7 Cara Praktis Atasi Komedo Membandel di Wajah

Wajah berkomedo bisa dihilangkan secara alami.

Terkini.id,– Komedo yang timbul di atas permukaan kulit selain menutupi pori-pori juga membuat kulit menjadi kasar dan berminyak. Komedo membandel ini sering membuat banyak orang kesal terutama para wanita. Selain mengganggu penampilan komedo cukup sulit dibasmi karena selalu hadir kembali.

Sering karena gemas, ingin dipencet sehabis-habisnya, tetapi cara ini bukan menjadi jalan terbaik karena bisa membuat pori-pori malah tambah membesar.

Ada cara yang bisa membantu untuk menghilangkan komedi dengan lebih mudah dan alami

1. Rajin Mencuci Wajah Dua Kali Sehari

Mencuci wajah atau membersihkan wajah sesaat sebelum tidur harus rutin dilakukan untuk mempertahankan wajah tetap awet muda

Mulailah rajin membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Cara ini mencegah kotoran-kotoran menempel lebih lama di muka dan mencegah minyak dan debu menumpuk di pori-pori wajah.

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Demikian untuk menjelang tidur di malam hari, pastikan wajah dibersihkan sebelum tidur.

Menarik untuk Anda:

2. Lakukan Eksfoliasi Dua Kali dalam Seminggu
Eksfoliasi kulit membantu mengangkat dan mengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Rutin melakukan eksfoliasi dua kali seminggu akan membantu mencegah komedi hadir kembali di wajah.

Cobalah untuk membiasakan eksfoliasi kulit atau mengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dengan scrub, tetapi jika wajahmu sensitif dan berjerawat sebaiknya jangan lakukan karena akan memperparah kondisi kulitmu.

3. Bersihkan dengan Garam Laut (Sea Salt)
Garam laut mengandung zat anti bakteri yang dapat mengatasi komedi hitam pada wajah.
Ambil garam laut dan campur dengan beberapa tetes air lemon dan sedikit air, usapkan ke bagian wajah yang memiliki komedo terutama bagian hidung dan sekitarnya.

4. Bersihkan dengan Susu dan Madu
Susu dan madu bisa membantu mengatasi komedo hitam. Buat campuran susu mentah dengan madu dan panaskan dalam microwave beberapa detik kemudian dinginkan.

Setelah agak dingin, ambil kapas dan celupkan ke campuran tadi, oleskan ke daerah berkomedo. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

5. Gunakan Tabir Surya yang Bebas Minyak
Tabir surya wajib digunakan ketika kita beraktivitas di luar untuk menjaga kulit dari sinar UV. Memilih produk tabir surya yang bebas minyak tidak akan menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga mencegah komedo timbul di wajah.

6. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya, salah satu bahan alami memudarkan dan menghilangkan flek di wajah dan menghilangkan komedo.

Lidah buaya sangat baik untuk kecantikan kulit dan berkhasiat mengatasi masalah komedo di wajah.
Aplikasikan gel lidah buaya ke wajah yang berkomedo kemudian diamkan selama minimal 10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Cara ini bisa dilakukan setiap kali sebelum tidur untuk mengatasi komedo yang membandel.

7. Gunakan Masker Putih Telur

Bagian putih telur ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut manfaat putih telur bagi kecantikan. / Ist

Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian ambil putih telur dari sebutir telur kocok. Ambil tisu kering dan tempelkan ke area yang terdampak komedo hitam kemudian oleskan putih telur di atask kertas tisu dengan menggunakan kuas.

Aplikasikan sebanyak dua lapisan kemudian tunggu hingga kering. Setelah kering cabut tisu dari wajah, maka komedo akan ikut terangkat bersama tisu. Lakukan secara ruti untuk melenyapkan komedo hitam di wajahmu.

7. Banyak Konsumsi Makanan Kaya akan Vitamin C

Sering mengonsumsi buah terutama kaya vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh sehingga jadikan ini wajib dilakukan.

Vitamin C merupakan antioksidan yang menjaga dan menutrisi kulit, mencegah timbulnya jerawat dan komedo serta radikal bebas dan mengganggu pertumbuhan bakteri.

Makanan yang kaya akan vitamin C, jeruk dan sayuran hijau. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C membuat wajah bebas dari masalah kulit termasuk komedo.

Jika cara alami ini sudah dilakukan dalam waktu lama tetapi tidak ada perubahan signifkan, bisa mendatangi salon terdekat yang menyediakan layanan untuk laser komedo. Mungkin cara ini jauh lebih praktis dan cepat mengatasi komedo di wajah.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi Ini Bantu Jaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi

Pemicu Penyakit Diabetes, Jenis Makanan dan Minuman Ini Perlu Dihindari

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar