9 Tanaman Estetis Ini Berfungsi Menyaring Udara

Lily Paris
Lily Paris

Terkini.id,  Tanaman estetis selain menghiasi ruangan juga dapat berfungsi menyaring udara di dalam ruangan.

Di dalam rumah memiliki tingkat polutan yang lebih buruk daripada udara luar. Polutan berasal dari benda rumah tangga seperti perabotan rumah tangga, plastik, karet, cairan pembersih dan sebagainya.

Tanaman hijau dipercaya dapat membersihkan polutan yang ada di dalam rumah dan membantu mengurangi kelembaban dan pertumbuhan jamur.

Berikut beberapa tanaman yang baik untuk dipelihara di dalam rumah,

1. Spider Plant atau Lili Paris

Menarik untuk Anda:

Jenis tanaman ini sangat cantik dijadikan tanaman penghias ruangan, selain tumbuhnya cepat juga aman bagi orang rumah dan hewan peliharaan.

Tanaman ini dapat digantung dalam ruangan atau diletakkan di ruangan kerja.

Selain cantik fungsi tanaman ini dapat membantu menghilangkan zat polutan kimia seperti formaldehidan dan xylene.

Perawatannya juga mudah, cukup menyiramnya 2-3 kali seminggu.

2. Lidah Mertua

Tanaman Hias Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua atau tanaman ular paling disukai pecinta tanaman hias karena fungsinya sangat efektif untuk menyerap debu, polusi dan racun-racun di udara seperti karbondioksida.

Selain perawatannya yang mudah karena tahan terhadap cuaca dan dapat tumbuh di ruangan dengan pencahayaan rendah. Menyiramnya juga tidak perlu setiap hari bisa seminggu sekali.

Hanya saja perlu perhatikan hewan peliharaan karena berisiko membahayakan jika tidak sengaja tertelan.

3. Dracaena

Tanaman Hias Dracaena

Tanaman hias Dracaena merupakan jenis tanaman penyerap debu yang baik untuk dipelihara di dalam ruangan karena dapat menangkal formalin, toluene, benzene, xylene dan racun lainnya.

Hanya perlu hati-hati bagi hewan peliharaan karena dapat beracun bagi binatang.

Perawatannya mudah, hanya perlu menjaga tanah di dalam pot tetap lembab namun tidak boleh menyiramnya dengan banyak air karena tanaman akan cepat mati jika kebanyakan air.

4. Rubber Plant atau Tanaman karet

Tanaman Hias Rubber Plant

Tanaman karet (Rubber Plant) ini berasal dari India, berfungsi menyerap debu dan menghilangkan karbon monoksida, formaldehida, dan zat kimia lainnya.

Selain perawatan yang mudah karena tidak perlu sering-sering menyiramnya hanya perlu menjaga tanahnya tetap lembap.

Tanaman ini cukup berbahaya bagi anjing dan kucing peliharaan jadi perlu kehati-hatian untuk menjaganya jangan sampai tertelan binatang peliharaan.

5. Sri Rejeki atau Chinese Evergreen

Tanaman Hias Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki atau disebut juga agnaonema merupakan salah satu tanaman hias yang mampu menyerap debu di dalam ruangan. Dapat tumbuh dengan baik dengan intensitas cahaya rendah, Memeliharanya juga muda tidak perlu selalu disiram hanya sekali seminggu.

6. English Ivy

Tanaman Hias English Ivy

Tanaman English ivy juga cocok berada di dalam ruangan. Kemampuannya menangkap benzene, karbon monoksida, formaldehida dan zat kimia lainnya membuat tanaman ini baik untuk dipelihara. Dapat tumbuh dengan pencahayaan terang maupun rendah, dan bagus digantung di dalam pot.

Merawatnya juga mudah hanya perlu menjaga kelembabannya.

Hanya saja tanaman ini tidak aman bagi manusia dan hewan peliharaan karena dapat mengakibatkan masalah kulit jika terjadi kontak, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitive.

7. Peace Lily

Tanaman Hias Lily Paris

Tanaman hias peace lily berbunga putih dan cantik jika diletakan dalam ruangan. Fungsinya dapat menyaring racun dan zat kimia yang tersebar di udara pada ruangan tertutup.

Dapat tumbuh dengan baik meskipun intensitas cahaya rendah, juga perawatannya mudah tidak membutuhkan banyak air sehingga menyiramnya jika daunnya mulai layu.

Hanya perlu kehati-hatian karena cukup berbahaya jika tertelan manusia atau hewan peliharaan. Efek yang dapat dirasakan jika tertelan tak sengaja adalah mual, sulit menelan dan serasa terbakar di mulut atau kulit.

8. Krisan atau Seruni

Tanaman Krisan atau Seruni

Tanaman hias Krisan merupakan filter polutan terbaik di dalam ruangan. Tanaman ini bisa dipetik dan diletakkan dalam vas berisi air. Selain itu bisa juga dipelihara di teras rumah atau pekarangan.

9. Palem Bambu

Tanaman Hias Palem Bambu

Tanaman ini termasuk tanaman pembersih udara yang perawatannya mudah, tidak perlu banyak disiram cukup memastikan area tanah lembab, Memerlukan cahaya terang agar dapat tumbuh subur.

Jika di dalam ruangan memiliki cahaya yang terang, tanaman ini dapat dijadikan salah satu penghias di dalam ruangan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari Erat Kaitannya dengan Memperpanjang Umur

Jangan Ditiru, Tips Diet Ini Membahayakan Kesehatan Tubuh

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar