Aksi Bersih Warga ORW 17 Minasa Upa Peringati Hari Lingkungan Hidup 05 Juni 2021

terkini.id-Makassar, Beberapa saat yang lalu pada 05 Juni 2021 kemarin diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

 

Dari berbagai sumber, Peringatan World Environment Day ini  ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1972 untuk menandai pembukaan Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia yang berlangsung pada  05-16 Juni 1972 di Stockholm.

Baca Juga: Selamat Hari Lingkungan Hidup 05 Juni 2021 ‘Ecosystem Restoration’

 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini diperingati setiap tahunnya pada 05 Juni. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global akan aksi tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi.

Baca Juga: Peringati Hari Budaya Makassar, ORW 17 Minasa Upa Menggelar Rapat...

 

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut, Tanpa ketinggalan keluarga besar  ORW17 melaksanakannya dengan Kegiatan kerja bhakti pada, Minggu 06/06/2021  di lingkungan seputaran Minasa Upa Blok AB, Taman Goysen hingga Pointa Residence.

Untuk diketahui, wilayah organisasi rukun warga ini mempunyai  total luasan  wilayah sekitar 197.287 M2  dengan jumlah bangunan unit sebanyak 520 unit menurut  sistem pemetaan wilayah ORW17.

Baca Juga: Inspiratif, Peringatan Hari Hutan Sedunia, ORW 17 Minasa Upa Makassar...

Dalam aksi bersih-bersih lingkungan ini diikuti langsung oleh  Ketua ORW17 H.Mursalim Rauf, S.H, M.H dan para perangkat Pengurus ORW serta  Ketua ORT bersama  warga Kompleks Minasa Upa Blok AB serta warga  perumahan di sekitarnya. Tak ketinggalan peralatan pemotong rumput milik RW diturunkan untuk mempermudah pekerjaan.

 

Kegiatan ini turut melibatkan unsur armada kebersihan dari Kecamatan Rappocini, Kelurahan Minasa Upa dengan menurunkan Mobil dan Motor Pengangkut Sampah.

 

Lokasi yang dibersihkan antara lain yang Jalanan poros, lapangan besar  Blok AB  pada halaman  rumah warga ORW 17 diantaranya Kompleks Minasa Upa Blok AB , Kompleks Taman Goysen Indah hingga Kompleks Pointa Residence.

 

Menariknya disela sela aksi ini juga turut menata ulang jalanan Poros Blok AB dengan membersihkan dari perparkiran  mobil yang telah  ‘mangkrak’ pada rentang waktu beberapa bulan. Kerja sama bergotong royong mengatasi pekerjaan yang berat merupakan cerminan budaya Bangsa Indonesia diantaranya pada Masyarakat Sulawesi Selatan.

 

Kerja Bhakti ini berjalan dengan lancar dan sukses dengan ditutup acara makan bubur Manado bersama. Sajian lokal yang nikmat dengan ikan asin serta sambel rica yang pedis dan menggugah selera.

Indahnya kekompakan dan kebersamaan tanpa sekat ,tanpa melihat pangkat, jabatan dan pendapatan, semua larut dalam keceriaan dan kebahagiaan bersama warga ORW17 Minasa Upa Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

 

Lingkungan hidup terjaga ekosistem kehidupan menjadi pulih sebagaimana tema Hari Lingkungan Hidup 2021 , Restorasi Ekosistem.  

 

Bagikan