Akhir September, Roemah Langit Bakal Gelar Festival Rapang Bulang

Anak-anak binaan Roemah Langit di Kecamatan Bontolempangan, Gowa

Terkini.id – Seiring perkembangan waktu dan pesatnya perkembangan teknologi serta informasi saat ini, minat dan perhatian para pemuda terhadap seni dan budaya asli milik daerah dirasa begitu minim.

Budaya tradisional milik daerah yang semestinya kita lestarikan, kini semakin tenggelam ditengah-tengah kuatnya arus budaya asing yang masuk hingga ke pelosok pedesaan.

Berangkat dari kondisi tersebut, Roemah Langit bergerak untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seni budaya yang melibatkan anak-anak binaan Roemah Langit dan masyarakat.

Roemah Langit sendiri merupakan rumah belajar yang diperuntukkan untuk anak-anak di Kecamatan Bontolempangan, Kabupaten Gowa, dan sekitarnya, yang pergerakannya terus berkembang tidak hanya di satu daerah, tetapi menjalar ke daerah lainnya.

Olehnya itu, Roemah Langit kembali menginisiasi kegiatan kesenian dan kebudayaan untuk yang ketiga kalinya, yakni Festival Rapang Bulang, demi melestarikan seni budaya serta menjadi ladang kesibukan positif bagi anak-anak, remaja dan juga pemuda.

Festival Rapang Bulang yang mengusung tema “Pasang Tu Riolo” ini akan diselenggarakan di Lapangan Desa Bontotangnga, Kecamatan Bontolempangan, Gowa, pada 28 hingga 30 September 2018 mendatang.

Baca :Makna di balik Sula Eppa Wala Suji masyarakat Bugis-Makassar

Anwar Syamsu selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan media kepada para peserta didik Roemah Langit dalam menyalurkan bakat dan kreatifnya di bidang seni dan budaya.

“Semoga melalui kegiatan ini, para pemuda dapat bergerak untuk membangun daerah melalui sektor seni budaya serta dapat melestarikan dan menumbuhkan minat terhadap seni budaya lokal,” ujarnya, Kamis, 13 September 2018.

Sementara itu, Nur Ariyani selaku Bendahara kegiatan ini mengungkapkan bahwa dukungan serta bantuan dari segala pihak baik secara material, tenaga dan ide-ide sangat diharapkan demi terlaksananya kegiatan ini.

Beragam item kegiatan yang bakal dihelat di Festival Rapang Bulang antara lain kemah literasi, parade smaphore, parade tari tradisional dan kreasi, tari kolosal, parade musik tradisional, angngaru, akrate’, barasanji, akpadekdek, motor ojek race, dan a’golo cammara.

Bagi yang ingin berpartisipasi atau mengetahui lebih banyak mengenai Festival Rapang Bulang bisa melalui laman web: www.roemahlangit.org atau IG: @roemahlangit. Contact Person: 085259139062/085242646400.

 

Citizen Reporter : Sri Wahyuni Sam (Panitia Festival Rapang Bulang)