7 musik ini bisa bikin kamu makin konsentrasi dan fokus

Ilustrasi. (foto/trendhunter.com)

Terkini.id, – Tahukah kamu, ternyata mendengarkan musik klasik saat belajar bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus? Nah, menurut psikolog Dr. Emma Gray, mendengarkan musik sambal belajar dapat meningkatkan efektivitas belajar.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland School of Medicine yang disampaikan di acara Scientific Session, sang peneliti Michael Miller mengungkapkan bahwa mendengarkan musik klasik selama 30 menit dapat membantu melepas hormon endorphin untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stress.

Musik klasik sendiri disebutnya sebagai substansi yang menyebabkan orang merasa bahagia, senang, dan membuatnya semakin giat dalam bekerja. Dilansir dari independent, berikut ini adalah musik klasik yang cocok didengarkan saat belajar dan mempersiapkan ujian.

1. Piano Corcerto No.23 – Wolfgang Amadeus Mozart

Musik yang satu ini diciptakan oleh Wolfgang Amadeus Mozart, atau yang lebih dikenal sebagai ‘Mozart’, beliau ini sudah menciptakan lebih dari 700 karya yang banyak diakui dan digunakan untuk musik opera, musik simfoni, dan musik paduan suara.

2. The Hours – Philip Glass

The Hours merupakan music yang disusun oleh seorang komponis asal Amerika Serikat bernama Philip Glass. Karyanya banyak digunakan sebagai musik opera, musik simfoni, dan soundtrack film, beberapa yang terkenal adalah The Hours, Akhnaten, Mad Rush, dan Glasswork.

Ilustrasi. (foto/gentlemansgazette.com)

3. Gymnopeide – Erik Satie

Erik Satie merupakan seorang komponis dan pianis dari Perancis. Satie adalah seorang tokoh yang berpengaruh pada abad ke-20. Dengan pribadi yang eksentrik, ia dikenal sebagai ‘gymnopedist’. Beberapa karyanya yang terkenal adalah Allegro, Vexations, dan Piere.

4. Claire de Lune – Claude Debussy

Satu lagi musik yang diciptakan oleh seorang komponis berkebangsaan Perancis, namanya adalah Claude Debussy. Dengan karyanya yang terkenal Claire de Lune ia berhasil mencatat namanya sebagai salah satu komposer terkenal dunia.

5. Ennio Morricone – Humbert On The Hillside

Kalau yang satu ini memang tidak sepopuler composer zaman dulu, Ennio Morricone namanya. Namun pria yang berasal dari Italia ini telah menyusun musik untuk lebih dari 500 film dan acara televisi. Karena bakatnya, ia berhasil memenangkan Penghargaan Grammy, Golden Globe, Penghargaan BAFTA, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi. (foto/thenewclassical.fm)

6. Ludwig van Beethoven – Fur Elise

Siapa yang tidak mengenal Beethoven? Seorang komponis musik klasik bakatnya tidak tenggelam oleh waktu dan penyakit yang dideritanya. Lewat Fur Elise, Beethoven menceritakan seorang wanita yang pernah dekat dengannya.

7. Ludwig van Beethoven – Moonlight Sonata

Moonlight Sonata mungkin dapat dikatakan sebagai karya Beethoven yang paling terkenal. Lagu ini dibuatnya saat ia mulai beranjak tuli, yang melukiskan perasaannya karena depresi pada saat itu.

Nah, dari lagu-lagu di atas, mana yang kalian suka?

Berita Terkait
Komentar
Terkini