Masuk

7 Cara Alami Mengangkat dan Menghilangkan Sel Kulit Mati dari Wajah

Komentar

Terkini.id, – Merawat wajah agar senantiasa bersih dan segar dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satu tahapan perawatan wajah adalah eksfoliasi (mengangkat sel kulit mati).

Kulit mati yang menempel dapat membuat kulit terlihat kusam, kasar dan lelah. Bahkan pori-pori bisa tersumbat membuat wajah mudah berjerawat dan menimbulkan komedo.

Jika dilakukan eksfoliasi akan membuat sel kulit wajah terlihat sehat dan bersinar dan tidak kusam.

Pengangkatan kulit mati bisa dilakukan sendiri tanpa harus membayar mahal ke salon kecantikan.

Berikut 7 cara alami yang dapat dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati

1. Baking Soda atau Soda Kue

Bahan ini sangatlah murah dan selalu ada di hampir semua dapur di setiap rumah karena sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat kue.

Manfaatnya baik buat merawat kulit wajah termasuk untuk eksfoliasi.

Bagi mereka yang berkulit sensitif lakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi bagi kulit.

Eksoliasi menggunakan baking soda sangat mudah, cara buatnya campurkan satu sendok makan baking soda dan tambahkan beberapa tetes air sehingga membentuk gel cair, oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar.

Tunggu 10-15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan.

Lakukan dengan rutin dua kali dalam seminggu atau sesuai kebutuhan.

2. Lemon

Lemon sangat baik untuk merawat wajah, kandungan asam alfa hidroksi membantu menghilangkan protein yang menyebabkan kulit mati menempel di wajah sehingga merupakan bahan alami untuk eksfoliasi.

Caranya : campurkan setengah lemon segar dengan setengah cangkir gula pasir. Tambahkan masing-masing satu sendok teh minyak zaitun dan madu organik. Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah sambal dipijat melingkar. Tunggu selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan.

Lakukan secara rutin dua kali seminggu atau sesuai kebutuhan.

3. Gula Putih

Gula termasuk bahan alami yang dapat digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Butiran-butirannya yang halus dan kasar akan membantu memecah sel kulit mati dan mengurangi garis- garis halus pada wajah.

Caranya : ambil setengah cangkir gula dan campurkan dengan minyak zaitun, lalu oleskan campuran tersebut ke kulit wajah sambil dipijat lembut dengan gerakan melingkar. Tunggu selama 10-15 menit lalu bilas dengan air dingin dan keringkan.

Lakukan dengan rutin dua kali dalam seminggu.

4. Yogurt

Yogurt mengandung asam alfa hidroksil yang sangat baik bagi kulit untuk mengatasi sel kulit mati. Fungsinya akan melembabkan kulit saat terkelupas sehingga cocok digunakan untuk mereka yang memiliki kulit kering.

Caranya : campurkan masing-masing satu sendok teh yoghurt, oatmeal dan madu. Lalu oleskan campuran tersebut pada wajah dengan gerakan melingkar. Tunggu selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dan keringkan.

Lakukan secara rutin 2 kali seminggu atau sesuai kebutuhan.

5. Garam Laut

Garam laut adalah bahan alami untuk eksfoliasi, hanya perlu hati-hati bagi mereka yang memiliki kulit sensitif karena butirannya yang kasar dan besar. Garam laut yang baik digunakan adalah garam Himalaya.

Caranya : campurkan satu cangkir garam Himalaya yang ditumbuk halus dengan satu sendok the minyak kelapa dan dua sendok teh minyak almond.

Tunggu selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan. Lakukan ini secara rutin 2 kali seminggu atau sesuai kebutuhan.

6. Madu

Madu adalah bahan eksfoliasi yang baik untuk kulit sekaligus bahan alami yang baik untuk perawatan kulit wajah. Madu mengandung bahan antibakteri, antivirus, anti septik dan anti jamur untuk membantu mengurangi infeksi dan kemerahan pada kulit juga membantu melawan jerawat.

Madu juga bermanfaat  menjaga kelembapan kulit saat pengelupasan sel kulit mati.

Caranya : campur satu sendok teh madu mentah dan setengah sendok teh soda kue. Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah dan pijat dengan gerakan melingkar. Tunggu 10-15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan.

Lakukan cara tersebut secara rutin 2 kali seminggu.

7. Kopi

Kopi selain dibuat minuman, bubuk kopi juga baik digunakan untuk bahan eksfloasi karena sifatnya yang tidak larut dalam air.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat dalam kopi membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Di dalam kopi mengandung asam caffeic, antioksidan yang dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini. Kopi juga memiliki sifat antimikroba yang membantu melindungi kulit dari kuman.

Caranya : campur seperempat cangkir bubuk kopi segar dengan seperempat cangkir gula merah dan sari lemon secukupnya. Gosokkan campuran tersebut ke kulit wajah yang telah dibersihkan.

Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin beberapa kali dalam seminggu.