97 Siswa SMK Kehutanan Negeri Makassar Resmi Diwisuda

SMK Kehutanan Negeri Makassar
Siswa SMK Kehutanan Negeri Makassar Resmi Diwisuda

Terkini.id, Makassar – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui SMK Kehutanan Negeri (SMKKN) Makassar pada Sabtu, 4 Mei 2019 telah mewisuda 97 orang, terdiri dari 19 perempuan dan 78 laki-laki.

Mereka adalah hasil seleksi siswa tahun 2016 dan 2015 dari 9 provinsi wilayah pelayanan SMKKN Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku Utara, NTB dan NTT).

Wisudawan yang berjumlah 97 orang ini telah mengikuti pembelajaran dan mengikuti Ujian Nasional tahun 2019 dan dinyatakan lulus 100 %.

Kepala SMKKN Makassar, Haryono SPd, berharap profil wisudawan sesuai tujuan SMKKN Makassar, yaitu menyiapkan tenaga teknis kehutanan tingkat menengah yang berakhlak mulia, sehat, profesional, mandiri dan berwawasan lingkungan serta terbinannya sikap disiplin dan tertanamnya jiwa korsa rimbawan.

“Kami juga tetap berupaya terus meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, kerjasama dengan berbagai badan usaha dan industri kehutanan dalam rangka tempat Praktek Kerja Lapangan,” ujarnya.

Haryono juga menyebut 3 wisudawan terbaik, yakni terbaik ke 1 Gery Vovrian (Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan), Grace Mylinda (Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan), dan Brigita Geby (Teknik Konservasi SDH).

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan (BP2) SDM KLHK yang diwakili Sekretaris BP2SDM Sudayatna mewisuda 97 lulusan tersebut di Plaza SMKKN Makassar dengan mengalungi medali ke setiap wisudawan.

Pelatihan Tenaga Teknis PHPL

Sudayatna dalam sambutannya mengatakan, BP2SDM akan menyelenggarakan Pelatihan Tenaga Teknis PHPL Penguji Kayu Bulat Rimba (Ganis PKBR) bagi lulusan SMKKN Kompetensi Keahlian Teknik Produksi Hasil Hutan.

“Pelatihan ini diharapkan lulusan memiliki kompetensi lebih lengkap dan lebih diterima industri primer sektor kehutanan. Pelatihan ini adalah tindak lanjut kerjasama dengan Direktorat Jendral Pengelolaan Hutan Produksi KLHK,” ujarnya.

Ke depan, kata dia, BP2SDM akan bekerjasama dengan sektor swasta dan BUMN yang terkait seperti Perum Perhutani, usaha pertambangan, dan jasa konsultasi.

“Lulusan SMKKN juga dapat mengisi lapangan kerja pada program pemerintah melalui Perhutanan Sosial dan KPH,” tambahnya.

Kegiatan wisuda ini dihadiri sekitar 600 orang. Selain dihadiri oleh Sekretaris Badan P2SDM Sudayatna, turut hadir Kepala Dinas Kehutanan Sulsel Muhammad Tamzil, Kepala UPT LHK lingkup Sulawesi Selatan, Kepala KPH lingkup Sulsel, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Makassar.

Berita Terkait
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
[tdcn-comments title="Komentar" post_id="151480" get="20" border="true" auto_load="true" order="ASC"]
Terkini