringan 4G LTE. Sedangkan 4G sendiri terdiri banyak komponen dan instrumen untuk membentuknya.

4. Sepeda Polygon

Sepeda Polygon. (foto: rodalink.com)

Sepeda merek Polygon yang mungkin kamu miliki di rumah ternyata merupakan penemuan asli dari Indonesia. Polygon sudah mulai memasarkan produknya sejak tahun 1997 di Asia Tenggara. Ciri khas sepeda polygon tentu saja rangkanya yang terbuat dari baja dan alumunium.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun mengelola industri sepeda di dunia, Polygon kini sudah membuka cabangnya di seluruh belahan dunia termasuk Australia, Eropa dan Amerika. Siapa sangka ternyata perusahaan sebesar Polygon berasal dari Indonesia.

5. Kopi Luwak

Kopi Luwak. (foto: videoblocks.com)

Kopi Luwak atau dalam istilah bahasa Inggris dikenal dengan nama “Cat Poop Coffe atau Civet Cat Coffe” sudah diakui sebagai salah satu jenis kopi termahal yang pernah diproduksi. Satu cangkir Kopi Luwak asli bisa dihargai 500 ribu-1,5 juta rupiah.

Kopi Luwak mejadi sangat terkenal dan mahal karena prosesnya yang tidak biasa, yaitu biji kopi yang diambil dari sisa pembuangan hewan Luwak. Keterbatasan biji Kopi Luwak tentu membuat harganya melambung namun tetap dicari oleh pecinta kopi.

Bagikan