7 jenis obat jerawat minum tuntas basmi jerawat

Erythromycin

Terkini.id, – Jerawatan, tidak usah kuatir banyak cara bisa dilakukan untuk menyembuhkan dan menghilangkan bisul kecil meradang di wajah. Pengobatan jerawat ini, ada cara alami ada juga cara medis dengan salep dan obat minum.

Cara alami seringkali dianggap terlalu ribet dan repot untuk perawatannya demikian juga jika menggunakan salep kelihatan langsung tampilannya di wajah.

Beberapa orang memilih untuk minum obat jerawat yang disediakan dokter. Hanya tidak semua bisa tahu obat apa saja yang bisa menyembuhkan jerawat.

Berikut 7 jenis obat minum ini bisa bantu basmi jerawat dengan tuntas

1. Erythromycin

Erythromycin, salah satu jenis obat antibiotic yang berfungsi membunuh bakteri pada jerawat yang meradang. Hanya saja obat ini sensitive terhadap sinar matahari sehingga jika Anda meminum obat ini sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung atau gunakan pakaian pelindung jika keluar rumah pada siang hari.

Ada juga efek samping penggunaan obat ini bisa menyebabkan diare, muntah, sakit perut dan kehilangan nafsu makan.

2. Tetracycline

Tetracycline, jenis obat antibiotik ini mampu mengobati jerawat , mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sama dengan Erythromycin, obat ini efek sampingnya secara umum merasa mual, muntah, sakit perut dan diare.

3. Doxycycline

Doxycycline, obat jerawat minum turunan dari obat tetracycline. Memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di tubuh. Obat antibiotic ini peka dan bereaksi terhadap sinar matahari. Hindari dari paparan sinar matahari jika Anda meminum obat ini.

Efek sampingnya berdampak mengurangi efektivitas pil KB

4. Minocycline

Minocycline, obat jerawat minum ini membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.
Menurut The American Osteopathic College of Dermatology, obat antibiotic minum ini, cukup efektif membasmi bakteri penyebab jerawat.

Selain efektif membasmi jerawat juga berfungsi anti inflamasi sehingga mampu mengurangi pembengkakan, nyeri dan kemerahan pada jerawat.

5. Tretinoin

Tretinoin, obat jerawat ini berfungsi membuat pori-pori wajah menjadi bersih, sehingga bisa mencegah peradangan yang disebabkan oleh banyaknya kotoran di wajah. Selain itu membantu menghadirkan lapisan kulit baru dengan cara pengelupasan kulit.

Efek samping obat ini bisa menyebabkan rambut rontok, sakit kepala, gangguan pencernaan, gatal pada kulit, kembung, cemas, bersendawa, perubahan mood, penglihatan kabur, mual, lemah, muntah dan sulit tidur.

6. Isotretinoin

Isotretinoin, obat jerawat yang biasanya diresepkan dokter untuk mengobati jerawat nodular yang menyebabkan wajah memerah dan nyeri akibat jerawat meradang. Selai itu bisa mengurangi kelebihan minyak di wajah dan tubuh.

7. Bactrim

Bactrim, obat jerawat ini mengandung trimetoprim dan sulfamethoxazole berfungsi untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri penyebab jerawat.

Efek samping penggunaan obat ini antara lain nyeri sendi, insomnia, dering di telinga, lidah bengkak dan pusing.

Penggunaan obat jerawat minum ini, memang cukup ampuh menyembuhkan jerawat tetapi Anda juga harus perhatikan efek samping dari pemakaian obat ini.

Pilihan di tangan Anda, jika memungkinkan disarankan untuk tetap menjaga pola makan, istirahat yang teratur dan berolahraga, jaga kebersihan wajah dan tubuh akan mengurangi jerawat yang timbul.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

Ini Penjelasan Medis Kenapa Orang Bisa Cegukan

Terkini.id - Cegukan atau singultus adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan bunyi ‘hik’ tanpa disengaja. Cegukan dapat terjadi selama beberapa detik atau menit (sementara) hingga lebih