6 Kali Raih Penghargaan Kuliner Favorit, Ini Rahasia Otak-otak Yenny Gosal

Uaha Otak-otak Yenny Gosal di Jalan Ince Nurdin Nomor 1, Kota Makassar
Uaha Otak-otak Yenny Gosal di Jalan Ince Nurdin Nomor 1, Kota Makassar / Kamsah

Terkini.id, Makassar – Berkunjung ke Kota Makassar tidak lengkap rasanya bila tidak mampir merasakan nikmatnya sajian kuliner khas Makassar. Menjadikan kuliner khas Makassar, buah tangan untuk keluarga atau teman.

Salah-salah satu pusat kuliner yang melegenda dan terekomendasi adalah usaha Otak-otak Yenny Gosal. Berlokasi di Jalan Ince Nurdin Nomor 1, Kota Makassar.

“Yenny Gosal berasal dari nama ibu selaku pemilik. Nama ibu sebagai brand,” kata Alexander Pinontoan saat ditemui Terkini.id, 12 November 2019.

Otak-otak Yenny Gosal berdiri sejak tahun 1997. Merupakan usaha kuliner pertama di Makassar yang menjual otak-otak. Alexander mengaku, konsistensi soal rasa dan mutu dari dulu sampai sekarang tetap dipertahankan.

Menggunakan bahan baku ikan tenggiri. Dipadukan dengan resep bumbu tradisional otak-otak keluarga Yenny Gosal.

Saking enaknya, Otak-otak Yenny Gosal sudah menjadi salah satu oleh-oleh wajib sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Makassar. Otak-otak Yenny Gosal terus mempertahankan keaslian produk. Kemasannya pun masih menggunakan daun pisang. Agar rasanya tetap terjaga.

“Sebenarnya bisa menggunakan plastik tapi kualitas dan rasanya pasti berubah,” papar Alexander.

Otak-Otak Yenny Gosal menggunakan bahan serba alami. Tanpa bahan pengawet. Berdasarkan penelitian, kata dia, Otak-otak Yenny Gosal bisa bertahan selama 2 bulan dan tak mengalami perubahan rasa dan fisik. Ketika disimpan dalam lemari pendingin.

“Jadi sebagai penjual kuliner kita pikir juga dari sisi kesehatannya,” ungkap Alexander.

Tahun ini, Otak-otak Yenny Gosal kembali masuk nominasi sebagai salah satu kuliner favorit pilihan warga versi Makassar Most Favourite Culinary Award 2019.

“Kita berterimakasih kepada tim Makassar Research bisa dipilih sebagai kuliner favorit pada kategori otak-otak,” ungkapnya.

Sebelumnya, Otak-Otak Yenny Gosal sudah 5 kali memperoleh penghargaan di bidang kuliner dari Makassar Terkini (Terkini.id).

Sekarang zamannya orang pesan makanan lewat transportasi online (Gofood dan Grabfood) dan pembayaran digital (OVO) dan GoPay. Otak-otak Yenny Gosal pun mengikuti perubahan ini.

“Namun tetap mempertahankan resep dan kualitas rasa,” katanya.

Alexander mengaku, pembeli Otak-otak Yenny Gosal kebanyakan pendatang yang hendak balik dan orang Makassar yang hendak bepergian ke luar kota.

Usaha Otak-otak Yenny Gosal di Jalan Ince Nurdin Nomor 1, Kota Makassar
Usaha Otak-otak Yenny Gosal di Jalan Ince Nurdin Nomor 1, Kota Makassar

Adapun harga Otak-otak Yenny Gosal Rp 6 ribu per biji. Sebagai makanan kuliner tradisional, Alexander berharap kuliner otak-otak di Makassar tidak memudar dan tetap mempertahankan eksistensinya di bidang kuliner.

Sebelumnya, Otak-otak Yenny Gosal juga telah mendapat penghargaan dari Badan POM berupa piagam bintang keamanan pangan. Karena telah menerapkan prinsip keamanan pangan meliputi higiene karyawan, penanganan dan penyimpanan pangan, pengendalian hama, sanitasi tempat dan peralatan.

Komentar

Rekomendasi

ON20 Hall & Dine, Terobosan Baru dari Aston Makassar Hotel dan Convention

Makan Siang Apa Hari Ini? Ssst, RM Bandar Makassar Sedang Ada Diskon Lho

Lagi Diskon, Bandar Makassar Ajak Makan Sambil ‘Berlayar’

Doyan Kuliner Hot Plate? Buruan ke The Fig Tree Restaurant MYKO

Ayam Gedebuk Buka Cabang di Makassar, Ini Lokasinya

Ayam Goreng Veteran, Menu Legendaris Waroenk Seafood Kupang

Awal Tahun, Best Western Plus Makassar Beach Promo Pizza dan Burger

Mie Titi Kuliner Khas Makassar yang Digemari Seluruh Kalangan

Awali 2020, Restoran Ini Tawarkan ‘Makan Berempat Bayar Bertiga’

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar