Aksi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Dalam Menangkal Pergesekan Antar Umat Beragama

Gambar : Pamflet Kuliah Umum oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UINAM

Terkini.id, Gowa – Saat ini Indonesia masih dalam keadaan rawan akan pergesekan antar umat beragama. Hal itu dibuktikan dengan masih hangatnya kasus yang menerpa.

Salah satu ustad kondang kenamaan Indonesia yang dituding menistakan keyakinan tertentu dalam salah satu ceramahnya tiga tahun lalu yang menyulut emosi umat kristiani yang merasa dinistakan agamanya.

Peristiwa ini bahkan memancing beberapa komentar para masyarakat, pemerintah hingga petinggi salah satunya yakni wakil presiden yaitu Jusuf Kalla.

Peristiwa ini sebenarnya terjadi akibat kurangnya kesadaran akan pluralisme dalam hal agama. Dimana kita dituntut untuk menghargai keyakinan lain dan memahami bagaimana cara mengimplementasikan gerakan pluralisme dalam lingkungan masyarakat.

Oleh sebab itu,perlu dilakukan sosialisasi terkait hal tersebut agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya hidup rukun antar umat beragama. Dan tentunya untuk menjaga keutuhan NKRI.

Dalam hal ini Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar berinisiatif untuk mengadakaan kuliah umum yang bertemakan Moderasi Agama : Perwajahan Pluralisme Dalam Bigkai Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan yang rencananya akan dilaksanaakan pada hari Jumat 13 September 2019 di LT. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan ini diharapkan mampu menambah pemahaman mahasiswa tentang pluralise dalam beragama sehingga dapat terciptanya kerukunan antar umat beragama.

Kegiatan ini juga turut mengundang Penyuluh Agama Buddha yaitu Miguel Dharmadjie, S.T., CPSR serta salah satu Akademisi UIN Alauddin Makassar yaitu Jalaluddin Basyir S.S, M.A .

Kuliah umum ini juga diharapkan mampu memotivasi masyarakat dan universitas lain untuk melakukan hal serupa agar wawasan mengenai pluralisme dalam beagama dapat di sosialisasian dengan lebih baik.

 

Penulis : Salsabila (Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar)

Komentar
Terkini