6 Manfaat Tersenyum Untuk Kesehatan, Yuk Tebar Senyuman

Ilustrasi tersenyum

Terkini.id, – Tersenyum adalah suatu tindakan yang paling mudah, sederhana, murah dan paling menyenangkan didunia. Walaupun tindakan ini sering kali kita lupa dalam kehidupan sehari-hari karena kita merasa sudah terlalu letih oleh pekerjaan yang menumpuk, membayar tagihan-tagihan atau kasir toko yang menyebalkan ketika berbelanja.

Mulai saat ini kita harus membiasakan diri untuk tersenyum. Setelah anda melakukan cara ini perhatikan baik-baik apa yang baru saja anda rasakan setelah tersenyum.

Tersenyum ternyata sangat ampuh bagi kesehatan tubuh kita, bahkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli kardiolog seperti Loma Linda, mengatakan dengan tersenyum kita dapat meningkatkan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi di jaringan otot yang dapat membantu perjalanan-perjalanan nutrisi-nutrisi dan oksigen ke dalam jaringan tubuh.

Di samping itu, penyakit seseorang dapat terwujud apabila mengikuti aturan senyum yang baik, yakni dengan menarik bibir kanan dan kiri 2 cm ke atas lalu tahan selama 8 detik. Apabila cara ini dilakukan secara beraturan, sebahagian jenis penyakit dapat berkurang dengan cara terapi ini.

Baca :Ini alasan tersenyum bisa membuat bahagia

1. Menghilangkan Stres

Pekerjaan yang menumpuk dengan waktu yang terbatas, tentu sangat membuat anda stres. Belum lagi jika ada masalah pribadi. Jika mengalami hal demikian cobalah untuk meluangkan waktunya selama delapan detik.

Rilekskan diri, praktekkanlah senyum dengan baik. Yakni melupakan sejenak masalah yang membuat anda stres dan kenanglah masa-masa yang menyenangkan hati anda.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi anda yang mengalami gejala bertekanan darah tinggi, tersenyumlah dan nikmati setiap detik demi detiknya. Namun, jika anda masih kurang yakin dengan cara ini, dapat mencoba lagi mengamati hasil tekanan darah anda sebelum dan sesudah tersenyum.

3. Membuat Awet Muda

Coba perhatikan saat kita tersenyum, ternyata tubuh kita sedang mengaktifkan kembali sel-sel yang pasif. Orang yang lebih banyak meluangkan waktu untuk tersenyum mempunyai aura yang positif dan nampak lebih energi, sehingga dengan begitu, anda dapat terlihat lebih muda.

4. Meningkatkan Imunitas 

Sistem imun akan bekerja dengan maksimal, saat keadaan seseorang lebih rileks. Senyumlah yang dapat membuat sistem imun itu bekerja lebih baik. Flu dan batuk pun bisa hilang dengan terapi senyum.

Baca :Jangan Malas Senyum, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Melepaskan Endorphin, Pemati Rasa Alamiah dan Serotonin

Bagi anda yang ingin mempunyai hormon endorphin, pemati rasa alamiah dan serotonin sebagai hormon yang dapat mengendalikan rasa sakit. Maka senyumlah yang dapat menghasilkan hormon tersebut.

6. Membuat Pikiran Positive Thinking 

Senyum adalah milik orang yang memiliki aura positif, sehingga saat anda tersenyum semua yang positif akan nampak. Dari situlah anda mendapatkan banyak ide cemerlang dan berbagai hal positif yang pasti akan membuat hidup jauh lebih baik.

Senyum itu menular jika Anda lakukan, maka orang lain akan melakukan dan membalas senyuman Anda. Bayangkan jika semua orang selalu murah senyum, hidup pasti jauh lebih indah, harmonis dan penuh kedamaian.

Berita Terkait