6 Fakta Soal Rika, Teller BRI yang Tilep Dana Nasabah Rp2,3 M

Terkini.id, Makassar – Dirkrimsus Polda Sulsel telah mengamankan seorang Teller dari Bank BRI, bernama Rika Dwi Merdekawati.

Perempuan tersebut diduga telah menilap uang puluhan nasabah Bank BRI di Makassar. Tidak tanggung-tanggung, nilai uang yang digelapkan tersebut mencapai Rp 2,3 miliar.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani mengungkapkan, Rika menilep sejumlah uang yang disetorkan oleh nasabah BRI.

“Pada saat nasabah menyetorkan tabungan Rika menerima uang tersebut kemudian Rika membuat slip dari pada laporan sesuai, namun Rika laporkan ke Bank itu tidak sesuai,” kata Dicky kepada wartawan di Polda Sulsel, Rabu 30 Januari 2019.

Menurut dia, kejahatan Rika sendiri diketahui oleh pihak Bank BRI, lalu dilaporkan ke Polda Sulsel.

Dicky pun mengimbau agar bank-bank lain yang juga menemukan kejahatan serupa agar dilaporkan ke kepolisian.

1. Beraksi Selama April-Desember 2018

Kepolisian mencatat, aksi Rika menggelapkan dana nasabah tersebut dimulai sejak bulan April 2018 hingga Desember 2018..

Rika Dwi Merdekawati yang telah ditetapkan menjadi tersangka, saat itu mengisi posisi sebagai teller di Kantor BRI Unit Toddopuli Makassar.

2. Modus Operandi

Rika menerima dana nasabah yang menyetorkan uangnya.

Lalu, uang tersebut tidak semuanya disetorkan ke sistem BRI.

Ketika nasabah menarik uangnya, maka Rika Dwi Merdeka Wati menarik uang melebihi jumlah penarikan nasabah.

Jumlah nasabah yang ditarik dananya oleh Rika sebanyak 47 org. Nilainya sebesar Rp 2,3 Miliar.

3. Palsukan Tandatangan Nasabah

Untuk menarik dana nasabah secara tunai, Rka menggunakan slip penarikan dengan memalsukan tanda tangan nasabah, kemudian diinput ke dalam BRINET BRI.

Sehingga, seolah olah ada penarikan tunai yang dilakukan oleh Nasabah BRI.

Rika juga mengambil sebagian atau seluruh dana yang disetorkan atau ditarik tunai oleh Nasabah melalui dirinya pada saat sebagai teller.

4. Pakai Microsoft Excel Palsukan Buku Rekening

Buku Rekening nasabah yang diberikan kepada Rika, tidak dicetak melalui sistem BRINET, tetapi dicetak menggunakan aplikasi microsoft excel, sehingga nasabah tidak mengetahui setoran atau saldo yang ditarik telah diambil.

5. Ditangkap di Hotel

Rika disergap oleh pihak kepolisian, saat sedang berada di sebuah hotel di Jalan Tanjung Bunga, pada Sabtu 26 Januari 2019.

6. Terancam 15 Tahun Penjara

Kepolisian menjerat pelaku dengan Pasal 49 (1) huruf (a) dan (b) UU RI No 7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana telah diubah UU RI No 10 Tahun 1998.

Dengan pasarl tersebut, Rika mendapat ancaman pidana 5 hingga 15 tahun. Akibat perbuatan tersangka, Bank BRI mengalami kerugian sebesar Rp 2,3 Miliar.

Komentar
Terkini
Ekobis

Intip Bahagianya Pasangan Ini Menikah di MYKO

Terkini.id, Makassar - Salah satu bagian penting dalam mempersiapkan pesta pernikahan calon pengantin adalah menentukan di mana akan melangsungkan hari bahagianya. Sebab pernikahan masih
Ekobis

Pesta Demokrasi 2019, Four Points Hujan Promo

Terkini.id,Makassar - Merayakan pesta demokrasi, banyak operator hotel memberikan promo menginap dan bersantap. Salah satunya adalah Four Points by Sheraton jalan Andi Djemma Makassar. Hotel