Acara Syukuran Panen, Mercy Corps Berharap Kelompok Tani Mampu Ciptakan Unit Usaha

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Desa Jonjo merupakan salah satu daerah agraris di Kabupaten Gowa. Mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani.

Musim panen telah tiba. Kelompok Tani “Baliti Raya” menggelar acara syukuran panen padi yang ditandai dengan pengukuran dan pengambilan ubinan atau dikenal dengan panen perdana, Minggu, 8 Desember 2019.

Kelompok tani bersama dengan pemerintah setempat, Mercy Corps Indonesia, perwakilan dinas pertanian Kec. Parigi dan segenap masyarakat Desa Jonjo berbondong-bondong menuju ke lahan pertanian untuk pengukuran sekaligus pengambilan ubinan.

Acara syukuran panen padi tersebut dirangkaikan dengan acara penyuluhan pertanian oleh Kacadis Kec. Parigi bersama dengan Mercy Corps Indonesia didampingi oleh Kepala Penyuluhan Pertanian Lapangan.

Mercy Corps merupakan sebuah lembaga pemberdayaan masyarakat, berpusat di Amerika serikat yang bertugas sebagai agen bantuan kemanusiaan global yang terlibat dalam lingkungan transisi yang telah mengalami permasalahan seperti keruntuhan ekonomi.

Menarik untuk Anda:

Kegiatan dari Mercy corps disebut dengan project power atau penguatan kelompok tani untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Suaib Alitayang, salah satu staff yang ditugaskan di Sulawesi Selatan untuk memberikan peyuluhan-penyuluhan khususnya masalah pertanian memberikan penjelasan bahwa inti dari kegiatan tersebut adalah penguatan kelompok tani agar mampu mandiri menangani masalah-masalah pertanian baik secara kelompok maupun individual.

Untuk memandirikan kelompok tani, masyarakat harus menjadikan kelompok tani sebagi unit usaha, seperti membuat sumber bor, kemudian sumber bor tersebut harus dijadikan sebagai unit usaha.

Selain itu, kelompok petani harus mampu menata masalah administrasi pertanian dan juga harus memiliki komitmen yang tinggi dalam bekerja bersama.

Acara penyuluhan pertanian yang berlangsung selama 2 jam tersebut dihadiri oleh kurang lebih 70 orang masyarakat Desa Jonjo, Kec. Parigi, Kab. Gowa.

Masyarakat antusias ingin mengetahui segala hal-hal yang berkaitan dengan pertanian baik dari masalah pupuk, PH tanah, jenis hama, jenis padi dan bagaimana bercocok tanam yang baik.

Mercy corps akan mendampingi kelompok tani dalam pengembangan usaha.

Bantuan dari mercy corps berupa investasi yang akan memberikan keuntungan kepada kelompok tani itu sendiri.

“Saya berharap masyarakat Jonjo, khususnya Baliti Raya tidak hanya sekedar membentuk kelompok tani tapi mampu menciptakan wirausaha, karena pendampingan mercy corps tidak hanya di awal saja, tapi sampai pada tahap akhir artinya mulai dari penanaman investasi sampai pada tahap pemasaran,” Tutupnya.

Citizen Journalist

Rismawati

Mahasiswa KPI UIN Alauddin Makassar

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Beras Untuk Masamba, Program Tanggap Bencana MASIKA ICMI Orail Sulawesi Selatan

Resep Tajir Sebelum Tua Oleh Budi Hikmat Bahana Pada Seminar PESyar Makassar 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar