Ini 7 Tips Tampil Memukau Depan Publik

Terkini.id, – Menyampaikan suatu pesan depan khalayak ramai bukan perkara yang mudah, khususnya bagi anda penyampai risalah (pesan) agama.

Untuk itu, dibutuhkan tips yang komplit agar audiens/ pendengar anda terpesona dan tertarik terhadap pesan yang anda sampaikan.

Dihimpun dari buku “Retorika Haraki” karya Amirudin Rahim berikut 7 tips menyampaikan pesan yang mempesona dan menarik.

Baca Juga: FORMIKA 09 Gelar Pelatihan Public Speaking, Latih Skill Mahasiswa Teknik...

1. Senyum Tulus

Senyuman yang dibuat-buat sangat berbeda dengan senyum yang tulus. Senyuman yang dibuat-buat hanya sebuah kreasi seni, tidak lebih dan tidak kurang. Sedangkan senyum tulus adalah sesuatu yang keluar dari hati (fitrah).

Baca Juga: PSC Makassar Gelar Pelatihan Public Speaking, Tak Dipungut Biaya Alias...

Senyuman adalah cerminan isi hati anda yang menggerakkan perasaan sehingga hati pendengar akan terpikat karenanya. Ia ibarat bunga yang mekar di tangkainya, harum baunya dan sangat indah dipandang mata sehingga menjadikan jiwa pendengar bersimpati dan terlena.

2. Gunakan Pandangan Kasih Sayang

Pandangan mata adalah sarana terpenting bagi seorang pembicara yang dampaknya sangat dahsyat bagi pendengar.

Baca Juga: PSC Makassar Gelar Pelatihan Public Speaking, Tak Dipungut Biaya Alias...

Ketika anda memandang pendengar anda dengan tatapan kasih sayang maka seakan-akan anda telah memberikannya harta yang paling berharga.

Jika pandangan kedengkian cukup menghancurkan jiwa dan perasaan pendengar anda maka pandangan kasih sayang pun sudah cukup memberikannya pengaruh terhadap apa yang anda sampaikan.

3. Tampakkan Kegembiraan

Dalam satu kesempatan anda tidak mungkin membahagiakan pendengar anda dengan memberikan harta, maka wajah ceria dan kesungguhan sudah memenuhi segalanya.

4. Ucapkan Salam Dengan Fasih

Mengucapkan salam baik kepada orang yang anda kenal maupun yang tidak anda kenal akan membangkitkan rasa aman, menumbuhkan cinta dan mempererat ikatan.

Dengan ucapan salam yang berempati akan membuat pendengar anda tanggap dengan memberikan jawaban salam.

5. Sapa dengan yang Disukai

Di Indonesia kita mengenal gelar “haji” bagi mereka yang telah melaksanakan ibadah haji di Mekah. Hal demikian tidak mengapa jika memang itu adalah hal yang disukai pendengar anda. Sebutan lain misalnya pak prof, atau gelar kebangsawanan daerah dll.

6. Gunakan Syair atau Pantun Jika diperlukan

“Sesungguhnya di antara syair itu ada hikmah”, kira-kira seperti itu bunyi hadis Nabi Saw.

Setiap manusia memiliki karakteristik dan hobi masing-masing. Ada yang tersentuh dengan hal yang rasional, logika atau bahkan filosofis. Begitupun juga ada yang tersentuh dengan ungkapan yang bernuansa perasaan dan menyentuh emosi.

Pada intinya kenali pendengar anda kemudian sampaikan pesan anda dengan karakteristik pendengar anda.

7. Gunakan Humor Secukupnya

Dalam kondisi tertentu anda perlu menyisipkan humor ketika pendengar anda merasa jenuh, situasi kacau sehingga pendengar sulit diarahkan.

Humor yang berbobot adalah humor yang mengandung logika dan kebenaran rasional serta tidak mengandung unsur kebohongan.

Nah, itulah tips-tips menyampaikan pesan depan publik dengan menarik, Selamat Mencoba!!!

Bagikan