Alang-alang, Terbukti Bisa Mengobati Berbagai Penyakit

Alang-alang bukan sekedar gulma tapi bermanfaat banyak untuk kesehatan tubuh. Source : plukme.com

Terkini.id, – Alang-alang (ilalang) adalah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Di Indonesia dikenal dengan nama alalang, halalang (Minangkabau) , lalang (Melayu), rii, kii, ki (Flores), reya (Bugis), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Manado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain.

Menurut ahli pengobatan tradisional dan akupuntur, Profesor Hembing alang-alang berkhasiat sebagai oabat untuk berbagai gangguan kesehatan, seperti: melancarkan air seni, kencing batu, hipertensi akibat sakit ginjal, radang paru-paru, asma, mimisan dan hepatitis, prostat, diare, keputihan, pelembut kulit, pembersih darah, dan sebagainya.

Tanaman alang-angan dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Source : gempitnews.com

Bagian tanaman berdaun tajam ini yang bisa bermanfaatkan sebagai oabat tradisional adalah rimpang, baik yang segar maupun yang telah dikeringkan. Berikut cara mengolahan rumput menahun dengan tunas panjang dan berisisik serta merayap di bawah tanah ini sesuai dengan jenis penyakit, sebagai berikut:

Akar alang bermanfaat sebagai obat yang baik untuk kesehatan. Source : tokopedia

– Melancarkan air seni. Ambil 250 gr akar alang-alang, gula baru direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit, diinginkan, saring, minum 3 kali sehari.

– Kening batu. Ambil 100 gr akar alang-alang, ½ genggam daun meniran, ½ genggam daun kumis kucing, rebus dengan 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, saring, lalu minum 3 kali sehari.

– Hipertensi akibat sakit ginjal. Ambil 200 gr akar alang-alang, tangkue (manisan dibuat dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah, diinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari.

– Radang paru-paru. 500 gr akar alang-alang, 5 helai daun sambung, 10 kuntum bunga melati kering, garam, rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal setengah lalu diminum 2 kali sehari.

– Asma. Sediakan 100 gr akar alang-alang, 25 gr kencur, 25 gr daun sirih, rebus dalam 1 liter air hingga airnya tersisa setengah, saring, masukkan 1 sendok makan madu dan air jeruk nipis, minum sekaligus sebelum tidur malam.

– Mimisan, hepatitis. 200 gr akar alang-alang dicuci,rebus dengan 6 gelar air sampai airnya tinggal 2 gelas, dinginkan, saring, untuk diminum 3 kali sehari.

– Prostat. 500 gr akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air hingga airnya terisa setengah, dinginkan, untuk diminum 3 kali sehari.

– Diare. Sediakan 250 gr akar alang-alang dicuci, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sekali minum 1 gelas.
Keputihan. Ambil 500 gr akar alang-alang, 2 tangkai dau pepaya, 5 gram pulasari airnya tinggal setengah, saring, untuk diminum 2 kali sehari.

Dok : Pecinan Terkini

Komentar
Terkini