Makassar Terkini
Masuk

Memasuki Usia 70 Tahun, Alex Noerdin Malah Mendapat Tuntutan 20 Tahun Penjara

Terkini.id, Jakarta – Terjerat kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi, Mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin dikenai hukuman 20 tahun penjara. Kasus dugaan suap korupsi tersebut dilakukan pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) serta pembangunan Masjid Sriwijaya.

Alex sendiri terkejut mendapati dirinya terjerat hukuman 20 tahun penjara yang menurutnya sangat kejam.  “Saya tidak menyangka, begitu kejamnya tuntutan ini. Maksimum (tuntutan) 20 tahun penjara, luar biasa,” ucap Alex yang hadir secara virtual saat menanggapi tuntutan tersebut. Dilansir dari kompas.com

Mendapat hukuman maksimal, Alex meminta perpanjangan waktu pada Majelis Hakim untuk mempersiapkan pembelaan.

Permohonan Alex disetujui, sehingga sidang lanjutan akan dilaksanakan pada Kamis, 2 Juni 2022 yang semula akan digelar pada Selasa, 31 Mei 2022.   

“Kami mohon hari kamis yang mulia (lanjutan sidang). Karena ini tuntutan maksimal, saya dan pengacara saya harus maksimal,” ujar Alex.

Akhirnya siang akan dilanjutkan pada minggu depan sesuai dengan kesepakatan dan persetujuan Majelis Hakim Yose Rizal.  “Sidang ditutup dan dilanjutkan Kamis mendatang, agenda pleidoi,” tegas Yose.

Bahkan, Unggul Cahyaka selaku kuasa hukum Alex Noerdin pun ikut terkejut mendengar tuntutan yang didapatkan Alex oleh JPU.

Dikarenakan semua fakta keterangan yang dijadikan bukti Alex seolah tidak diperhatikan dan diabaikan begitu saja oleh pihak jaksa.

“Kita bisa lihat semua, seluruh fakta dikesampingkan. Kami sedih tidak menyangka tuntutan maksimal yang dibacakan. Sehingga kami memohon kepada majelis kebijaksanaan terkait batas waktu pleidoi tadi,” ujarnya.

Unggul akan bekerja semaksimal mungkin membela Alex terkait pleidoinya nanti. Mereka sangat yakin, Alex tidak menerima suap sedikitpun seperti tuntutan yang disampaikan oleh Jaksa.  

 “Dalam sidang sebelumnya sudah dilihat, tidak ada fakta dan bukti yang mengarah kepada klien kami bahwa dia menerima suap,” tegasnya.

Agus Sujadmoto selaku Tim Kuasa Hukum Alex kedua juga ikut menambahkan terkait tuntutan JPU yang menurutnya tidak manusiawi.

Mengingat umur Alex saat ini memasuki usia 70 tahun. ditambah lagi total nilai pidana tambahan yang cukup tinggi yaitu Rp. 4 miliar.   

“Itu bila tidak dibayar diganti penjara selama 10 tahun. Pidana pokok 20 tahun, jadi 30 tahun. Usia manusia berapa sih? Sekarang Pak Alex 70 tahun. Ini sangat tidak manusiawi,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dua periode itu dituntut 20 tahun penjara oleh JPU.

Alex Noerdin dituntut atas keterlibatan dalam dua kasus dugaan korupsi yaitu pembelian gas bumi oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan serta pembangunan Masjid Sriwijaya.