Makassar Terkini
Masuk

Prabowo Maju Pilpres, Pengamat Soroti Fadli dan Sandiaga Uno: Logika Kepartaian Adalah Peristiwa Sakral!

Terkini.id, Jakarta – Perihal Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju Pilpres 2024 mendatang, Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno soroti Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dan Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno.

Dalam hal tersebut, pengamat Adi Prayitno menilai bahwa absennya dari kedua Politikus Partai Gerindra Fadli Zon dan Sandiaga Uno di Rapimnas Gerindra di Sentul adalah sebuah hal yang janggal.

“Ini bukan forum biasa. Tapi rapimnas yang agenda utamanya adalah soal pencapresan Prabowo dan koalisi dengan PKB,” kata Adi.

Lanjut “Dalam logika kepartaian, acara partai di atas segala-galanya. Apalagi deklarasi majunya Prabowo sebagai ketum Gerindra sebagai capres adalah peristiwa sakral yang mestinya dihadiri semua elit partai,” kata Adi.

Selain dari itu, Adi menduga, absennya kedua orang itu masih ada kaitannya soal pilihan politik di 2024. Sandi yang banyak dijagokan untuk bertarung lagi di 2024, tentunya patut kecewa kalau kemudian Gerindra kembali mengusung Prabowo.

Apalagi, ketidakhadiran Sandi persis di hari pertama, saat Prabowo menyatakan kembali maju sebagai capres.

“Kalau acara partai dan deklarasi Prabowo sebagai capres 2024 segala-galanya bagi Sandi, mestinya acara kenegaraan semacam itu bisa di-cancel atau didelegasikan bagi yang lain,” sindirnya. Dikutip dari Wartaekonomi. Selasa, 16 Agustus 2022.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) ini, mencium saat ini memang terjadi kompetisi atau persaingan antara Prabowo dengan Sandi untuk urusan Pilpres 2024.

Mengingat sampai semalam pun, Sandi tak memberikan ucapan selamat kepada Prabowo yang telah menyatakan siap kembali untuk nyapres.

“Kecuali Sandiaga Uno memang ditugaskan khusus Gerindra untuk hadir acara. Misalnya Sandi ditugaskan untuk urusan kementerian. Kalau itu yang terjadi, beda ceritanya. Ada tugas partai,” tukas dia.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara soal absennya Fadli Zon dan Sandi yang cuma sehari datang di rapimnas. Untuk Fadli, Dasco membenarkan bahwa yang bersangkutan sudah izin ke partai. Alasannya, Fadli menjadi delegasi menggantikan Ketua DPR Puan Maharani di sidang parlemen dunia.

“Pak Fadli dari tanggal 10 ke sidang parlemen dunia mewakili Ketua DPR,” ungkap Dasco.

Untuk Sandi, lanjut Dasco, terkait kesibukannya sebagai Menparekraf. “Pak Sandi ada kegiatan kementerian,” ungkapnya.

Meskipun alasan Sandi-Fadli tidak hadir cukup jelas, tetap saja keduanya dicurigai macam-macam.

Bahkan dikaitkan, ketidakhadiran itu terkait dengan sikap politik yang berbeda soal capres. Sandi terkait ambisi politiknya kembali bertarung di Pilpres 2024. Sedangkan Fadli Zon, dikaitkan kedekatannya dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam setahun terakhir ini, sudah banyak relawan yang mendeklarasikan Sandi sebagai capres. Bahkan dukungan untuk Sandi nyapres, tersebar di berbagai daerah. Meskipun untuk maju sebagai capres dari Gerindra, peluang Sandi sudah tertutup.

Apalagi, Prabowo sebagai pemegang tiket nyapres, sudah menyatakan kesiapannya kembali bertarung di 2024 dengan rencana menggandeng Muhaimin Iskandar sebagai wakilnya.