Alasan Penting Mengapa Iuran BPJS Kesehatan Harus Naik

Terkini.id, Jakarta – Alasan utama mengapa premi BPJS Kesehatan harus naik, adalah untuk menutupi defisit BPJS Kesehatan yang terus membengkak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun sudah memberi lampu hijau terkait rencana kenaikan tarif iuran tersebut. BPJS Kesehatan berharap aturan tersebut segera diterapkan.

Selama ini, tarif iuran tidak besar, sehingga membuat defisit yang terjadi di BPJS Kesehatan semakin membesar. Tahun ini, BPJS Kesehatan ternyata mengalami defisit sekira Rp28 triliun.

Baca Juga: Jamin Layanan Kesehatan, Pemkot Palopo Teken Kerja Sama dengan BPJS

Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’ruf mengatakan, ketika melihat perkembangan wacana kenaikan iuran JKN-KIS tersebut, tentu BPJS Kesehatan mengapresiai pemerintah. Hal ini jadi sinyal baik yang dinantikan selama ini.

“Supaya iuran yang ditetapkan itu sesuai dengan kondisi finansial di masyrakat, juga termasuk kondisi nasional negara kita,” ucap Iqbal ditemui di Kantor BPJS Kesehatan, kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu 31 Juli 2019 seperti dilansir dari okezone.

Baca Juga: Ini Layanan ‘Jarak Jauh’ BPJS Kesehatan Makassar di Era New...

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini sebenarnya dapat membantu menyelesaikan masalah defisit.

Iqbal mengungkapkan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini sebenarnya dapat membantu menyelesaikan masalah defisit. Kemudian saat defisit, hutang BPJS Kesehatan kepada rumah sakit akan menumpuk.

“Ya, iuran (naik) itu menjadi pangkal masalah terbesar soal defisit. Kalau itu tidak bisa diselesaikan apa yang harus dilakukan. Apa negara akan terus memberikan suntikan dana?,” jelas Iqbal.

Baca Juga: Asuransi BPJS Kesehatan Bisa Tetap Aktif Meski Nunggak 2 Tahun,...

Sementara masyarakat juga harus sadar akan preventif untuk menjaga kesehatan masing-masing. Karena tanggung jawab kesehatan pribadi tersebut harus dijaga agar tidak mudah sakit.

“Program ini bisa berdiri sendiri tegak dengan kontribusi iuran. Itu yang terbaik karena mengikutsertakan masyarakat. Mereka tanggung jawab terhadap kesehatan sendiri jadinya,” kata Iqbal.

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan sudah disetujui oleh Kementerian Keuangan.

Sponsored by adnow
Bagikan