Akibat Perubahan Iklim, 4 Pohon Ini Terancam Punah dari Muka Bumi

4 Pohon Ini Terancam Punah dari Muka Bumi

Terkini.id – Sebagian besar orang tak tahu dengan manfaat besar pohon untuk kelangsungan kehidupan di bumi. Di lingkungannya, mereka menganggap keberadaan pohon hanya biasa-biasa saja, padahal saat pepohonan tidak lagi tumbuh di permukaan tanah, lingkungan kita akan terancam rusak.

Namun sayangnya, keberlangsungan hidup pepohonan sedang terancam karena perubahan iklim. Perubahan suhu dan tidak terduganya cuaca membuat banyak habitat pohon tak bisa dijadikan tempat tumbuh lagi. Jika dibiarkan, kehidupan manusia bisa terancam karena rusaknya pepohonan.

Nah, di muka bumi ini ada beberapa jenis pohon yang terancam punah. Apa saja? Dilansir dari brilio, berikut 4 pohon tersebut.

1. Pohon Kopi

Pohon Kopi

Pohon kopi mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi. Biji kopi segar yang dihasilkannya selalu jadi buruan penikmat kopi di seluruh dunia. Kopinya juga bisa digunakan untuk kecantikan dan kepentingan medis.

Dari lebih 100 jenis kopi yang ada di dunia, hanya ada beberapa yang bisa dikomersialkan. Sampai bisa dipanen, biasanya pohon kopi harus berusia kurang lebih setahun dulu. Saat dewasa, pohon kopi bisa mencapai tinggi hingga 18 meter.

Teknik menanam kopi berbeda dari satu spesies dengan spesies lainnya. Oleh karena itu, mendapatkan biji kopi terbaik memerlukan usaha yang besar dan tak kenal lelah.

2. Pohon Bakau

Pohon Bakau

Akibat perubahan iklim, banyak pantai yang mengalami abrasi parah. Untuk mengatasinya, pohon bakau bisa ditanam di sepanjang pesisir pantai. Pohon bakau bisa tumbuh di tanah yang memiliki lumpur halus dan dalam seperti di pesisir pantai atau sungai.

Pohon bakau juga memiliki manfaat ekonomi karena bisa dijadikan sebagai bahan bangunan atau kayu bakar dan arang. Pohon bakau juga jadi habitat banyak ikan kecil, kepiting, dan aneka hewan laut lainnya. Tanpa pohon bakau, habitat pesisir pantai atau sungai bisa hilang tak berbekas.

3. Pohon Trambesi

Pohon Trambesi

Pohon ini akan sering kamu jumpai di pinggir jalan sebagai pohon peneduh. Bentuknya yang mirip dengan payung membuat lingkungan bisa terlindung dari sinar UV matahari. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa satu pohon trembesi bisa menyerap puluhan karbon dioksida dalam setahun.

Sebaliknya, oksigen yang dihasilkan oleh pohon trembesi juga sangat besar. Selain itu, akar pohon trembesi yang kuat juga membuat tanah menjadi stabil. Oleh karena itu, jalanan yang ditanami pohon trembesi jarang terkena longsor.

4. Pohon Kakao

Pohon Kakao

Pohon kakao bisa menghasilkan cokelat yang manis nan lezat. Tak hanya untuk makanan, biji kakao bisa digunakan untuk produk kecantikan dan medis. Oleh karena itu pohon kakao memiliki peranan ekonomi yang penting bagi manusia.

Pohon kakao hanya bisa tumbuh di daerah khatulistiwa dan sangat susah untuk dibudidayakan. Untuk bisa menghasilkan biji yang bagus, pohon kakao harus dirawat dan tumbuh di daerah yang sesuai seperti di lereng gunung atau perbukitan.

Perubahan iklim membuat budidaya pohon kakao semakin susah. Petani sekarang harus mencari daerah yang tidak terlalu panas untuk menanam pohon kakao. Pohon ini hanya bisa hidup di daerah bersuhu 31°C-32°C saja.

Komentar

Rekomendasi

Begini Harapan Vivi AM Haryono di Tahun Baru Imlek 2571

Tingkatkan Wawasan tentang Tokoh-Tokoh Teater Lewat Program Ini

5 Tips Desain Undangan Pernikahan Unik untuk Calon Pengantin

Harper Perintis Makassar Rayakan Natal Bersama Sekaligus Berbagi Kasih

Orang Tua Wajib Tahu, Memarahi Anak Terlalu Sering Bisa Menurunkan Kecerdasan Anak

Awal Tahun 2020, Astra Group Bahas Program Tanggung Jawab Sosial Wilayah Sulsel

Penting Dibaca, Tips Melintasi Genangan Banjir dengan Mobil

Peduli Korban Banjir, SHARP Indonesia Beri Pemeriksaan Kesehatan dan Service Gratis

Ini 3 Shio yang Diprediksi Menikah Tahun 2020

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar