Air mancur King Fahd, tertua dan tertinggi di dunia

air mancur tertinggi di dunia
Air mancur King Fahd. (foto/pinterest.com)

Terkini.id – Air mancur King Fahd atau yang juga sering disebut Air mancur Jeddah adalah air mancur yang terletak di Jeddah, Arab Saudi.

Nama air mancur ini datang dari nama seorang mantan raja Arab Saudi yang menjabat dari tahun 1982 sampai 2005, yaitu Raja Fahd bin Abdulaziz Al Saud.

Raja Fahd juga adalah sosok yang mendonasikan air mancur ini pada kota Jeddah yang dibangun sekitar tahun 1980 sampai 1983 dan diluncurkan pada tahun 1985 atau 33 tahun yang lalu.

Dilansir dari Wikipedia, Air mancur tertinggi ini terletak di pesisir barat Arab Saudi. Tinggi maksimum yang dapat dicapai berada pada kisaran 260 sampai 312 meter di atas permukaan laut merah.

Ketinggian ini sangat jauh lebih tinggi dari air mancur lainnya di seluruh dunia, bahkan air mancur tertinggi kedua, ‘World Cup Fountain’ di Korea Selatan, hanya dapat mencapai ketinggian maksimum 202 meter, artinya selisih 58 meter dengan air mancur Jeddah.

Air mancur ini dapat dilihat dari sekitar kota Jeddah di hampir bagian mana pun. Kecepatan air yang menyembur dapat mencapai kecepatan 375 kilometer per jam atau setara dengan 104 meter per detik.

Baca :7 air mancur menakjubkan dunia, salah satunya di Indonesia
air mancur tertinggi di dunia
Air mancur King Fahd. (foto/orangesmile.com)

Tidak hanya itu, massa air ketika sedang mengudara dapat melebihi 17,6 ton. Air yang digunakan diambil langsung dari laut merah. Maka dari itu, air yang digunakan bukanlah air tawar, tetapi air asin dari laut.

Keindahan air mancur ini paling terlihat ketika malam hari. Ada lebih dari 500 lampu sorot berwarna-warni yang menyinari air mancur Jeddah ini sehingga keindahan air mancur menjadi lebih maksimal bagi turis ataupun masyarakat lokal yang sedang berada di kota Jeddah.

Menurut informasi yang dilansir dari TripAdvisor, air mancur King Fahd ini termasuk dalam urutan kedua hal yang paling wajib dilakukan jika anda berkunjung ke kota Jeddah.

Selain itu, lebih dari 602 orang juga memberi ulasan yang sangat positif mengenai tempat wisata yang satu ini, seperti pemandangannya yang spektakuler, menakjubkan, sangat tinggi, dan membuat kota Jeddah menjadi kota yang sangat hidup.

Jika anda punya kesempatan untuk ke kota Jeddah, jangan lupa untuk mengunjungi air mancur King Fahd walaupun pasti sudah terlihat dari mana pun di dalam kota. Tertarik untuk mengunjungi Arab Saudi?