6 Pemain Muslim yang Tampil Gemilang di Eropa Sepanjang Musim Ini

pemain muslim
6 Pemain Muslim yang Tampil Gemilang di Eropa Sepanjang Musim Ini. (foto/Daily Mail)

Terkini.id – Sepanjang musim 2017/2018, para pemain Liga Top Eropa bersaing membuktikan diri sebagai pemain yang paling berperan penting untuk tim mereka.

Kegemilangan beberapa pemain membuat sorotan kini tidak hanya tertuju kepada Ronaldo dan Messi saja yang selalu mendominasi beberapa musim sebelumnya.

Tidak terkecuali dengan beberapa pemain muslim yang berhasil mencuri perhatian publik sepanjang musim ini, termasuk salah satunya Zinedine Zidane yang berhasil mengantarkan Real Madrid meraih trofi Liga Champions yang ketiga secara beruntun.

Jika melihat statistik dan penampilan beberapa pemain muslim yang berlaga di Eropa, terkini.id merangkum beberapa pemain muslim yang mampu mencuri perhatian publik karena penampilan gemilangnya sepanjang musim ini.

1. Edin Dzeko

pemain muslim
Edin Dzeko. (foto/metro)

Dzeko merupakan keturunan muslim asli yang berkebangsaan Bosnia-Herzegovina, jarang terekspos, namun Dzeko termasuk muslim yang taat dikalangan pesepakbola Eropa utamanya AS Roma.

Musim ini Dzeko mencuri perhatian publik setelah mampu tampil cemerlang bersama AS Roma di sepanjang musim 2017/2018.

Penyerang berusia 32 tahun ini tampil sebanyak 36 kali bersama Serigala Ibu Kota di Serie A dan berhasil mencetak 16 gol serta 2 assist. Yang lebih gemilang lagi Ia mencetak 8 gol dan 5 assit untuk Roma pada turnamen Liga Champions, termasuk 2 gol yang dicetaknya ke gawang Barcelona pada laga perempat final.

Paling berkesan tentu kala mencetak gol pembuka pada leg kedua yang merupakan awal comeback manis Roma untuk menyingkirkan Barcelona.

2. Sadio Mane

pemain muslim
Sadio Mane. (foto/the anfield wrap)

Pemain muslim berkebangsaan Senegal ini tentu tidak akan dilupakan publik Anfield, Mane menjadi satu-satunya pemain Liverpool yang mencetak gol ke gawang El Real pada laga final Liga Champions lalu yang sekaligus menggenapkan torehan 10 golnya di turnamen ini.

Sane juga begitu produktif di Liga Inggris bersama Liverpool dengan torehan 10 gol dan 7 assist dari 29 penampilannya musim ini.

3. Karim Benzema

pemain muslim
Karim Benzema. (foto/Independent)

Pemain muslim berkebangsaan Prancis ini mungkin tenggelam di antara dua tandemnya di Real Madrid, Ronaldo dan Bale. produktivitasnya juga beberapa musim terakhir sebagai ujung tombak El Real mengalami penurunan.

Hal ini membuat banyak pihak memberikan kritik pedas terhadapnya. Meski begitu sang pelatih, Zinedine Zidane tetap memberinya kepercayaan.

Namanyapun mencuat setelah berhasil mencetak 2 gol menghadapi Bayern Munchen pada laga semifinal Liga Champions dan mengantarkan Real Madrid melaju ke babak final.

Hal yang tentu tidak akan dilupakan publik Santiago Bernabeu adalah ketika Benzema berhasil mencetak gol pembuka kemenangan Real Madrid menghadapi Liverpool pada partai final Liga Champions.

4. Mohamed Salah

pemain muslim
Mohamed Salah. (foto/diopercom)

Kini, pemain muslim satu ini mungkin tidak ada yang tidak mengenalnya. Salah kini dianggap sebagai pesepakbola sejuta umat.

Salah menjadi pemain kunci Liverpool di Liga Primer Inggris, berkat penampilan impresifnya dengan mencetak 32 gol untuk the Reds sepanjang musim dan mengantarkan timnya mampu finis di posisi 4 klasemen akhir Liga Inggris. Torehannya tersebut juga mengantarkan Salah meraih penghargaan Golden Boot mengalahkan Harry Kane.

Catatan paling mengesankan pemain muslim satu ini tentu adalah kontribusi besarnya mengantarkan Liverpool hingga ke Laga Final Liga Champions dengan torehan 10 golnya di sepanjang turnamen.

Nama Salah semakin mencuat setelah Ia tidak mampu melanjutkan pertandingan pada partai final tersebut lantaran mengalami cedera bahu akibat berjibaku dengan bek Real Madrid, Sergio Ramos.

5. Alireza Jahanbakhsh

pemain muslim
Alireza Jahanbakhsh. (foto/Tehran Times)

Mungkin tidak banyak orang yang mendengar nama pemain satu ini lantaran tenggelam di antara kegemilangan pemain-pemain di atas. Alireza adalah penyerang muda berkebangsaan Iran yang memperkuat klub AZ Alkmar di Eredivisi Belanda.

Sepanjang musim pemain berusia 24 tahun ini tampil gemilang dan konsisten, Ia mampu mencetak 21 gol dan 12 assist dari 33 laganya bersama AZ Alkmar.

Produktivitasnya tersebut mengantarkan Alireza menjadi top skor kasta teratas Liga Belanda tersebut dan membawa AZ Alkmar finis di posisi 4 klasemen akhir Liga Belanda musim ini.

Sayangnya klub yang dibelanya tidak masuk dalam turnamen Liga Champions sehingga namanya tidak begitu mencuat. Namun beberapa media besar justru telah mengangkat prestasi yang ditorehkannya sebagai seorang muslim asal benua Asia.

6. Riyad Mahrez

pemain muslim
Riyad Mahrez. (foto/Daily Mail)

Pemain muslim berkebangsaan Aljazair ini telah lama menjadi incaran klub-klub besar Eropa setelah mampu tampil gemilang kala mengantarkan Leicester City menjadi Juara Liga Primer Inggris di musim 2015/2016.

Meski setelah musim gemilang tersebut Leicester mengalami penurunan performa, namun Mahrez mampu konsisten dengan penampilannya.

Pemain berusia 26 tahun ini memiliki kecepatan dan skill mumpuni hingga akurasi sepakan yang begitu tinggi. Musim ini, Mahrez mencetak 12 gol dan 11 assist dari 36 penampilannya bersama Leicester di Liga Inggris. Mahrez kini dirumorkan semakin dekat untuk mengenakan jersey Manchester City di musim depan.

Komentar

Rekomendasi

UEFA Beberkan Skenario Liverpool Juara Liga Inggris

Corona di Italia: Paolo Maldini dan Dybala Juventus Positif Terinfeksi

Pelatih Bola Termuda Spanyol Meninggal di Usia 21 Tahun karena Corona

Penyerang Chelsea Hudson-Odoi Positif Corona, Seluruh Pemain Utama Diisolasi

Banyak Pemain Dikarantina karena Corona, Liga Champions Disetop Sementara

Rugani Positif Corona, Ronaldo dan Semua Pemain Juventus Dikarantina

Demi Bebaskan Ronaldinho dari Penjara, Messi Sewa Pengacara dan Siap Bayar Rp 64,7 M

Kalah 2-0 oleh Chelsea, Liverpool Kubur Mimpi Raih Treble Winner

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar