7 kebiasaan ini dianggap buruk tapi sehat bagi tubuh

Kebiasaan menggigit kuku sering dilakukan ketika kita masih kecil namun beberapa orang masih melakukan hal ini ketika sudah dewasa.

Terkini.id, – Kebiasaan yang kita lakukan ada yang baik ada juga yang dianggap buruk. Jika hal itu baik maka akan menuai tanggapan positif bagi yang melihat kebiasaan itu dilakukan.

Namun jika hal itu dianggap buruk maka tak jarang kita yang melakukannya akan ditegur atau dianggap jorok dan tidak pantas. Umumnya kadang tanpa sengaja kebiasaan yang dianggap orang buruk, kita lakukan di depan umum.

Dilansir dari merdeka, beberapa kebiasaan di bawah ini akan dianggap buruk jika kita lakukan, tetapi ternyata bagi tubuh kita akan sangat baik terjadi karena bagian dari metabolisme tubuh.

1. Buang angin (kentut)

Buang angin atau kentut sembarangan merupakan kebiasaan yang tidak baik tetapi kentut itu baik untuk kesehatan tubuh.

Jika mengeluarkan gas atau kentut ini harus terjadi, kita tak perlu malu jika kita ingin melakukannya. Kebiasaan yang dianggap buruk bagi kebanyakan orang karena biasanya mengeluarkan bau tak sedap ternyata menurut penelitian hal ini baik untuk tubuh karena dapat meredakan nyeri dan masalah kembung di perut. Bahkan jika kita tidak kentut, usus akan menjadi nyeri dan menghasilkan masalah kembung di perut.

Nah, untuk meminimalisir kebiasaan ini tidak terjadi di depan teman-teman ada baiknya Anda menghindar dari teman-teman dan mencari ruang terbuka untuk mengeluarkan gas dari tubuh.

2. Meletakkan jari tangan di mulut dan menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku sering dilakukan ketika kita masih kecil namun beberapa orang masih melakukan hal ini ketika sudah dewasa.

Kebiasaan ini sering dilakukan sewaktu kita masih kecil dan ketika ini dilakukan pasti orang yang melihatnya akan menegur dan menyuruh kita menghentikan kebiasaan itu. Bagi orang tua ini jorok karena kuku jari kita kemungkinan kotor dan ini bisa menyebabkan tubuh menjadi sakit karena bakteri yang terbawa masuk ke dalam mulut.

Ternyata kebiasaan menggigit kuku ini baik untuk kesehatan karena dianggap bisa mentransfer bakteri yang dapat meningkatkan kekebalan bagi tubuh.

3. Membuang kelebihan air liur dari mulut (meludah)

Jangan meludah sembarangan

Membuang ludah merupakan kebiasaan yang tidak baik, jika kita melihat orang lain melakukannya secara refleks akan membuat kita jijik.

Meludah merupakan pilihan terbaik untuk dilakukan dibandingkan menelannya. Di dalam mulut dan tenggorokan produksi air liur akan menjadi meningkat ketika kita berolahraga dan hal terbaik yang mesti kita lakukan adalah membuangnya supaya nafas kita menjadi baik dan tidak terhalangi air liur.

Perlu diingat untuk tidak sembarangan meludah, pergilah ke kamar kecil dan buang kelebihan air liur di tempat yang lebih baik dibandingkan meludah disembarang tempat.

4. Mengeluarkan gas dalam mulut (bersendawa)

Bersendawa dianggap tidak sopan tapi baik untuk kesehatan.

Bersendawa dianggap tidak sopan bagi kebanyakan orang. Terutama jika dilakukan ketika sedang makan bersama. Namun jika ini terjadi, jangan merasa malu karena dengan bersendawa akan menghindari kita dari rasa nyeri diperut dan dada. Oleh sebab itu, jangan pernah menahan sendawa, jika memungkinkan minta ijin keluar untuk melakukannya demi menghindari rasa tidak sopan oleh kebanyakan orang terutama ketika kita sedang bersama teman atau keluarga di meja makan.

5. Membunyikan atau menggretakkan buku jari

Menggertakan buku jari dianggap tidak sopan tapi baik buat keluwesan tangan

Beberapa orang menganggap cara ini merupakan kebiasaan yang buruk. Menggretakkan buku jari baik untuk kesehatan tubuh karena dapat membuat sendi jari tangan menjadi lebih fleksibel dan terhindar dari kekakuan.

6. Selalu merasa gelisah

Sering merasa gelisah merupakan kebiasaan yang kurang baik tetapi ini bisa mengaktifkan otak untuk selalu bekerja

Merasa gelisah akan membuat tubuh terlihat aktif dan seperti berpikir banyak, ini baik untuk melatih otak. Meskipun bagi orang lain perasaan gelisah akan membuat kita terlihat lebih bodoh dan bertingkah tidak tenang.

7. Makan pagi atau sarapan di tempat tidur

Sarapan pagi di tempat tidur merupakan kebiasaan yang tidak baik untuk dilakukan kecuali jika sakit

Kebiasaan makan di pagi hari di tempat tidur memang tidak lazim dilakukan orang Indonesia. Jika ini dilakukan pertanda kita sedang sakit atau kita dianggap orang malas. Ternyata menurut penelitiah ini baik untuk kesehatan karena membantu pencernaan. Hanya perlu diingat lakukan ini dengan posisi duduk tegak lurus di tempat tidur sehingga mencegah perut dari gangguan pencernaan.

Nah, itulah 7 kebiasaan buruk yang diyakini ternyata sehat untuk tubuh kita. Tapi ingat, jangan lakukan hal ini terus menerus dengan sengaja karena Anda akan dianggap sungguh tidak sopan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

Sembuhkan Sakit Flu dengan Obat Alami Ini

Terkini.id, - Memasuki bulan puasa, kondisi tubuh yang tidak terlalu fit mudah sekali terkena sakit flu. Tubuh menjadi tidak nyaman dan pekerjaanpun terganggu. Dalam