9 Cara Mengatasi Batuk Berat Tanpa Perlu ke Dokter

Beberapa penyakit memang disebabkan ulah kita sendiri, seperti asma misalnya. Seperti diketahui, serangan asma bisa muncul mendadak. Adapun gejala serangan asma antara lain sesak napas, dada sesak, dan terbatuk-batuk. / Ist

Terkini.id, Makassar – Perubahan musim sering kali memicu terjadinya penyakit. Salah satunya batuk yang tak kunjung sembuh dan terus-menerus melanda.

Salah satu jenis batuk yang sering berlangsung lama adalah batuk yang diakibatkan penyakit bronkitis.

Sebelum ke dokter, mencoba untuk mengobati sendiri dengan obat-obat yang ada di sekitar Anda bisa dicoba:

1. Adonan Pisang dan Madu

Anda bisa mencoba 2 atau 3 buah pisang, air hangat dan madu. Caranya tumbuk pisang tersebut hingga hancur, tambahkan air hangat dan 2 sendok teh madu. Biarkan campuran tersebut selama 45 menit.

Konsumsi adonan tiga sampai empat kali sehari selama seminggu dan lihat perbedaannya.

2. Bawang Putih

Bawang putih adalah antibiotik alami yang mengandung sifat melawan virus.

Makan bawang putih mentah setiap pagi saat perut kosong untuk mengenyahkan batuk atau bronkitis.

3. Kunyit

Air kunyit terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu menyingkirkan kelebihan lendir pada mulut dan tenggorokan.

4. Jus jeruk

Jeruk yang mengandung vitamin C, penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jus jeruk juga dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah tenggorokan.

5. Jahe

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi juga. Anda bisa minum teh jahe dua sampai tiga kali sehari untuk melawan batuk Anda.

6. Air garam

Lendir yang ada di dalam membran bronkus akan bersih ketika Anda meminum campuran air hangat dan garam. Anda juga bisa menggunakan air tersebut untuk berkumur setiap hari.

7. Madu

Madu dapat menenangkan tenggorokan karena mengandung sifat antibakteri, juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. konsumsilah satu sendok teh madu setiap hari untuk mencegah batuk.

8. Istirahat dan minum air putih

Obat dari segala penyakit yang paling mendasar adalah tidur yang cukup. Sleep Journal Foundation yang menerbitkan penelitian pada September 2015 lalu menemukan, orang yang kurang tidur akan rentan terkena virus flu, dibanding mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup.

Begitupun dengan bronkitis, ketika Anda ingin melawan infeksi, tubuh Anda sangat butuh waktu untuk mengistirahatkan seluruh sistem.

Selain itu, air mineral yang banyak dapat menjadi obat alami bronkitis akut.

Tubuh yang terhidrasi akan membantu menipiskan lendir pada saluran bronkial. Biasanya, gejala demam juga menyertai penderita bronkitis. Nah, minum air yang banyak bisa menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh selama masa peradangan tersebut.

Hindari minum minuman beralkohol dan mengandung kafein selama batuk dan demam berlangsung.

9. Makan Buah Nanas dan Minum Teh Jahe

Ada beberapa tumbuhan yang baik untuk obat bronkitis alami, salah satunya buah nanas dan jahe.

Kedua tanaman tersebut memiliki efek obat yang bisa menenangkan selaput lendir meradang di saluran pernapasan.

Buah nanas. Di dalam kandungan buah nanas terdapat kandungan bromelain. Nah, zat enzim bromelain ini, telah terbukti efektif mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah nanas juga didapuk bisa meredakan gejala batuk berdahak.

Seperti yang banyak diketahui, jahe memiliki efek menenangkan di tubuh. Jahe baik untuk menenangkan saluran pernapasan yang meradang, dan bertindak sebagai ekspektoran (mengeluarkan zat asing dalam tubuh).

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

10 Langkah Menurunkan Nyeri Asam Lambung

Terkini.id, Jakarta - Sakit asam lambung seringkali datang tak diduga. Saat kambuh, sebaiknya jangan langsung mencoba obat-obatan kimia yang banyak dijual.Pola makan, tingkat stres
Health

Penelitian, Pria Berkepala Botak Lebih Seksi

Terkini.id, Makassar - Sejumlah pria yang mengalami kebotakan, seringkali tidak percaya diri dengan kepalanya saat menghadiri berbagai acara.Tidak jarang, pria yang mengalami kebotakan menggunakan