Akankah jadi kenyataan, Donald Trump dan Kim Jong Un bertemu di Indonesia ?

Akankah jadi kenyataan Kim Jong Un- Donald Trump bertemu di Indonesia

Terkini.id, – Akankah jadi kenyataan, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong Un lakukan pertemuan terbuka di Indonesia?

Menurut informasi yang dilansir dari MetroTVNews dan Liputan6, Presiden Jokowi baru saja akhir bulan April ini menawarkan negara Indonesia untuk menjadi tempat pertemuan kedua pemimpin ternama Kim Jong-un dari Korea Utara dan Donald Trump dari Amerika Serikat. “Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah pertemuan-pertemuan itu,” ujar Jokowi.

Penawaran ini disampaikan Presiden Jokowi saat menerima datangnya Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Utara untuk Indonesia, An Kwang Il.
“Kami menawarkan apabila ada yang rencana pertemuan antara Presiden Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump untuk bisa dilaksanakan di Indonesia,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka Senin, 30 April 2018.

Penawaran ini disampaikan Jokowi kepada Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Utara untuk Indonesia An Kwang Il untuk diberitakan kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Namun, tawaran dari Jokowi ini belum mendapatkan jawaban. “Ya belum. Beliau masih menyampaikan ke sana terlebih dulu,” jelas Pak Joko Widodo.

Menurut informasi yang dilansir dari BBC, Donald Trump pun melontarkan sebuah perkataan yang sangat baik melalui akun Twitternya setelah menyepakati perjanjian pertemuan dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. “Kim Jong-un berbicara tentang denuklirisasi dengan perwakilan Korea Selatan, bukan hanya menghentikan. Juga, tidak ada pengujian rudal oleh Korea Utara selama periode waktu ini. Kemajuan besar sedang dibuat, tetapi sanksi akan tetap ada hingga kesepakatan tercapai. Pertemuan sedang direncanakan!,” ucap Trump pada 9 Maret 2018.

Donald Trump kembali mengumumkan melalui akun Twitternya, beliau berkata, “Jika sudah selesai, akan menjadi sesuatu yang sangat bagus untuk dunia. Tempat dan waktunya akan diumumkan nanti.”

Pada tanggal 10 Maret 2018, Satu hari setelah mengatakan hal tersebut, Donald Trump kembali mengumumkan melalui akun Twitternya, beliau berkata, “Jika sudah selesai, akan menjadi sesuatu yang sangat bagus untuk dunia. Tempat dan waktunya akan diumumkan nanti.”

Apakah pertemuan seperti ini antara Pemimpin Korea Utara dengan Presiden Aktif Amerika Serikat pernah terjadi? Jawabannya adalah pertemuan ini pertama kali terjadi sepanjang sejarah. Namun dibalik pertemuan ini, Gedung Putih juga berkomentar bahwa pertemuan dengan Korea Utara tidak akan mereka biarkan terjadi kecuali Pyongyang mengambil tindakan untuk melakukan denuklirisasi.

Apakah yang akan terjadi dan bagaimana hasil pertemuan ini menurut anda? Bagikan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Berita Terkait