Ini 7 sungai terpendek di dunia, nomor dua ada di pulau Sulawesi

Sungai Tamborasi, sungai terpendek kedua di dunia lokasinya di pulau Sulawesi/ Dokpri

Terkini.id – Di dunia ini ada sekali sungai-sungai, mulai dari yang terpendek, terpanjang, terdalam, terlebar, terindah, dan sebagainya. Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu menuju hilir.

Sungai dianggap sebagai sumber air tawar terbesar di alam semesta. Di dunia tentu sangat banyak pula terdapat sungai-sungai yang unik yang bahkan banyak dijadikan sebagai destinasi wisata, seperti sungai terpendek yang ada di Pulau Sulawesi ini.

Namun tahukah kamu, di dunia terdapat 7 sungai yang dianggap terpendek.
Penasaran sungai apa saja? Simak ulasannya di bawah ini, 7 sungai yang selama ini dianggap terpendek yanga ada di belahan bumi, seperti dilansir  dari beberapa sumber :

1. Sungai Reprua

Sungai Reprua, Georgia/ Int

Sungai Reprua adalah sebuah sungai terpendek di dunia yang menduduki posisi pertama. Lokasinya berada di Distrik Gagra Georgia. Panjang sungai ini hanya 18 meter. Sehingga dengan ukuran inilah yang menjadikannya sebagai sungai terpendek di muka bumi ini. Diketahui jika sungai ini berhulu dari mata air pada sebuah kars Gua Varonya dan bermuara di laut hitam.

2. Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi/ Dok : Pribadi

Sungai Tamborasi namanya berada di di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Pulau Sulawesi, Indonesia. Sungai ini masuk dalam posisi kedua di dunia. Panjang sungai tersebut 20 meter dan lebarnya 15 meter. Sekilas sungai yang memiliki air terjun dan telaga ini juga tampak seperti sebuah danau, tetapi aliran airnya menunjukkan bahwa ini memang sebuah sungai.  Airnya yang berwarna jernih kehijauan yang banyak membuat pengunjungnya terhipnotis dengan pesonanya.

Selain itu, sungai ini juga punya keunikan lain berkaitan dengan mitos tentang perjodohan. Beberapa masyarakat meyakininya ketika datang dan mengikatkan tali pada akar pohon di sana maka hubungan Anda bersama pasangan akan langgeng, sedangkan untuk yang belum berpasangan akan segera mendapatkan jodohnya. Penasaran dengan sungai ini silahkan datang langsung membuktikannya.

3. Sungai Ombla

Sungai Ombla/ Int

Sungai Ombla ini merupakan sungai terpendek dengan panjang hanya 30 meter saja. Lokasinya berada di dekat kota Dubrovik, Kroasia. Sungai Ombla menjadi pusat air bersih bagi penduduk kota Dubrovnik. Aliran sungai yang menduduki posisi ketiga ini tidak begitu deras.  Air dari sungai Ombla ini berwarna biru, sehingga mampu menciptakan keindahan tersendiri, yang bisa dirasakan oleh para pengunjungnya.

4. Sungai Roe

Sungai Roe/ Int

Sungai Roe ini merupakan sungai terpendek keempat di dunia. Lokasinya berada di Montana, Amerika Serikat. Sungainya berhulu di mata air Giant Spring sedangkan muaranya di sungai

5. Sungai “D” River

Sungai “D” River/ Int

Sungai “D” River ini juga masuk sebagai salah satu sungai terpendek di dunia. Lokasinya di Lincoln City, Amerika Serikat. Sungai di negeri Paman Sam ini memiliki panjang hanya sekitar 134 meter. Sungainya mengalir dari Danau Devils dan bermuara di Samudra Pasifik. Sungai ini telah memiliki banyak sebutan, termasuk hanya “outlet (aliran)” dan mendapatkan nama pendek pada sebuah kontes. Selain terpendek dalam hal panjang sungainya, jug apendek pula dinamanya.

6. Sungai “E” River

Sungai E River/ Int

Sungai E merupakan sungai yang berada di dataran tinggi Skotlandia, Inggris. Sungai yang satu ini, hanya memiliki panjang 6 mil saja. Muaranya di Loch Mohr. Sungai E ini, mengalir dari Barat Laut Monad Liath, ke Tenggara Loch Nes.

7. Sungai “Y” River

“Y” River/ Int

Sungai “Y” River merupakan sungai terpendek yang masuk posisi ketujuh di dunia. Panjangan sungai tersebut 32 mil atau 50 km.  Lokasi sungai yang satu ini berada di negara Perancis di sebuah desa di bagian Somme, Picardie.

 

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Gowa

Ratusan ASN Gowa Terima Satyalencana Karya Satya

Terkini.id,Gowa - Sebanyak 278 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan menerima tanda penganugerahan kehormatan Satyalencana Karya Satya.Masing-masing yang menerima